Loading...
Search

7 Cara Blogger Mendapatkan Penghasilan Rutin

cara blogger mendapatkan penghasilan rutin

Tak sedikit yang bertanya-tanya kepada MomBlogger Cupu, memangnya blogger bisa berpenghasilan ya. Hmm, tetep ya, ujung-ujungnya duit yang ditanyain, hehe. Sebenarnya nih, eike nggak begitu suka menjanjikan bunga-bunga surga kepada Cupuers. That’s why tentang cara blogger mendapatkan penghasilan biasanya selalu jadi materi terakhir setiap kali eike sharing tentang blogging.

Karena dari pengalaman yang eike jalani, orang-orang yang nyemplung ke dunia blog karena terindikasi pengen cari duit doang, biasanya nggak bertahan lama ngeblognya. Sebenarnya nggak salah juga sih, menjadikan sisi material sebagai tujuan utama ngeblog. Lha wong, memang ada juga kok para peternak blog yang berhasil dan mendapatkan passive income dari ‘ternakan’nya.

Masalahnya, seringkali yang Cupuers lupakan adalah proses menuju ke titik kesuksesan itu. Mau apapun profesinya, selalu ada challenge yang harus dihadapi! Jangan mudah tergiur sama hasil yang di-flexing-kan sama orang-orang yang udah sukses.

Bisa jadi juga mereka itu nggak niat flexing.. tapi berbagi kebahagiaan atas proses yang telah dijalani. Yang mengsedih itu kalau Cupuers udah langsung membayangkan dari ngeblog bakal panen pundi-pundi rupiah, tanpa mau tahu hal-hal apa saja yang perlu dipelajari dan dipersiapkan untuk bisa mencapai tahap memanen.

3 Hal Wajib Perlu Dimiliki Blogger Sebelum Bisa Mendapat Penghasilan Rutin

Materi awal yang selalu eike sampaikan dalam Blogspedia Coaching bertajuk Blogging: Passion, Skill and Consistency. Menurut eike nih, untuk bisa sukses secara materiil dan immateriil dalam dunia blogging, Cupuers kudu punya tiga hal utama yang nggak boleh ditinggalkan salah satunya.

tiga hal yang wajib dimiliki blogger
tiga hal yang wajib dimiliki blogger

1. Passion

Kalau kita cek di kamus Bahasa Inggris – Indonesia, passion seringkali diterjemahkan sebagai gairah. Hingga kemudian banyak orang yang berpikir kalau passion itu artinya punya semangat yang menyala-nyala untuk menjalani sebuah aktivitas.

Nggak salah juga sih. Namun Cupuers perlu tahu kalau asal kata Passion ternyata dari bahasa Latin, “Pati.” Artinya adalah penderitaan.

Nah loh, kok jauh banget ya, antara gairah dan penderitaan, hehe.

Jadi gini, Cupuers. Kalau kamu memang pengen banget bisa sukses di dunia blogging, bukan cuma semangat aja yang perlu dimiliki. Kamu juga harus siap buat menderita dan berdarah-darah menjalani prosesnya.

Jangan baru ngeblog sehari dua hari, sebulan dua bulan, setahun dua tahun terus belum menghasilkan apa-apa, kamu udah nglokro dan merasa ini bukanlah jalanmu. Blogger-blogger hits nan kondang yang namanya sering disebut di sana-sini, bisa berada di posisi mereka sekarang karena proses yang panjang, tidak sebentar dan tidak mudah lo!

Dan pastinya, mereka ada di posisi itu, bukan karena ngejar materi semata. Ada big why yang melatarbelakangi mereka tetap tangguh ngeblog, mau ada duitnya ataupun nggak.

Sebagian besar big why tersebut adalah keinginan untuk sharing dan bercerita. Berbagi informasi dan hal-hal baik yang bisa membuat pembacanya bertumbuh. Penghasilan dari ngeblog adalah bonus dari ketekunan yang mereka jalani.

2. Skill

Nah, kalau Cupuers tanya, memangnya blogger itu harus ‘berdarah-darah’ di bagian mana sih… Fyi, ada banyak hal yang kudu kalian pelajari saat sudah memutuskan jadi professional blogger. Yang awalnya nulis asal-asalan dan acak adut, tentunya perlahan kamu harus belajar cara ngenakin tulisan.

Kalau penyanyi belajar cara ngenakin lagu, biar pendengarnya bisa menikmati nyanyiannya. Begitu juga dengan blogger yang notabene adalah penulis.

Kita juga perlu belajar gimana sih cara ngenakin tulisan, sehingga pembaca bisa menikmati tulisan kita, dan pesan yang ingin kita sampaikan bisa sampai ke pembaca. Selain enak, tulisan juga kudu efektif dan syukur-syukur sesuai dengan kaidah kebahasaan yang benar.

Ini baru dari segi teknik menulis. Masih ada printilan lain yang Cupuers perlu tahu sebagai seorang blogger. Di antaranya, kamu perlu tahu apa itu SEO, alat-alat perang yang biasa digunakan blogger seperti Google Analytics, Google Search Console dan lainnya.

Semakin kamu nyemplung ke dalam dunia blogging, semakin kamu akan sadar masih banyak hal yang belum kamu tahu dan harus banget dipelajari. Kamu siap nggak berdarah-darah untuk belajar dan mengembangkan diri di sini?

Kalau nggak siap, ya mending mundur aja, wiiir. Daripada baru ngeblog sepekan dua pekan, udah pingsan dan mandheg tengah jalan.

3. Consistency

Hal lain yang perlu  Cupuers pegang adalah tentang konsistensi. Bukan cuma siap berdarah-darah untuk improving skills, Cupuers juga harus siap konsisten untuk update tulisan.

Banyak yang pengen berpenghasilan dari ngeblog, tapi malas-malasan memperbarui tulisan di blognya. Blognya bersarang laba-laba, bahkan sampai berbulan-bulan nggak ada tulisan baru.

Bukan cuma tantangan buat blogger pemula sih, konsistensi ini senantiasa jadi PR buat blogger sepanjang zaman. Termasuk buat MomBlogger Cupu. Sejatinya, sembari nulis ini, eike menasihati diri sendiri biar bisa konsisten nulis lagi apapun aktivitas yang dilakoni sekarang.

Konsistensi ini perlu banget dijaga. Salah satu caranya yaitu bergabung dengan komunitas. Dengan bertemu sesama blogger, melihat temen-temen blogger lainnya yang rajin nulis, semangat berbagi dan blogwalking, insya Allah positive vibes itu akan menular dan ‘meracuni’ kita.

Nah, kalau Cupuers sudah mematri tiga hal penting ini di dalam sanubari, insya Allah mendapat penghasilan rutin dari blogging bukan lagi impian.

Ini Nih Cara Blogger Mendapatkan Penghasilan

Jadi, jalan mana saja sih yang bisa menjadi saluran rezekinya para blogger? Here they are, Cupuers:

saluran rezeki blogger

1. Job Review

Sederhananya nih, ada klien yang ngajak kamu kerjasama untuk membuat sebuah artikel, entah itu mengulas sebuah produk, menceritakan sebuah event, atau berbagi informasi edukatif terkait kampanye tertentu. Tugas kamu adalah menggali lebih dalam tentang produk atau jasa yang harus dibagikan ceritanya lewat artikel yang kamu tulis.

Klien akan ngasih kamu do and don’ts terkait apa-apa aja yang harus disampaikan dalam artikel. Ada klien yang ngecek dulu draft tulisan kita, ada pula yang langsung mengizinkan artikel itu diposting di blog kita.

Walau ada kalanya, setelah kita melaporkan link publishing, klien bisa aja minta revisi kalau ada yang kurang pas buat mereka. Nantinya kita bakal dapat fee dari layanan yang kita berikan kepada klien. Bisa jadi berupa cash money, barteran produk dengan nominal tertentu, ada pula yang ngasih barteran produk plus cash money.

Tentang berapa kisarannya, ini tergantung sama kualitas blog kamu, jam terbang juga bagaimana kamu ‘menjual diri’ alias memasarkan diri kamu di depan klien.

2. Content Placement

Untuk yang kedua ini, nggak jauh beda sama poin pertama. Kita sama-sama publish artikel di blog. Bedanya, kalau yang ini, klien sudah menyediakan artikelnya. Kita tinggal posting aja di blog.

Hal penting sebelum kamu posting artikel dari klien, cek dulu apakah terdeteksi plagiasi. Ada kalanya kita ketemu klien nakal yang kasih satu artikel ke banyak blogger. Alhasil, postingan kita bisa terdeteksi plagiasi sama blogger, bisa bahaya tuh buat blog kita.

Kalau kita menemukan artikel yang klien kasih terdeteksi plagiasi, kita bisa tuh ngedit dulu dan sesuaikan dengan gaya bahasa kita sendiri. Tapi kalau plagiasinya kok buanyak banget, lebih dari 50%, mending kamu bilang ke klien untuk izin tulis ulang, tentu saja dengan fee yang berbeda.

3. Backlink Placement

Ini hampir mirip sama yang nomor dua. Hanya saja biasanya klien nggak nyediain artikel ataupun nggak nyuruh kita nulis artikel sendiri juga.

Ada klien yang ujug-ujug nyamperin dan bilang pengen nitip link dari website dia untuk disematkan di salah satu artikel yang udah kita pernah publish sebelumnya di blog. Nah, ini tergantung kebijakan kalian masing-masing ya, terutama kalau ternyata artikel yang diinginkan klien adalah artikel berbayar dari pihak lain.

4. AdSense dan Banner Placement

Saluran rezeki lainnya adalah dari iklan banner yang dipasang di blog. Iklan ini bisa banyak macamnya ya. Ada yang dari Google AdSense, ada juga dari pihak lain sejenis. Biasanya nih kita bisa dapat duit dari iklan kalau ada yang ngeklik tayangan banner di blog.

Kalau nggak ada yang ngeklik, ya kita nggak dapat penghasilan. Tapi juga jangan nyuruh orang buat ngeklik banner iklan. Apalagi kok ikutan blogwalking khusus sambil ngeklikin iklan di blog kita. Google makin canggih euy, kalau ketahuan kita pakai cara yang nggak jujur, bisa-bisa blog kita kena banned dan hilang dari peredaran. Sayang kan?

Selain AdSense dan program sejenisnya, ada juga lo klien yang ujug-ujug suka nyamperin secara personal untuk nempatin bannernya di blog kita dalam jangka waktu tertentu. Kalau yang sistem kaya gini, biasanya pendapatan nggak berhasilkan dari klik. Namun sesuai dengan kontrak yang kita buat sama klien, mostly berdasarkan ukuran banner, lokasi pemasangan banner, dan jangka waktu iklan itu ditayangkan di blog kita.

5. Kompetisi

Kalau Cupuers typical yang punya jiwa kompetitif, bisa tuh hunting lomba-lomba blog yang banyak diselenggarakan brand-brand tertentu. Biasanya ada brand-brand tertentu yang rutin ngadain lomba, dalam rangka untuk meningkatkan brand awareness, atau karena mereka pengen campaign tentang sesuatu.

Tentu saja memenangkan lomba blog bukanlah hal yang mudah, Cupuers. Kamu perlu banyak membaca, menggali informasi, menghubungkan dengan pengalaman yang pernah kamu jalani, dan bisa memproduksi tulisan bermakna dan beda dari kompetitor.

Biasanya sekali ikut kompetisi, kamu bakal ketagihan untuk ikut kompetisi lainnya. Kamu akan penasaran kok bisa ya si A nulis sekeren itu, gimana cara para pemenang mengembangkan dan mengemas ide seciamik itu. Dari sebuah kompetisi, secara tidak langsung kamu belajar untuk improving your skills lo, Cupuers.

6. Affiliate

Salah satu sumber penghasilan lainnya bagi seorang blogger adalah join affiliate. Misal, ikut Shopee Affiliate dengan cara sematkan banner yang tersedia, atau sharing produk yang bisa dibeli lewat link Shopee yang kita bagikan lewat artikel.

Selain Shopee, ada banyak brand lain yang sekarang menawarkan sistem affiliasi. Kembali lagi ini soal kenyamanan dan kebutuhan masing-masing ya. Untuk penghasilannya sendiri, biasanya kalau ada orang yang beli produk dari link yang kita sematkan di blog, kita bisa tuh dapat bagi hasilnya.

Kalau Cupuers penasaran gimana caranya biar bisa dapat tawaran job review, content placement, backlink placement dan sebagainya, cuzz join komunitas. Karena biasanya di komunitas-komunitas Blogger suka bagi-bagi info kerjaan.

Selain gabung komunitas, Cupuers juga perlu menampilkan kontak yang bisa dihubungi, mostly email sih. Banyak klien yang langsung nyamperin dan nawarin kerjaan lewat email. So, rajin ceki-ceki email secara berkala ya.

Cara lainnya adalah dengan bikin akun di marketplace blogging. Ada banyak banget kok, antara lain Intellifluence untuk yang skala global, lalu ada Seedbacklink, Magnetise, Sosiago, Raja Backlink, dan lainnya.

7. Ternak Blog

At last but not least, ini adalah jalan ninja saat kamu pengen dapat cuan berlimpah. Jangan cuma punya satu blog! Tentunya keberlimpahan yang kamu cita-citakan berbanding lurus dengan waktu yang harus kamu kelola dengan baik, skill yang harus kamu tingkatkan lagi dan lagi, juga proses  berdarah-darah yang harus siap kamu jalani ya.

Jujurly, MomBlogger Cupu ngibarin bendera putih sih buat jadi peternak blog, wkwk. Ngurusin satu blog aja rasanya engap, terutama kalau kamu punya aktivitas utama lain di luar ngeblog ya.

Namun kembali lagi, semuanya adalah pilihan. Kalau Cupuers memang mau fokus di sini, maka jalani setiap konsekuensinya dengan riang gembira dan penuh suka cita.

Yakinlah di balik setiap kesulitan yang Cupuers lewati, tersimpan hadiah indah yang sudah Allah SWT siapkan. Satu hal yang kalian juga perlu notice, tak selamanya penghasilan dari blog itu berupa materi.

Bisa berjejaring dengan orang-orang hebat nan inspiratif melalui komunitas blogger, bersilaturahmi dan mendapat ilmu-ilmu baru merupakan salah satu penghasilan yang tidak bisa diukur dengan nominal uang.

Akhir kata, semoga tulisan yang sedikit panjang ini bisa mencerahkan hari Cupuers yang penasaran dengan cara blogger mendapatkan penghasilan. Kembali lagi, what you should have is passion, skill and consistency, money and successful will follow. Tetap semangat ngeblog dengan penuh suka cita ya, Cupuers!***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*