Cara Gampang Memilih Niche Blog untuk Newbie Bloggers



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hi, cupuers.. Apa kabarnya di tahun double twenty? Semoga secantik tahun ini ya. Btw, MomBlogger Cupu barusan bikin status di Facebook untuk menggali kira-kira untuk para blogger pemula atau blogger wanna be, apa saja sih sebenarnya yang pengen dipelajari.

Ternyata, banyak yang berkomentar di status tersebut bahwa memilih platform dan niche blog adalah dua hal mendasar yang banyak bikin bingung. Baiklah, untuk membangunkan blog yang sudah lama tertidur ini. Izinkan aku berbagi tips untuk memilih niche blog buat teman-teman yang baru mau memulai ngeblog.

Apa itu Niche?


Sebelum panjang lebar ngobrolin tips, sebelumnya aku mau samakan persepsi dulu ya soal NICHE. Buat yang masih awam dan baru dengar istilah ini, secara sederhana, niche adalah tema sebuah blog. 




Memang harus ya blog bertema? Hmm, tergantung sih. Namun jika ingin belajar menjadi blogger profesional, maka aku harus bilang penting. Di awal bisa kok kita memulai blog yang memiliki banyak tema. Atau lebih kerennya disebut dengan lifestyle blog. Contohnya ya blog Marita’s Palace. Di situ momblogger cupu ngobrolin banyak hal, meski sebagian besar tentang parenting & keluarga, namun ada juga tentang beauty, traveling, tips dan sebagainya.

Blog-blog dengan tema lifestyle seringkali nggak banyak berhasil menembus first page di google. Namun jika kita nggak mengejar first page, lifestyle blog bisa jadi sangat efektif saat kita nyari job review. 

Kenapa lifestyle blog seringkali gagal? Karena orang-orang mencari info di internet hanya dengan satu alasan: untuk menyelesaikan masalah. Jenis masalah itu bermacam-macam, bisa jadi untuk menemukan hiburan, atau mungkin untuk menjawab pertanyaan tertentu secara tuntas. Nah, ketika pembaca mencari solusi untuk memecahkan masalah dan menemukan blog kita yang ternyata berisi beragam topik acak, maka pembaca akan merasa bukan ini blog yang kucari.




Beda ketika pembaca sedang butuh review produk kecantikan dan langsung ketemu dengan sebuah blog yang isi bahasannya tentang produk kecantikan. Aah mereka pasti seneng banget. Nggak perlu searching berulangkali, cukup stay di satu blog bisa dapat jawaban atas semua masalah yang dihadapi.

Beberapa niche blog yang populer antara lain beauty & fashion, traveling dan entertainment. Nah, jika teman-teman mengejar blog yang banyak dibaca, mungkin bisa memulai dengan niche blog di atas.

Niche bisa jadi mempersempit target pembaca kita, tetapi niche tersebut juga yang akan membuat mereka kembali. 

Tips Memilih Niche


Apakah semakin bingung menentukan niche? Baiklah cupuer, mari kita mulai geber tips dalam memilih niche.

Pertama, Pilih Sesuatu yang Kita Ketahui dan Cintai




Terdengar klise, tapi begitulah para suhu blogger menyampaikan tips tersebut. Memulai bercerita dari hal-hal yang kita cintai dan ketahui akan jauh lebih mudah dijalani. Kita tidak akan merasa terpaksa menulis, karena memang yang kita tulis hal-hal yang membuat kita berbinar-binar. Kita jadi lebih mudah meluangkan waktu untuk update postingan karena hal tersebut bisa jadi mood booster tersendiri.

Namun bukan berarti hal ini tidak ada sisi negatifnya. Di masa yang akan datang bisa jadi kita malah meninggalkan blog yang dibangun karena mulai kehabisan ide. Dan sesungguhnya saat mulai kehilangan ide bisa sangat terlihat jelas dalam tulisan-tulisan kita, bahkan pembaca pun bisa merasakan.

So, agar kebosanan tidak melanda.. kita bisa rehat beberapa waktu saat merasa tulisan kita mulai monoton. Lalu menulis sesuatu di luar niche yang biasa kita tulis, namun masih cukup berkaitan. Kita juga bisa meminta ide dari para pembaca blog, topik tulisan apa yang mereka cari.

Kedua, Jangan Asal Mengejar Profit




Ada seorang teman yang japri Momblogger, dia tanya “Duit dari ngeblog banyak ya mbak? Nulis buku dan nulis blog cepetan mana duitnya?”

Gedubrak. Sepertinya salah tanya deh. Mungkin kalau tanyanya ke peternak blog adsense bisa memberikan gambaran, tapi untuk MomBlogger Cupu sepertiku yang memang bikin blog karena suka nulis dan pengen sharing, cuma bisa mesem aja jawabnya.

Gini Cupuers, biasanya blog yang diawali hanya karena semata-mata untuk mencari duit. Di tengah perjalanan, kita pasti akan gampang kelelahan dan merasa nggak puas. 

“Duh, udah ngeblog lama kok gini-gini aja ya. Mana nih duitnya belum kelihatan, padahal udah milih niche blog yang populer lo.”

Kerugian ketika kita memulai blog dengan niche yang populer tapi tak benar-benar kita suka adalah kita semakin terengah-engah dalam prosesnya. Ilmu dan pengetahuan yang kita miliki tentang niche tersebut mungkin masih kurang, sehingga kualitas tulisan kita semakin turun tiap harinya. Ketika tulisan kita hanya ala kadarnya, ya jangan harap ada pembaca yang mau mampir ke blog.

Beda ketika kita menulis sesuatu yang kita suka, bahkan saat kita butuh tambahan referensi, kita dengan senang hati mencari sumber-sumber informasi dari sana sini, karena kita juga merasa membutuhkan info tersebut.


Ketiga, Temukan Passion Kita!




Untuk bisa menemukan passion, kita bisa memulai dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa hobi kita?
  • Bagaimana biasanya kita menghabiskan waktu luang?
  • Apakah satu topik yang bisa kita bahas berjam-jam dengan teman atau pasangan?
  • Mata pelajaran apa yang dulu sangat kita nikmati di sekolah menengah atau perguruan tinggi?
  • Apa yang kita suka baca dan pelajari?
  • Jika kita dapat melakukan satu hal seumur hidup tanpa menghiraukan gaji, apa yang akan dilakukan?

Masih tidak yakin? Yuk, kita cobalah berlatih dengan hal ini:




Mulailah dengan insting pertama. Misal kayanya cocok nih nulis tema parenting. Setelah itu buat daftar 10 gagasan artikel blog untuk tema tersebut. Jika kita tidak dapat menghasilkan 10 ide, maka parenting mungkin bukan niche yang pas untuk kita. Jika berhasil mendapatkan 10 gagasan, tetapi ternyata kita tak benar-benar bahagia saat menuliskan gagasan tersebut menjadi sebuah artikel utuh, maka ada baiknya mempertimbangkan niche yang lain.

Jika 10 ide itu terlihat cukup bagus, pertimbangkan untuk menulis 10 gagasan itu menjadi artikel yang utuh, tanpa harus diterbitkan dulu. Ketika kita merasa sulit untuk menyelesaikan 10 artikel pertama tersebut dan sudah merasa ngeri pada ide lainnya, maka niche itu mungkin tidak tepat untuk kita. Jangan merasa hal ini konyol dan buang-buang waktu. Karena dengan tes kecil ini, kita justru bisa tahu bahwa kita tidak akan membuat blog yang yang hanya akan kita abaikan nanti.

Bagaimana jika kita menemukan kebahagiaan dan semangat yang luar biasa setelah selesai mengembangkan 10 ide tersebut menjadi artikel yang utuh? Maka bisa jadi itulah niche yang tepat untuk kita jalani. Berita bagusnya, kita sudah punya 10 konten yang siap diterbitkan di blog. Tinggal dibikin saja nih blognya setelah ini! 




Wah, kok ribet ya mau mulai ngeblog aja? Hmm, nggak juga sih. Kalau mau gampang.. bisa pakai cara yang Momblogger Cupu dan teman-teman personal blogger biasa lakukan. Buat saja di awal sebuah lifestyle blog di mana kita bebas menulis apa saja. Entah itu yang kita sukai ataupun sekedar mengikuti pasar.

Perlahan nanti kita akan menemukan kok niche yang paling klik di hati. Setelah itu baru deh kita berkembang membuat blog baru dengan niche yang lebih spesifik. Misal kaya MomBlogger Cupu nih, selain Marita’s Palace juga buat blog ini untuk berbagi tips sederhana yang mudah dipahami buat para blogger pemula. 

So, jangan bingung. Yang penting adalah MULAI SAJA TANPA NANTI dan TANPA TAPI. Insya Allah kalau niat kita udah kuat, akan selalu ada jalan untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Happy blogging, cupuers.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



Referensi:

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

2 comments for "Cara Gampang Memilih Niche Blog untuk Newbie Bloggers"

  1. Waahh! Tips bermanfaat nih mbak bagi saya yang baru belajar ngeblog jadi tahu cara menentukan Niche yang baik untuk blog. Thanks mbak sudah berbagi.😄😄

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah,,, manfaat banget Mbak Marita...

    Jadi merenung lagi nih. Blognya Penenun masuk ke mana ya. 🤔🙈

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi, cupuers. Makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan, tapi jangan dikasih link hidup ya. Taratenkiu.


Regards,


Momblogger Cupu