7 Ilmu Newbie Bloggers yang Perlu Dikuasai

ilmu newbie bloggers
Sebagai blogger pemula, biasanya lagi semangat-semangatnya belajar segala hal terkait blogging. Saking semangatnya kadang kita nggak tahu harus mulai dari mana. Ujug-ujug belajar yang langsung susah, padahal basicnya belum kuat. Hasilnya? Merasa susah dan kemudian mundur perlahan.

Nah, kali ini MomBlogger Cupu mau membagikan 7 ilmu newbie bloggers yang perlu dikuasai. Apa sajakah itu?

1. Tahu Platform Blog

Platform blog biasanya menjadi kebingungan akut bagi para newbie bloggers. Nggak heran sih. Banyak informasi di luar yang mengklaim soal plus minus sebuah platform, pasti bikin Cupuers ketar-ketir. Makanya ilmu terkait jenis-jenis platform ini wajib jadi hal utama yang kita tahu saat mau nyemplung ke dunia blogging.

Dengan memahami plus minus setiap platform blog, bahkan kalau bisa udah mencoba bikin di semua platform, kita jadi lebih yakin dalam memilih satu platform. Nggak mudah goyah ketika ada simpang-siur informasi terkait platform yang kita pilih, karena kita sudah yakin dengan keputusan tersebut.

Hayoo, seberapa yakin dengan platform blogmu saat ini, cupuers?

2. Tahu Jenis-jenis Niche

Selain memahami plus minus dari setiap platform blog yang mencuri hati, Cupuers juga harus tahu apa itu niche blog. Niche adalah topik yang akan menjadi bahan bakar bagi blog kita. Apakah mau berniche gado-gado alias palugada, apa yang lu minta di blog gue pasti ada. Ataukah mau berniche spesifik.

Niche ini juga menjadi kebingungan tersendiri buat para newbie bloggers. Oleh karenanya penting buat para blogger pemula untuk tahu dulu apa plus minusnya punya blog berniche gado-gado atau spesifik. Setelah tahu plus minusnya, baru deh Cupuers bisa lebih mantap dalam mengambil keputusan.

3. Mengenali Dashboard dan Fungsinya

Setelah Cupuers memutuskan platform blog yang diinginkan dan dibutuhkan, saatnya untuk berdekat-dekatan dengan dashboard blognya. Kenali fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang ada di dashboard blog. Semakin kita mengenali dashboard, semakin kita lancar ngeblognya.

Dashboard itu layaknya ruang kerja kita. Kita bikin postingan, masukin gambar, membuat page, membuat permalink, menata template ya dari dashboard. Apa jadinya kalau kita nggak kenalan dengan fitur dan fungsi yang ada di dalamnya? Pasti gelagepan kan, Cupuers? Makanya kenalin dong dashboardnya, biar tambah sayang sama blognya.

blogger pemula belajar

4. Membuat Artikel yang Ciamik

Content is the king.
Yup, jiwa dari sebuah blog adalah artikelnya. Maka sudah wajib bagi seorang blogger, mau itu pemula atau sudah berpengalaman sekalipun, harus selalu update wawasan dalam membuat artikel yang ciamik.

Newbie bloggers, khususnya yang mengambil gado-gado sebagai niche pilihannya, sebaiknya terus belajar tentang cara membuat artikel berbagai genre. Bagaimana membuat artikel wisata, kuliner, ulasan event, ulasan film, ulasan aplikasi, parenting, artikel bertopik viral, dsb.

Blogger juga sedianya harus mempelajari teknik-teknik menulis sesuai Ejaan Bahasa Indonesia agar tulisannya enak dibaca dan tidak membuat kening berkerut.

5. Parameter On Page dan Off Page

Untuk meningkatkan kualitas konten, penting bagi blogger untuk belajar tentang Parameter On Page dan Off Page. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar artikel kita cepat dicrawling mesin pencari, syukur-syukur nangkring di page one kan? Dengan begitu kita bisa jadi menebar manfaat seluas-luasnya.

6. Membuat Infografis

Hal ini pun tak kalah penting. Konten yang menarik bukan hanya berisi barisan kata, tetapi juga dilengkapi dengan gambar yang menarik ataupun infografis yang semakin melengkapi isi artikel kita. 

Beruntungnya zaman sekarang, kita bisa membuat infografis dengan mudah menggunakan aplikasi editing instan yang banyak tersedia, misal Canva. MomBlogger Cupu sendiri saat ini sangat mengandalkan Canva dalam keseharian, soalnya mudah dan praktis. Cupuers suka pakai Canva juga nggak nih?

7. Meningkatkan Branding di Media Sosial

Ilmu terakhir yang juga harus dimiliki oleh seorang blogger pemula adalah bagaimana membangun branding di media sosial. Banyak teman-teman MomBlogger yang pengen terjun di dunia blogging, tapi tidak memiliki media sosial. Sedangkan mau tak mau, blogger tak bisa dipisahkan dari media sosial.

Selain bisa untuk sharing link blogpost terbaru, media sosial adalah tempat paling pas untuk membangun branding. At least, seorang blogger wajib aktif di salah satu media sosial dan tahu bagaimana melakukan optimasi blog di medsos tersebut.

7 ilmu newbie bloggers di atas hampir semuanya pernah MomBlogger Cupu dapatkan di SBO (Squad Blogger ODOP). Gimana mantap kan? Sub komunitas dari ODOP ini memang menjawab semua kebutuhan dari anggotanya. Senang banget deh bisa berkumpul dengan orang-orang yang selalu semangat belajar dan mau saling berbagi.

Kalian nggak pengen join SBO? Eits, kudu lulus dari ODOP dulu…

Kalau kata salah satu mentor parenting MomBlogger Cupu, “Selalu ada bedanya orang yang belajar dan tidak.” Terus apa hubungannya sama blogging?

Jelas ada dong!

Dengan terus belajar, update wawasan dan menguasai ilmu-ilmu dasar, Cupuers bisa lebih siap saat nyemplung ke dunia blogging. Tentunya ilmu newbie bloggers nggak boleh berhenti di sini. Harus terus diupgrade biar selalu naik kelas. Semangat belajar, Cupuers!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "7 Ilmu Newbie Bloggers yang Perlu Dikuasai"