Loading...
Search

Cara Menggunakan SEO YouTube dan Manfaat Video untuk Blog

cara menggunakan seo youtube di blog

Cara menggunakan SEO YouTube sedang banyak dicari oleh anak muda, khususnya Gen Z, yang tertarik untuk menjadi content creator. Pertanyaannya, apa hubungan SEO YouTube dengan blog? Bukankah keduanya dua hal yang berbeda?

Selama ini, Cupuers mungkin sedikit banyak sudah belajar tentang teknik SEO untuk blog ya. Dari yang kita pelajari biasanya algoritma Google menampilkan web di halaman pertama dengan cara menilai kualitas kontennya.

Selain itu juga melihat seberapa relevan isi konten dengan query atau kata kunci yang dicari. Makanya saat menulis sebuah artikel blog, Cupuers melakukan hal-hal berikut:

  • Menggunakan kata kunci yang relevan.
  • Memastikan tata bahasa pada artikel sudah cukup benar dan bisa terbaca dengan baik.
  • Memastikan tidak ada konten duplikat ketika menggunakan metode paraphrase.
  • Menulis konten baru yang berkualitas dan kaya kata kunci.

Betul nggak nih? Selama ini kita tahunya Google cuma ngecekin teks yang ada di blog. Tapi ternyata, nggak loh, Cupuers.

Selain teks, Google juga bisa memindai jenis media tambahan, seperti gambar dan video yang ada di dalam artikel kita. Makanya kita juga belajar bagaimana mengoptimalkan SEO pada gambar kan?

Semua yang ada di dalam sebuah halaman artikel akan dicek dengan cermat oleh Google. Hal ini agar  SERP mesin pencari dapat memberikan jawaban yang lebih relevan bagi pengguna.

Di mata Google, kualitas konten tertulis yang relevan memang bagus. Namun konten berkualitas yang disertai grafis dan video akan dinilai lebih baik.

Sebuah postingan blog yang bisa mengkolaborasikan antara kualitas teks dan visual yang bervariasi dan informatif akan meningkatkan upaya SEO.

Nah, sekarang Cupuers udah tahu kan apa hubungan cara menggunakan SEO YouTube dengan blog kita? Fyi, artikel yang dilengkapi dengan video punya kesempatan 53 kali lebih besar tayang di halaman pertama dibandingkan artikel yang hanya berisi tulisan.

Manfaat Video untuk Blog

Secara sekilas, MomBlogger Cupu sudah spill dikit manfaat video untuk blog. Namun biar lebih jelas dan mantap, yuk intip fungsi-fungsi video berikut ini:

manfaat video untuk seo

1. Untuk Membuat Google Melirik ke Blog

Sebagai kuli Google, mau nggak mau kita perlu cari tahu kan apa sih yang disukai si mbah super cerdas satu ini? Nah, karena Google peduli tentang video, maka ya kita juga nggak bisa tutup mata.

Jadi kalau sampai detik ini, Cupuers merasa blognya masih anyep-anyep aja. Mbah Google masih anteng dan belum kenal-kenal banget sama blognya, coba deh sisipkan video di blog Cupuers. Siapa  tahu setelah ini si mbah akan melirik ke blog kalian.

2. Video Adalah Mesin Penghasil Lalu Lintas

Gaya hidup orang zaman now itu agak berubah. Orang-orang sekarang lebih suka menikmati tayangan visual berupa video dibanding gambar, apalagi cuma full tulisan. That’s why kita harus ikuti perubahan tersebut.

Kalau di artikel kita ada videonya, besar kemungkinan orang akan mau mampir. Apalagi kalau video Cupuers bisa muncul di rich snippet saat pengguna mencari kata kunci yang ditargetkan. Semakin tinggi kesempatan blog kita akan diklik dan disinggahi.

Itu artinya video bisa mendatangkan pengunjung dan meningkatkan traffic ke blog kita. Makin banyak artikel yang dilengkapi dengan video, semakin tinggi pula kesempatan kita mendapat traffic lebih banyak dari biasanya.

3. Pembaca Mampir di Blog Lebih Lama

Buat Cupuers yang sudah biasa baca laporan di Google Analytics, kurang lebih tahu lah ya kalau Google tuh memperhatikan dengan cermat berapa lama orang mampir di blog kita. Kalau pembaca cuma mampir beberapa detik doang, Google akan menganggap kualitas konten kita kurang oke.

Padahal belum tentu orang cepet-cepet pergi dari blog kita karena kualitas tulisan yang buruk. Tahu sendiri kan rentang perhatian online tuh pendek.

Makanya kalau dikasih konten yang isinya full artikel super panjang, tanpa ada sisipan visual yang menarik. Pengunjung paling banter cuma tahan 20 detik aja.

Nah, keberadaan video di dalam sebuah artikel bisa membantu orang stay lebih lama. Oleh karenanya bounce rate pun bisa ditekan deh.

4. Memberikan Backlink Berkualitas

Konten video menarik dan mudah dicerna. Zaman now video juga biasanya lebih cepat populer dibandingkan artikel.

Orang-orang yang membagikan konten video kita, secara nggak langsung juga memberikan backlink ke blog lo. Dan ini tentu saja bisa meningkatkan otoritas situs blog Cupuers. Tahu sendiri kan kalau backlink berkualitas adalah salah satu faktor paling penting yang digunakan Google untuk menentukan peringkat mesin pencari?

Semakin banyak orang menautkan konten kita, entah itu di blog ataupun di media sosial mereka, semakin tinggi otoritas blog kita. Semakin banyak otoritas yang Cupuers miliki, semakin tinggi peringkat artikel di hasil pencarian.

video dalam teknik seo 2022

Oleh karenanya, akan lebih baik jika Cupuers punya YouTube channel sendiri. Dengan memiliki channel dan memproduksi video sendiri, kalian bisa menyematkan link postingan blog di deskripsi video. Inilah salah satu cara  meningkatkan backlink blog dengan menggunakan video YouTube.

5. Meningkatkan Pembelian

Selain bisa membuat Google makin sayang sama blog kita, video juga bisa membantu meningkatkan pembelian lo. Terutama buat Cupuers yang berjualan online melalui blog.

Sematkanlah di dalam artikel video produk yang akan memberikan gambaran visual secara nyata dan menarik. Atau lengkapi postingan dengan video tutorial terkait dengan produk yang kalian jual.

Lakukan dan pantau dengan sabar, insya Allah video akan membawa banyak keuntungan. Bukan hanya buat traffic blog, tapi juga untuk pemasaran produk Cupuers.

5 Cara Menggunakan SEO YouTube

Nah, seperti yang MomBlogger Cupu sempat singgung di atas. Bahwasanya dibanding menggunakan video dari channel lain, akan lebih baik jika Cupuers punya channel tersendiri.

So, cuzz deh bikin YouTube Channel dulu kalau belum punya. Jangan lupa lengkapi data yang diminta.  Selanjutnya,  lakukan verifikasi akun YouTube agar bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia secara optimal.

Setelah saluran Cupuers selesai dibuat, perhatikan 5 cara berikut untuk mengaplikasikan SEO pada video YouTube:

menerapkan seo pada video youtube

1. Melakukan Riset Keyword

Nggak jauh berbeda dengan pembuatan konten blog, YouTube Channel juga butuh riset. Yup, SEO mah nggak pernah jauh-jauh dari keyword research kan, pals?

Tentu saja jika saluran YouTube dibuat untuk meningkatkan otoritas blog, kita nggak perlu terlalu pusing memikirkan kata kunci untuk video. Kita bisa menggunakan kata kunci yang sama dengan postingan blog.

2. Memperbanyak Konten Edukasi

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa 71% orang melakukan pembelian via website setelah menonton video produk dari merek tersebut. Makanya penting untuk menentukan jenis atau tipe video agar semakin besar peluang traffic yang dihasilkan.

Sejauh ini sih, konten edukasi terkait layanan atau produk banyak membantu postingan blog. Edukasi di sini maksudnya bukan video tentang matematika, bahasa Indonesia, atau kimia, Cupuers.

Maksudnya adalah video-video yang bisa mencerahkan pembaca tentang isi artikel. Misal kita mengulas sebuah produk, tambahkan video yang bisa membuat orang lebih yakin dengan ulasan tersebut.

Video edukasi juga bisa berisi tips atau solusi terkait masalah yang diungkap dalam sebuah artikel. Tak hanya itu video juga bisa berupa rangkuman artikel dalam bentuk visual.

3. Perhatikan Kualitas dan Durasi

Konten berkualitas tinggi yang mampu memberikan jawaban pertanyaan dari pengguna memang muncul lebih tinggi dalam pencarian. Google sangat menyukai video.

Namun yang perlu Cupuers tahu, tidak semua konten video diprioritaskan oleh SERP. Video pendek yang bermanfaat dan mampu menjawab pertanyaan pengguna punya kesempatan 80% lebih besar tayang di halaman pertama dibanding video lainnya.

4. Konsisten Posting

Nggak jauh berbeda dengan blogging. Posting video di YouTube pun butuh konsistensi. Kalian harus menentukan, mampunya posting video berapa hari sekali.

Apakah bisa posting satu hari satu video. Ataukah bisanya posting satu video per sepekan. Atau menyesuaikan jadwal postingan blog?

Terserah Cupuers aja ya. Beda orang tentu saja beda kemampuan dan kebutuhan. Jadi ukur kapasitas diri masing-masing.

Agar membantu konsistensi posting di YouTube, Cupuers bisa membuat content plan sebagaimana bikin blog plan untuk menjaga konsistensi ngeblog.

5. Jangan Lupakan Sisi Teknikal

Lagi-lagi hampir mirip sama SEO On Page-nya blog. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Cupuers posting video di YouTube.

  • Pertama, isi judul video. Lebih baik jika di dalam judulnya mengandung kata kunci.
  • Kedua, isi deskripsi video. Sama seperti fungsi meta deskripsi pada blog, deskripsi di YouTube pun bisa meningkatkan upaya SEO. Jangan lupa tuliskan link postingan blog di deskripsi untuk memberikan backlink berkualitas, juga meningkatkan traffic referral ke blog kita.
  • Ketiga, isi tag. Tag ini bisa diisi dengan kata kunci tertarget dari video  tersebut.
  • Embed ke Blog. Teknik SEO pada YouTube yang terakhir yaitu sematkan video di dalam artikel blog. Selain berfungi untuk bikin pembaca blog lebih kerasan. Embed video ke blog juga bisa mengenalkan saluran YouTube kita lo.

Bagaimana Cara Embed Video YouTube pada Blogspot?

Tentunya pertanyaan terakhir yang ditanyakan Cupuers pada eike berkaitan sama cara menampilkan video YouTube di blog kan? MomBlogger Cupu dah nebak sih, so cekidot dah!

1. Memasukkan Video dari Channel Sendiri Cara Instan

Untuk memasukkan video dari YouTube Channel milik sendiri, pastikan akun blog dan akun YouTube kita menggunakan email yang sama ya. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

cara insert video ke postingan

  • Klik ‘insert video’
  • Pilih ‘YouTube’
  • Pilih tab ‘Uploads’
  • Klik video yang diinginkan, lalu klik ‘Select’
  • Videonya dah masuk deh.

2. Memasukkan Video dari Channel Orang Lain Cara Instan

Kalau Cupuers belum punya saluran YouTube sendiri, tapi tetep pengen menyisipkan video untuk meningkatkan kualitas konten. Kalian bisa kok memasukkan video dari channel  orang lain.

Caranya nggak jauh berbeda dengan memasukkan video dari channel sendiri. Bedanya kalau ambil video dari channel orang lain, Cupuers pilih tab ‘Search’.

cara insert video dari channel YouTube

Setelah itu, isikan kata kunci terkait video yang dibutuhkan. Nanti bakalan muncul deh video-video yang direkomendasikan YouTube. Pilih satu video yang cocok buat melengkapi artikel, lalu klik ‘Select.’

Kalau kalian bingung mana video yang oke, saran MomBlogger Cupu sih, sebelumnya cari-cari dulu video di YouTube. Cek mana video yang kualitasnya oke dan sesuai sama artikel kita.

Kalau udah copy link video yang Cupuers pengen pakai di blog. Masukkan link itu ke kolom pencarian. Setelah videonya muncul, klik videonya dan pilih ‘Select’.

3. Memasukkan Video dengan Teknik Embed

Cara yang terakhir adalah  teknik yang biasa MomBlogger Cupu lakukan. Menggunakan teknik ini biasanya membuat tampilan video jadi lebih rapi dibandingkan pakai cara instan.

Teknik embed ini bisa dipakai, baik untuk video di channel YouTube kita sendiri atau ambil video dari channel orang lain. Gini nih caranya:

teknik embed video YouTube

  • Buka video yang mau diembed via YouTube.
  • Klik ‘Share’, lalu pilih ‘Embed.’
  • Muncul barisan kode, klik ‘Copy’.
  • Cuzz ke post editor blog dan pilih artikel yang mau dilengkapi video.

teknik embed video ke blogspot

  • Klik ‘icon pensil’ dan pilih ‘HTML view’.
  • Letakkan kursor di tempat video akan disematkan.
  • Tempelkan kode yang tadi udah disalin dari YouTube.
  • Simpan postingan, lalu jangan lupa klik ‘Publish’ atau ‘Update’.

Salah satu keuntungan teknik embed, ukuran tampilan video bisa kita modifikasi sendiri. Misalnya kok videonya tampil terlalu lebar atau terlalu kecil. Ubah aja kode ukuran panjang dan lebar video sesuai kebutuhan.

merapikan tampilan video di postingan

Oya, kalau mau bikin video rata kiri, kanan atau tengah. Caranya sama aja kek bikin format rata kiri, kanan atau tengah di teks ya.

Nah, sekarang video udah muncul deh di halaman artikel Cupuers. Gimana, enak pakai carai instan atau yang embed?

Apapun caranya, jangan lupa cuma Blogspedia yang kasih tutorial blogging mudah dan cepat buat Cupuers.

Eh, kok malah ngiklan, wkwkw. Baeklah, itulah informasi terkait cara menggunakan SEO YouTube beserta manfaat video untuk blog dan bagaimana insert video ke postingan blog. Semoga bermanfaat and see ya!***

 

Sumber:

  • https://onevisionhealth.co.uk/blog/the-seo-benefits-of-video/
  • https://www.lemonlight.com/blog/how-will-video-help-seo-ranking/
  • https://www.smartbugmedia.com/blog/5-ways-video-content-can-improve-your-seo
  • https://neilpatel.com/blog/guide-to-video-seo/
  • https://www.thehoth.com/blog/improve-your-seo-with-video/
  • https://www.socialseo.com/how-video-content-can-benefit-seo-and-cro

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*