7 Tips Mendongkrak Bisnis Lewat Blog dan Artikel Berkualitas


Assalammualaikum, Cupuers Kesayangan!

Kali ini MomBlogger pengen ngobrolin tentang bisnis. Lah, apa hubungannya ngeblog dengan berbisnis? Tentu ada dong… mau tahu? Lanjutkan saja dulu hingga akhir membaca artikelnya ya!

7 Tips Sukses Berbisnis


Berbisnis di era digital sekarang ini bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Ada banyak pilihan terbentang, dari menjadi reseller, dropshipper atau bahkan member MLM. Pilihan ada di tangan cupuers. Begitu juga dengan kesuksesan yang ingin teman-teman raih. Semakin keras cupuers berusaha dan yakin pada takdirNYA, maka semakin cepat pula kesuksesan ada di genggaman tangan.

Tentu saja untuk meraih kesuksesan tersebut, Cupuers tidak bisa hanya tinggal diam. Ada beberapa ikhtiar yang harus dilakukan, antara lain:

Yakin pada Ketentuan Tuhan

Tips pertama kesannya sangat religius, ya? Tapi memang itulah syarat mutlak kesuksesan setiap orang. Kepada siapa lagi kita harus menyandarkan hidup kalau bukan kepadaNYA - Sang Pemilik Hidup. Jika kita terus saja khawatir akan ini itu, bisnis kita akan berjalan baik atau tidak, dan segala hal buruk lainnya, itu sama saja dengan kita tidak mempercayai kuasa Tuhan.

Percayalah akan janjiNYA bahwa IA tidak akan mengubah suatu kaum jika kaum tersebut tidak mau berusaha. Begitu juga dengan kehidupan kita, jika memang kita ingin mengubah hidup ke arah yang lebih baik, yakinlah bahwa Tuhan akan membantu dan memberkati kita dengan rahmatNYA.

Yakinlah pula bahwa Tuhan telah menjatah hamba-hambaNYA dengan rizki yang cukup asalkan kita mau terus berusaha tanpa pantang menyerah. Tugas kita hanyalah berikhtiar sebaik mungkin, soal hasil serahkan padaNYA.

Be A Lifetime Learner

Ketika teman-teman ingin memulai sebuah bisnis, pastikan bahwa bisnis itu sesuai dengan passion kalian. Jika Cupuers menjalankan sesuatu yang kalian sukai, maka setiap hal yang dilakukan akan terasa ringan dan mudah. Kegagalan yang mungkin bisa saja ditemui akan menjadi pemanis dalam perjalanan bisnis dan menguatkan diri cupuers. Namun jika apa yang dijalani adalah hal yang sama sekali tidak cupuers sukai, maka ketika kegagalan datang, teman-teman bisa saja merasa hal tersebut adalah akhir dari segalanya.

Sama halnya menekuni blogging. Jika dari awal didasari karena kecintaan menulis dan keinginan berbagi manfaat, tentu setiap tantangan akan dijalani dengan penuh suka cita. Namun jika mengawali blogging hanya atas dasar ikut-ikutan atau malah hanya sekedar berorientasi uang semata, saat terganjal kesulitan bisa jadi akan cepat patah semangat.

Setelah kita memilih bisnis menurut passion, selanjutnya adalah terus kembangkan kemampuan yang dimiliki. Jangan berhenti di satu titik. Bisnis membutuhkan ilmu untuk bisa berkembang. Jika pengetahuan kita stuck di titik yang sama setiap harinya, maka kesuksesan hanyalah menjadi impian.

Jadilah pembelajar sepanjang hayat. Ikuti beberapa kursus, workshop, pelatihan dan beberapa hal bermanfaat lainnya yang bisa membantu bisnis Anda menjadi semakin berkembang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, telah banyak pelatihan yang digelar secara online, sehingga kita tidak perlu repot-repot keluar rumah. Siapkan gadget dan ilmu siap direguk.

Bergabung dengan Komunitas

Bisnis tidak hanya butuh ilmu, namun juga jamaah. Semakin kuat jamaah yang teman-teman miliki, semakin kuat bisnis yang teman-teman jalani. Bergabunglah dengan komunitas bisnis. Selain untuk memperluas jaringan, dengan bergabung pada komunitas bisnis, kita akan bertemu banyak orang yang artinya akan membawa pada pengalaman dan informasi baru yang pastinya akan bermanfaat pada perkembangan bisnis kita. Begitu juga saat menekuni blogging, berjamaahlah dengan orang-orang yang akan menguatkan semangat ngeblog kita.

Melakukan Inovasi Baru

Jangan berhenti pada satu titik. Inovasi perlu dilakukan ketika bisnis sudah mulai berjalan pada kondisi stagnan. Inovasi dilakukan tidak hanya untuk memberikan kejutan kepada customer, namun juga sebagai bukti kecintaan kita terhadap bisnis yang dijalani. Inovasi tidak melulu soal hal yang besar, sebuah langkah kecil bisa jadi membawa perubahan besar dalam bisnis. Misalnya, sebelumnya kita hanya menjual produk secara offline, cobalah untuk menjualnya secara online. Jika sebelumnya kita mengelola semua penjualan sendiri, kini cobalah mengambil beberapa reseller untuk memperluas wilayah bisnis.

Customer is Your Best Friend

Bukan saatnya lagi menganggap customer is a king, pelanggan lebih dari sekedar raja. Raja hanya minta dilayani dan dihormati. Namun jika kita menganggap customer is a bestfriend, maka hubungan kita dengan pelanggan akan menjadi lebih hangat layaknya seorang sahabat. Karena pelanggan adalah sahabat-sahabat kita, maka perlakukanlah mereka dengan baik.

Keramahan dalam melayani pelanggan akan menjadi tolok ukur apakah mereka akan kembali datang untuk kedua, ketiga atau kesekian kalinya. Jangan putuskan hubungan setelah pelanggan melakukan pemesanana. Keep contact with them! Tanyakan apakah produknya memuaskan dan bagaimana hasilnya. Buat mereka percaya bahwa kita adalah tempat terbaik untuk berbagi mengenai permasalahan tentang produk tersebut.

Suarakan Bisnis Kita

Tidak selamanya diam itu emas. Untuk soal bisnis, diam berarti jalan di tempat. Bagaimana mungkin orang akan mengenal bisnis yang kita jalani, jika kita tidak menyuarakannya. Maka sekecil apapun usaha yang sedang kita jalankan, suarakan bisnis tersebt.

Entah itu door by door, mouth to mouth, facebook to facebook, twitter to twitter, instagram to instagram. Kuasai social media optimization. Sekarang ini sosial media telah menjadi kekuatan besar untuk menggalang massa. Maka gunakan sosial media sebaik-baiknya dan kembangkan bisnis kita melalui akun-akun sosmed yang dimiliki.

Selain mengoptimalkan penggunaan sosial media, sangat penting di era digital ini untuk memiliki sebuah website atau situs bisinis sebagai bukti keprofesionalan kita dalam menjalankan usaha. Maka langkah selanjutnya untuk bisnis kita adalah rancang situs bisnis dan ajak banyak orang mengunjunginya agar semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis yang sedang kita jalani.

Miliki Konten yang Berkualitas

Setelah kita memiliki situs bisnis, maka hal utama dan pertama yang wajib dikerjakan adalah mengisinya dengan konten yang berkualitas. Salah satu konten yang sangat mempengaruhi perkembangan bisnis adalah tulisan yang bermutu. Semakin sering kita berbagi tulisan yang bermanfaat pada situs atau blog, semakin banyak orang yang akan datang berkunjung ke sana. Kita bisa menulis artikel yang tentunya berkaitan dengan bisnis yang dijalani.

Sampai sini sudahkah teman-teman mendapat clue apa hubungannya bisnis dengan blogging dan tulis menulis? Ayo coba ditunggu komentarnya yang sudah menemukan clue tersebut!

Ngobrolin soal mengisi konten dan update blog, tidak semua memiliki cukup waktu dan kemampuan untuk menulis secara baik. Jika Cupuers termasuk di dalam barisan ini, tidak perlu khawatir, Blogpedia Squad akan membantu teman-teman. Tulisan seperti apa yang Cupuers butuhkan, hubungi saja kami.

Selamat mencoba!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "7 Tips Mendongkrak Bisnis Lewat Blog dan Artikel Berkualitas"