5 Rekomendasi Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar Terbaik

pelatihan prakerja tanpa webinar

Pelatihan prakerja bagaikan oase di tengah gurun pasir bagi sebagian besar orang. Ya, semenjak pandemi menghantam dunia, termasuk juga Indonesia, tak sedikit yang perekonomiannya terdampak. Ada yang harus dirumahkan, kena PHK, bahkan tak bisa melanjutkan kuliah dikarenakan orangtuanya tak sanggup lagi membiayai.

Pemerintah tentu tidak bisa berdiam diri melihat kondisi rakyatnya seperti ini. Maka kemudian diluncurkanlah program kartu prakerja. Apakah di antara cupuers sudah ada yang mengikuti program tersebut, atau malah mau daftar selalu terlambat seperti eike?

Berkenalan dengan Program Kartu Prakerja

Program kartu prakerja adalah sebuah program yang digagas untuk mengembangkan kompetensi bagi para pencari kerja, pekerja ataupun buruh yang terdampak PHK dikarenakan covid-19. Diperuntukkan pula bagi mereka yang memang menginginkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi.

Banyak orang menyalahartikan program ini. Dipikir ini adalah cara pemerintah untuk menggaji para pengangguran. Dikarenakan asumsi tersebut, banyak yang memandang sebelah mata program ini karena dianggap melatih orang untuk bermalas-malasan.

pengertian program kartu prakerja

 Itulah pentingnya tabayyun dan kenalan dulu agar lebih paham. Setelah mendaftar program kartu prakerja, bukan berarti cupuers bisa langsung mendapatkan bantuan dana dan insentif yang bisa dicairkan sesukanya. Bantuan dana yang dialirkan melalui program ini hanya bisa diperuntukkan mengikuti pelatihan prakerja, dan tentu saja tak bisa dicairkan.

Sementara insentif biaya mencari kerja hanya akan dicairkan jika cupuers sudah terdaftar sebagai penerima kartu Prakerja dan telah selesai melakukan pelatihan pertama, dibuktikan dengan adanya sertifikat. Jadi tetap ya, ada proses belajar dan ujian terlebih dahulu yang dilalui sebelum mendapatkan insentif.

Siapa saja sih yang bisa mendaftar program keren dari pemerintah ini?

Ternyata siapa saja boleh, cupuers. Asalkan usianya 18 tahun ke atas, dibuktikan dengan telah memiliki KTP. Tidak sedang menganggur atau masih kuliah pun bisa mendaftar. Namun lebih diutamakan bagi pekerja, buruh ataupun pelaku usaha kecil yang terdampak covid-19.

Nah, jika cupuers masuk dalam kategori tersebut, cuzz deh segera daftar program kartu prakerja dan pilih pelatihan yang paling kalian butuhkan untuk meningkatkan kompetensi. Siapa tahu setelah lulus pelatihan prakerja, bisa menjadi modal untuk cari pekerjaan, mengembangkan usaha agar lebih luas jangkauannya, atau malah menciptakan pekerjaan sendiri.

Jenis-jenis Kursus Prakerja

Sekarang cupuers sudah paham kan apa maksud program kartu prakerja dan bagaimana cara pelaksanaannya? Fyi, setelah berhasil mendaftar program ini dan terpilih menjadi salah satu penerima kartu prakerja, cupuers akan mendapatkan bantuan dana pelatihan sebesar Rp1.000.000,-

Bantuan ini harus segera digunakan untuk menjalani kursus prakerja maksimal 30 hari setelah dana tersebut masuk ke rekening/ e-wallet cupuers. Jika lebih dari waktu yang ditentukan, dana ini akan hangus. Sayang kan?

Kalau cupuers sudah mendapatkan dana tersebut, tetapi masih bingung menentukan pelatihan yang mau diikuti. MomBlogger Cupu akan memberikan informasi tentang dua jenis kursus yang bisa dipilih:

jenis kursus prakerja

1. Kursus Prakerja tanpa Webinar

Jenis kursus ini cocok dilakukan buat cupuers yang tak banyak memiliki waktu luang, tetapi memiliki semangat tinggi untuk meningkatkan skill dan kompetensi. Khususnya bagi cupuers yang mengikuti kursus ini di sela-sela waktu kuliah online ataupun nyambi bekerja untuk tetap bertahan hidup di masa pandemi seperti ini.

Kursus tanpa webinar memungkinkan cupuers untuk menonton video pelatihan di waktu yang bisa diatur sendiri. Tidak terkekang dengan jadwal yang diberikan.

2. Kursus Prakerja dengan Webinar

Sementara jika cupuers memiliki waktu yang relatif fleksibel dan bisa mengikuti jadwal yang disediakan, pelatihan prakerja dengan sistem webinar cocok untuk diambil. Tentu saja kekurangannya, ketika melewati jadwal yang telah diberikan, cupuers bisa kehilangan kesempatan mendapatkan ilmu yang dibutuhkan.

Kalau MomBlogger Cupu sih menyarankan mending pilih jenis kursus yang pertama. Jadi kita tetap bisa beraktivitas seperti biasa, entah itu disambi kerja, kuliah ataupun momong anak. Lalu di waktu yang agak santuy, kita bisa menonton video-video tutorial yang diberikan.

Dengan mengikuti kursus jenis ini, kita bisa lebih fokus belajar karena jam menonton materi disesuaikan dengan waktu yang kita miliki. Saat menyimak materi yang diajarkan, kita bisa fokus langsung mempraktekkannya agar hasil belajar lebih maksimal. Pastinya biaya yang dikeluarkan untuk kursus prakerja tanpa webinar jauh lebih terjangkau, sehingga kita bisa mengambil lebih dari 1 tema pelatihan, enak kan?

5 Rekomendasi Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar di Course-Net

Kalau sudah memutuskan untuk mengikuti saran MomBlogger Cupu dengan memilih kursus prakerja tanpa webinar, selanjutnya cupuers mungkin bingung menentukan jenis pelatihan yang cocok. Ada banyak pelatihan yang ditawarkan lewat program kartu prakerja, tetapi melihat perkembangan teknologi yang semakin dahsyat, sepertinya tiga kategori pelatihan ini layak dipertimbangkan:

kategori pelatihan prakerja course=net

A. Kategori IT/ Data

Di bidang kategori IT/ Data, ada beragam sub kategori yang bisa dipilih, antara lain:
  • Teknik Coding Dasar untuk Menjadi Apps Developer
  • Strategi Praktis Menjadi Network Admin dan IT Support
  • Tips dan Tricks Belajar Menjadi Java Apps Developer
  • Strategi Praktis Menjadi Database Admin yang Handal
  • Dasar Pembuatan Aplikasi Android

B. Kategori Bisnis/ Jualan Online

Sementara jika cupuers tertarik dengan kategori ini, berikut pilihan kursus yang bisa diambil:
  • Strategi Praktis Jago Jualan Online dengan Google Ads
  • Strategi Praktis Memulai Bisnis Online dengan Google dan SEO
  • Cara Cepat dapatkan Omzet 50 Juta Pertama Hanya Modal Website
  • Dapat Income Puluhan Juta Rupiah Hanya Lewat Instagram
  • Jualan Laku di Tokopedia
  • Jualan Laku di Shopee

C. Kategori Staff Admin

Nah, kalau cupuers suka bidang administrasi, tengok deh 3 pilihan menarik ini:
  • Membuat Dokumen Rapi dengan Ms. Word
  • Mahir Ms. Excel dalam 3 Jam
  • Jago Bikin Presentasi Ms. Power Point
Fyi, semua pelatihan di atas bisa diambil hanya di Course-Net. Melihat judulnya saja, cupuers pasti ingin mengambil semua pelatihan yang ada kan? Sayangnya dana Rp1.000.000 sepertinya tidak memungkinkan bagi kita untuk kemaruk belajar semua hal. Cupuers harus benar-benar menentukan mana yang dibutuhkan.

Kalau MomBlogger Cupu boleh merekomendasikan, 5 kursus ini sepertinya menarik untuk dicoba:

rekomendasi kursus prakerja course-net

1. Strategi Praktis Jago Jualan Online dengan Google Ads

Pelatihan ini akan mengajarkan cupuers yang sudah berjualan online tapi masih belum banyak perkembangan. Nah, di sini akan diajarkan bagaimana memaksimalkan penggunaan Google Ads, melakukan riset kata kunci, membuat copy writing yang menarik, diajarkan cara beriklan yang efektif dan masih banyak lagi materi keren lainnya.

2. Strategi Praktis Memulai Bisnis Online dengan Google dan SEO

Lengkapi materi yang didapat di kursus pertama dengan pelatihan ini. Di sini kita akan diajarkan membuat landing page sendiri, diperkenalkan dengan teknik SEO, diajarkan caranya membangun backlink hingga tips dan trik memaksimalkan Google Search Console. Mantap kan?

3. Cara Cepat dapatkan Omzet 50 Juta Pertama Hanya Modal Website

Lalu maksimalkan juga kompetensi cupuers dengan pelatihan ini. Di sini kita akan diajarkan caranya membuat website yang powerful sehingga bisa menghasilkan omzet yang nggak main-main. Kita akan diajarkan SEO khusus bisnis, riset kata kunci, merencanakan konten yang baik, membuat copywriting, cara promosi website dan masih banyak materi ndaging lainnya.

4. Dapat Income Puluhan Juta Rupiah Hanya Lewat Instagram

Hari gini punya website tanpa instagram bagai sayur kurang garam. Kita bisa memaksimalkan omzet dengan menggunakan keduanya. Setelah belajar bikin website yang bisa mendulang puluhan juta rupiah, saatnya untuk belajar menaklukkan instagram.

Di sini kita akan diajarkan seluk beluk instagram dari zero to hero; teknik fotografi, teknik edit foto, cara membuat caption yang powerful, membuat perencanaan konten, cara membangun engagement rate, dan masih banyak materi kece lainnya.

5. Jago Bikin Presentasi Ms. Power Point

Nah, membuat promosi untuk web dan instagram membutuhkan teknik presentasi yang menarik. Kita nggak perlu aplikasi foto dan video yang mahal, dengan Ms. Power Point kita bisa menghasilkan presentasi dalam bentuk gambar dan video yang ciamik. Pelatihan ini akan membantu kita untuk mengenal dan mengoptimasi Power Point lebih dalam.

Dari memilih template yang bisa menarik hati customer sekali lihat, hingga memproses presentasi tersebut menjadi sebuah video yang kece.

Gimana, rekomendasi MomBlogger Cupu daebak kan? Asyiknya lagi, total biaya 5 pelatihan persembahan Course-Net tersebut pas dengan bantuan dana Rp1.000.000,- yang cupuers dapatkan dari program kartu prakerja. Mantap kan?

Mengapa Harus Memilih Course-Net

Sistem yang dimiliki Course-Net lain daripada yang lain. Mereka menyebutnya pelatihan semi cowboy. Cocok buat para cupuers yang tidak banyak waktu luang, tetapi ingin melejitkan skill dan kompetensi dalam waktu singkat.

Dari sekian banyak pelatihan prakerja yang bisa diikuti, hanya Course-Net yang memberikan 5 keunggulan sebagai berikut:

alasan kursus prakerja di course-net

1. IT Coaching

Course-Net telah terpercaya untuk memberikan pelatihan dalam bentuk coaching, bukan sekadar training. Artinya kita tidak diberikan materi yang teoritis bin njlimet, tapi lebih dilatih, dimentori dan dibagikan bermacam hal yang sifatnya best practice.

Di sini para mentor akan lebih banyak membagikan ilmu dan pengalaman yang banyak ditemui di dunia kerja. Hal ini membuat pelatihan di Course-Net lebih hidup dan bermanfaat.

2. Dijamin Bisa

Jangan takut gagal belajar di Course-Net. Hampir seluruh peserta pelatihan mengatakan materi-materi yang diberikan mudah dipahami dan dipraktekkan. Jika cupuers merasa kurang paham, tinggal putar ulang saja videonya tanpa biaya tambahan. Enak kan?

Selain itu Course-Net memberikan fasilitas untuk bergabung di komunitas alumni pelatihan. Di komunitas ini akan banyak sharing knowledge dan bertebaran lowongan pekerjaan. Sertifikat yang dikeluarkan Course-Net juga sudah diakui oleh banyak perusahaan besar di Indonesia.

3. Full Praktek

Dalam pelatihan metode video tutorial ini, kita akan terasa sedang berada di dalam kelas yang didampingi langsung oleh para guru. Lalu sembari menonton videonya, kita tinggal praktek saja langkah demi langkah yang diajarkan hingga mampu menghasilkan karya sendiri.

4. Coach Bersertifikasi 3P

Coach yang ada di Course-Net dipilih dengan tidak main-main. Hanya mereka yang memiliki 3P berhak memberikan pengajaran. Yaitu mereka yang telah menjadi Praktisi handal di bidangnya, Punya sertifikasi internasional dan memiliki Prestasi tingkat dunia. Jadi kapan lagi kita bisa belajar dari coach terbaik, jika bukan sekarang?

5. Bekerjasama dengan Vendor Pilihan

Untuk bisa mengikuti kursus prakerja yang keren ini, pastikan cupuers memilih vendor yang telah bekerjasama dengan Course-Net. Adapun vendors tersebut antara lain:
  • Pintaria
  • Pijar Mahir
  • Buka Lapak
  • Mau Belajar Apa
Ingat ya, hanya 4 vendor di atas yang akan membawa cupuers ke pelatihan dengan kualitas internasional ala Course-Net. Jadi jangan sampai salah pilih vendor.
Semua hal terkait pelatihan prakerja telah MomBlogger Cupu sampaikan. Jika rekomendasi ini memantik semangat cupuers untuk segera mengikuti kursus-kursus di atas, cuzz saja langsung kunjungi website prakerja.course-net.com untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan semangat untuk hidup lebih baik!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "5 Rekomendasi Pelatihan Prakerja Tanpa Webinar Terbaik"