Seperti Apakah Artikel Media Online yang Baik? Jalani 5 Syarat Ini!


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Senang sekali rasanya bisa menyapa cupuers kesayangan lagi lewat Blogpedia. Kali ini MomBlogger Cupu ingin kembali berbagi tentang tips menulis. Ada yang nungguin nggak ya?

Kini semakin banyak orang terjun ke bidang jasa penulisan artikel untuk website, namun tidak semua di antara mereka mampu menghasilkan artikel yang cukup baik. Tahukah teman-teman apa saja sih yang harus ada dalam sebuah artikel media online, agar bisa dikatakan baik dan menarik?

5 Syarat Artikel Online yang Baik

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menciptakan sebuah artikel online yang baik dan disukai oleh pembaca. Siap untuk mengetahuinya?

Judul yang Menggemparkan dan Isi yang Sesuai

Setiap artikel yang baik harus memberikan janji yang terkandung dalam judulnya, apakah itu gosip terbaru tentang hubungan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting atau informasi mengenai peluncuran bisnis baru. Sebuah artikel dikatakan gagal jika pembaca di akhir proses bacanya justru merasa kecewa karena judul artikel yang tadinya membuatnya penasaran justru tidak dijabarkan dengan baik dalam isi artikelnya.

Website vs Media Cetak

Perbedaan artikel online dengan artikel di media cetak adalah bagaimana konten pada situs online harus disajikan dengan menarik. Tidak peduli berapa jam seseorang menghabiskan di depan komputer, membaca informasi di layar sangat berbeda dengan membaca media cetak. Setelah kita mampu menarik pembaca dengan judul yang istimewa, saatnya untuk menyajikan isi artikel dalam susunan yang mudah ditangkap.

Pembaca lebih menyukai artikel yang memiliki poin-poin untuk meringkas topik utama dan mendapat kesimpulan yang bermanfaat meskipun tidak membaca hingga akhir artikel. Untuk itu seorang content writer yang baik akan mampu menulis artikel yang tidak membosankan hingga pembaca betah membacanya hingga akhir, dengan cara memadupadankan teknik-teknik menulis yang kreatif.

Kecepatan Informasi

Berbeda dengan media cetak, media online jauh lebih cepat dalam menyajikan informasi. Maka dibutuhkan sebuah konten yang selalu up to date dan berisi informasi yang fresh from the oven. Jangan sampai blog cupuers lumutan yaa.. Hayo kapan terakhir update blog?

Kekuatan Secara Mendalam

Lewat media online kita tidak perlu membuka berlembar-lembar halaman untuk menuju dari satu artikel ke artikel lainnya. Cukup dengan mengklik tautan yang terkait dengan artikel yang sedang dibaca, kita akan cepat mengumpulkan informasi sejenis dalam berbagai sudut pandang berbeda. Oleh karena itu artikel online yang baik di sebuah situs adalah saling berhubungan satu sama lain sehingga bisa turut membentuk tema keseluruhan dari situs tersebut.

Menyentuh

Baik artikel untuk media online maupun media cetak wajib menyentuh hati siapapun yang membaca. Entah itu menjadikan pembacanya jauh lebih bersemangat, turut prihatin ataupun ikut marah terhadap sebuah kejadian.

Sebuah artikel biasanya akan lebih menyentuh ketika penulisnya mampu menghadirkan pengalaman yang nyata di dalam tulisannya. Artikel yang mampu menyentuh hati setiap pembaca tentunya membutuhkan penulis yang juga menyerahkan segenap hatinya ketika menuliskan kata demi kata dalam artikel tersebut.

Jadi apakah teman-teman siap menulis artikel yang baik? Atau justru semakin maju mundur cantik? Tidak perlu berkecil hati, Blogpedia akan selalu siap membantu semua permasalahan Cupuers kesayangan berkaitan dengan dunia tulis-menulis dan juga tips-tips blogging sederhana. Semoga bermanfaat!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

1 comment for "Seperti Apakah Artikel Media Online yang Baik? Jalani 5 Syarat Ini!"

  1. Sangat menginspirasi, semoga saja artikel artikel saya bisa memenuhi syarat

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi, cupuers. Makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan, tapi jangan dikasih link hidup ya. Taratenkiu.


Regards,


Momblogger Cupu