Widget HTML Atas

Benarkah Jasa Backlink PBN Bisa Optimalkan SEO Off Page?

amankah jasa backlink PBN

Penyedia jasa backlink PBN kini semakin banyak ditemukan di jagad online. Namun bagaimana ya memastikan kalau jasa tersebut aman dan terpercaya? Biar Cupuers nggak puyeng, MomBlogger Cupu akan memberikan rekomendasi. Namun sebelumnya kita bahas dulu yuk hubungan antara backlink berkualitas dengan optimalisasi SEO Off Page.

Kaidah SEO Off Page

Kalau SEO on page itu layaknya inner beauty untuk sebuah blog, maka bisa dikatakan bahwa SEO off Page adalah sebuah pencitraan bagi blog tersebut. On page tidak akan mampu berdiri sendiri. Teknik tersebut akan terasa hambar tanpa optimasi Off Page.

Rumor yang beredar nih, optimasi Off Page yang tepat bisa signifikan mengangkat nilai DA dan DR. Nggak hanya itu, peringkat tulisan di mata mesin pencari pun bisa meningkat. Yah, meskipun hanya rumor, tak ada salahnya kita belajar tentang teknik pencitraan ini. Kalau memang benar-benar bisa bikin blog makin bersinar, kita juga yang happy kan, Cupuers?

SEO Off Page adalah langkah optimasi yang dilakukan di luar konten atau website. Seperti yang pernah kita pelajari bareng-bareng sebelumnya, optimasi SEO on page hanya berkutat pada faktor-faktor internal website. Berlawanan dengan hal tersebut, off page mengoptimasi blog dari faktor-faktor eksternal.

Pasti sudah semakin penasaran kan apa saja sih kaidah SEO off page yang bisa kita terapkan. Sini-sini, MomBlogger Cupu bisikin spesial buat the Cupuers.

kaidah seo off page

Share di Media Sosial

Pasti sudah paham kan ya soal ini. Maksudnya share link postingan blog kita di media sosial yang dimiliki. Dengan catatan, jangan terlalu massive agar tidak dianggap spamming.

Caranya yaitu, jangan gunakan media sosial hanya sarana untuk membagikan link postingan. Kita juga harus membagikan konten-konten lainnya. Misal sharing tips dan status-status di luar konten blog. Jangan lupa sematkan pula link blog di bagian profil media sosial kita.

Google My Bussiness

Sudah ada yang tahu kalau Google memiliki layanan list bisnis? Kita bisa tuh membuat Google My Business untuk mengoptimasi blog. Gunanya yaitu untuk menguatkan dan meningkatkan kualitas off page dari web kita. Hal ini berkaitan dengan optimasi web lokal, khususnya di lingkup negara atau kota.

Listing Bisnis Terarah

Mendaftarkan website kita pada situs-situs seperti Trip Advisor(www.tripadvisor.co.id/Owners) , Zomato (www.zomato.com/addrestaurant), dan situs sejenisnya. Tentu saja lebih baik jika menyesuaikan dengan jenis bisnis atau niche yang diangkat oleh blog kita.

Brand Mention di Media Online

Hal ini yang biasanya dilakukan oleh banyak perusahaan saat mengadakan kampanye suatu brand tertentu. Pasti kita sering kan melihat hashtag yang terkait dengan brand tertentu di-blast ke media online? Selain untuk meningkatkan awareness, biasanya hal ini juga digunakan untuk mengejar trending topic.

Nah, kalau mau mencoba melakukan branding pada web/ blog kita. Bisa tuh dicoba dengan membuat challenge seperti #13DaysBlogspediaChallenge, lalu ajak teman-teman seperjuangan mengikuti challenge tersebut dan minta para pesertanya untuk mention blog kita di media sosial.

Review/ Testimoni

Coba saja memancing para pelanggan untuk mereview brand dari sesuatu yang kita pasarkan. Ulasan atau testimoni bisa disampaikan melalui channel tertentu, seperti Trip Advisor, Google My Bussiness, Google Local Guide, Fan Page dsb.

Link Building for Pushing Your Article

Link building berfungsi untuk membantu menaikkan posisi artikel kita pada SERP. Optimasi off page yang tepat bisa membantu artikel kita menempati halaman muda di Google. Harapannya tentu saja untuk mendapatkan banyak pengunjung sesuai dengan kata kunci/ keyword yang dibidik.

Banyak cara untuk menerapkan link building ini, tetapi kita juga tak bisa asal-asalan dalam memilih backlink. Backlink yang didapatkan sembarangan akan memberikan manfaat buruk bagi blog kita, lantas bagaimana mendapatkan backlink yang baik?
Jawabannya sederhana, tentu saja harus natural dan berkualitas.
Nggak puas dengan jawaban sederhana tersebut? Nih, MomBlogger Cupu bagikan tips yang dulu sempat diajarkan oleh para coach di Kelas Growthing: 

membangun link building

1. Sediakan Konten yang Berkualitas

Bagaimana membangun konten yang berkualitas? Cupuers tengok lagi ya kiat-kiat membuat konten yang SEO friendly. Tentu saja selain menyenangkan Google, kita juga wajib untuk memilih keyword yang banyak dicari oleh pembaca. Google senang, pembaca bahagia.

2. Minta Backlink kepada Pemilik Web/ Blog Lain

Backlink yang baik adalah mendapatkan rekomendasi dari web lain, terutama web berniche sama dengan artikel yang kita publish. Namun tentu saja kalau kita tiba-tiba minta link pada blogger yang tak kita kenal, tentu nggak akan dikasih lah ya. Maka, cobalah untuk membangun relationship-networking yang baik. Misalnya:
  • Temukan beberapa pemilik blog yang memiliki topik sama/ mirip dengan blog kita. Idealnya website target kita sudah lebih populer dan dikelola secara aktif.
  • Temukan kontak dan akun sosialnya, follow saja dulu dan jangan berharap di folbek yah.
  • Berikan komentar bermutu setiap kali ada artikel baru dari blog yang kita targetkan tersebut. Jangan lupa untuk tweet dan share artikel mereka. Lalu coba mulai percakapan melalui sosial media atau WA-nya. Ajak ngobrol dan mulai bangun hubungan baik dengan mereka. Minta izin untuk memasang link postingan blog yang sejenis ke konten mereka.

3. Broken Link Building

Hampir sama dengan nomor 2, bedanya di sini kita crawling secara mandiri untuk menemukan beberapa link keluar yang rusak/ broken dari blog target. Dengan menemukan broken link ini, kita menemukan celah dan peluang untuk mengisinya.

Berikan informasi ke pemilik blog, bahwasanya link tersebut rusak. Kemudian apabila ditanggapi oleh pemilik blog tersebut, berikan alternatif. Yaitu dengan menggunakan link postingan blog kita yang sesuai. Kalau pemilik blog tadi setuju, kita jadi bisa dapat backlink kan?

4. Intip Backlink dari Kompetitor

Semua blogger di dunia sejatinya adalah kawan sekaligus kompetitor kita. Nah, intip aja blog-blog yang bisa nangkring di halaman muda. Contoh: Si A ternyata bikin backlink di situs X, Y dan Z. Cuzz, dicontek aja.

Tools yang diperuntukkan mengintip backlink kompetitor yaitu bisa menggunakan Moz atau Ahrefs. Tentu saja gunakan akun yang berbayar untuk hasil lebih optimal dan unlimited ya.

membangun link untuk blog

5. Guest Post Blog

Yaitu menawarkan diri untuk mengirimkan artikel tamu ke blog orang lain. Tentu saja tidak semua blogger menyediakan ruang ini ya. Kita harus mencari tahu dengan mengunjungi blog tersebut. Biasanya ada info terkait penerimaan guest post.

Atau jika kita cukup punya nyali, boleh lo menanyakan kesediaan si blogger melalui media sosial atau email. Tentu saja gunakan bahasa yang sopan dan jangan berkecil hati jika ditolak ya.

Untuk menawarkan diri mengisi guest post blog, pastikan blog target mempunyai reputasi yang baik di mata Google, berumur lebih dari 1 tahun, topiknya selalu relevan dengan judul dan isi artikel, traffic tinggi, desain dan schema tertata rapi.

6. Gunakan Content Sharing Platfom

Di atas MomBlogger Cupu telah menginfokan tentang tata cara menggunakan media sosial sebagai salah satu cara kekuatan dari off page. Selain media-media mainstream yang biasa kita gunakan. media lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk share antara lain:
  • Slideshare
  • Youtube
  • Medium
  • Kompasiana
  • Forum Kaskus
  • Viva
  • Linkedin
  • Forum Detik
  • Blogger Perempuan
  • Dan layanan blog gratis lainnya

7. Manfaatkan Penyedia Jasa Backlink PBN

Nah, kalau sudah mencoba nomor 1 hingga 6, tetapi belum terlihat hasilnya. Kita bisa mencoba untuk menggunakan jasa backlink PBN.

PBN adalah singkatan dari Private Blog Network. Sama halnya dengan blog-blog pada umumnya. Namun biasanya blog-blog tersebut dibangun untuk membangun link semata. PBN biasanya dibangun dari blog dengan domain expired, lalu diisi dengan artikel-artikel hasil copas dan tak mendalam pembahasannya. Hal seperti ini tentu saja tidak disukai oleh Google.

Sebenarnya tak masalah kalau kita mau membangun PBN, asalkan tetap perlakukan blog tersebut dengan profesional. Tidak hanya sekedar mengambil artikel comot sana sini, yang kemudian ketika dicek hasilnya full plagiasi.

Backlink berkualitas dihasilkan dari artikel yang dibuat dengan baik dan sungguh-sungguh di web tersebut. Link yg diarahkan ke web kita juga harus berupa link yang relevan, bukan sekadar hasil copas. Lalu apa jadinya kalau kita mendapatkan link dari PBN yang isi artikelnya tak berkualitas? Yang ada nilai blog kita malah jatuh di mata Google. Sayang kan?

Oleh karenanya daripada salah memilih jasa backlink PBN yang tak jelas asal-usulnya. Mending kita beli backlink yang sudah jelas kualitas blognya lewat Media Backlink.

jasa backlink berkualitas

Media Backlink, Jasa Backlink Berkualitas

Media Backlink adalah semacam marketplace yang mempertemukan antara advertisers dengan publisher alias blogger. Simbiosis mutualisme terjadi di sini. Advertisers alias pengiklan membutuhkan backlink dari blog-blog berkualitas untuk menaikkan rank web mereka di mesin pencari. Sementara blogger bisa mendapatkan penghasilan dari backlink yang mereka berikan.

Tentu saja backlink tersebut tidak asal dibuat. Blogger akan menyediakan artikel baru dengan kualitas yang SEO friendly. Tak hanya itu, pihak Media Backlink pun tak asal menerima semua blog. Mereka akan menyeleksi terlebih dahulu blog-blog yang mendaftar berdasarkan DA/ PA, Alexa dan Google Index.

Setelah artikel disetorkan, pihak Media Backlink dan advertisers akan mengecek kualitasnya. Jika sudah sesuai dengan panduan yang diberikan, barulah blogger bisa mendapatkan fee dari jasa penulisan artikel yang di dalamnya memuat backlink ke web advertisers tersebut.

Nah, sekarang pilihan ada di tangan Cupuers nih. Mau pilih untuk beli backlink agar DA/ PA blog meningkat. Atau malah tertarik untuk menambah penghasilan dengan menjual backlink melalui Media Backlink? Mau dua-duanya pun bisa kok.

Caranya pun mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

registrasi media backlink
  • Masuk ke website official Media Backlink, lalu pilih Register,
  • Isi form yang telah tersedia, klik Daftar.
  • Link konfirmasi akun baru akan dikirimkan melalui email, klik link tersebut.
  • Setelah berhasil mengonfirmasi akun kita, login menggunakan email dan password yang telah kita atur sebelumnya.
  • Horee, sudah masuk ke dashboard nih. Sampai sini, kita tinggal pilih; mau beli atau jual backlink. Kalau mau beli backlink, pastikan untuk mengisi saldo terlebih dahulu.
  • Sementara kalau mau menjual backlink, daftarkan dulu blog yang mau ditawarkan backlinknya. Media Backlink butuh beberapa hari untuk melakukan review pada blog kita. Jika dirasa kualitas blog cukup baik, kita akan lolos dan siap mendapat pesanan. Oh ya, blog kita akan dihargai sesuai dengan nilai DA/ PA, Alexa dan Google Index. Semakin tinggi nilai blog, semakin tinggi blog kita akan dihargai.
Sekarang sudah nggak bingung lagi kan bagaimana cara mengoptimasi SEO Off page blog dengan ciamik? Dengan kehadiran Media Backlink, kita nggak perlu takut lagi memilih jasa backlink PBN. Di Media Backlink, semua blog sudah terbukti kualitasnya. Enaknya lagi, kita pun bisa mendapat tambahan penghasilan. Yuk, bikin akun segera!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Benarkah Jasa Backlink PBN Bisa Optimalkan SEO Off Page?"