9 Bumbu untuk Meracik Artikel yang Enak Dibaca



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Senang rasanya MomBlogger Cupu bisa kembali menyapa Cupuers kesayangan. Fyi, mulai hari ini, Blogpedia tidak hanya akan berbagi tutorial blogging sederhana. Namun juga akan mencoba berbagi tips-tips menulis, terutama terkait menulis konten blog. Kira-kira cupuers kesayangan mau nggak ya baca-baca tips menulis dari MomBlogger Cupu?

Sama halnya dengan tutorial blog sederhana yang MomBlogger Cupu bagikan di sini. Tips-tips menulis yang MomBlogger bagikan pun sebisa mungkin juga sederhana dan mudah dipahami serta dipraktekkan. Sudah siap untuk tips pertamanya?


Tips Menulis Artikel yang Enak Dibaca

Menulis konten yang keren adalah sebuah pilihan. Kita bisa memilih untuk menghabiskan waktu dengan menulis konten yang berkualitas dan bermanfaat baik bagi diri sendiri ataupun untuk orang lain. Atau kita justru memilih jalan yang mudah dengan menulis konten yang asal-asalan; yang penting update tapi tidak memikirkan bobot artikelnya. Jika cupuers memilih cara yang kedua maka hanya akan membuang-buang waktu, energi dan sumber daya.

Mengapa kita perlu sebuah konten yang baik? Jawabannya sudah sangat jelas. Selain untuk meningkatkan peringkat SEO, mendapatkan traffic untuk blog kita dan syukur-syukur bisa melejitkan usaha yang kita geluti.

Jika cupuers menulis konten secara original, mesin pencari akan membantu situs kalian mendapatkan lebih banyak perhatian. Misalnya, Google telah membuat aturan jelas bahwa mereka tidak suka dan akan menghukum situs yang hanya berisi konten-konten duplikasi. Dengan kata lain, Google sangat menghargai situs berkualitas tinggi yang mengandung konten asli. Jadi konten yang keren tidak hanya akan membuat website kita jadi lebih baik, namun juga meningkatkan peringkat situs, yang dapat memiliki dampak yang sangat positif pada bisnis kita .

Apapun alasan cupuers untuk menulis konten, apakah itu untuk bisnis atau hobi pribadi, penting untuk melakukannya dengan benar. Berikut ini MomBlogger Cupu akan berbagi tips tentang bagaimana menciptakan artikel yang keren dan enak dibaca.

Mari kita lihat bumbu-bumbu apa sajakah yang wajib kita sediakan untuk "memasak" sebuah artikel yang keren.

1. Buat Konten Asli

Seperti disebutkan, konten asli akan mendekatkan Google dan pengunjung blog kita. Menyalin konten orang lain akan menghasilkan hukuman dari Google, yang dapat menghancurkan bisnis yang kita bangun.

Konten asli juga berarti tentang orisinalitas. Ide kita harus asli! Mengulangi konsep yang sama atau posting sesuatu yang sejenis di lain situs di waktu yang berbeda tidak bisa dikatakan orisinal.

Berikut ini beberapa pemikiran dari pemilik-pemilik situs yang seringkali merusak orisinalitas sebuah artikel:

"Kita kan perlu banyak konten untuk situs ini, jadi mari kita pikirkan bagaimana dapat melakukan ini dengan mudah dan semurah mungkin?"
"Mari kita cari content writer yang mau dibayar murah untuk menulis konten filler!"
"Boleh nggak ya kita mengumpulkan artikel dari web-web lain dan meminta izin untuk kembali memposting artikel mereka?"

HENTIKAN PIKIRAN-PIKIRAN TERSEBUT!


Ingat dua aturan dalam kehidupan;

"Kita hanya akan mendapatkan apa yang sudah kita bayar."
"Jika kita tidak memiliki sesuatu yang berguna untuk dikatakan, maka jangan katakan sama sekali."

Kedua poin sederhana tersebut akan membuat cupuers bertahan untuk terus membuat konten berkualitas yang akan menghasilkan keuntungan di tahun-tahun mendatang.

2. Fokuslah pada Judul yang Menarik

Sebuah judul yang baik memicu minat dan mengajak pembaca untuk mengunjungi situs kita. Sebuah penelitian menyatakan bahwa 80% orang akan membaca judul di blog kita, tapi hanya 20% yang akan membaca seluruh konten yang kita buat! Itulah sebabnya judul sama pentingnya dengan isi artikel itu sendiri.

3. Buatlah Konten yang Bisa Dipraktekkan

Apa posting blog terakhir yang teman-teman tulis? Apakah artikel tersebut mampu saran kepada pembaca tentang sesuatu hal?

Konten yang baik sejatinya harus mampu membuat pembaca mudah menerapkan informasi tersebut. Orang membaca non-fiksi dengan tujuan untuk belajar dan menjadi lebih baik. Maka bantulah pembaca untuk melakukan hal tersebut.

4. Mampu Memberikan Jawaban

Ketika orang menggunakan mesin pencari, yang mereka akhirnya inginkan adalah jawaban, dan itu tugas mesin pencari untuk memberikan jawaban itu.

Ini sama ketika orang membaca sebuah artikel di blog atau situs tertentu, melihat sebuah infografis atau menonton video - mereka mendapat sebuah jawaban sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan. Tip tambahan di sini adalah: orang tidak hanya ingin jawaban, mereka ingin jawaban cepat. Sehingga sangat penting untuk membuat kontent kita mudah dan enak dibaca sehingga orang dapat mengambil pokok permasalahannya dengan cepat.

Untuk bisa menghasilkan artikel yang demikian, banyaklah membaca judul dan subjudul dari buku non-fiksi atau artikel. Pembaca berkeinginan menuntaskan isi dari sebuah artikel karena mereka memiliki rasa keingintahuan. Maka tugas penulis adalah memberikan jawaban dan memiliki informasi pendukung untuk memuaskan rasa ingin tahu tersebut.

5. Berikan Sumber yang Akurat

Pikirkan tentang hal ini: misalnya kita menulis sebuah artikel untuk blog perusahaan, ribuan orang membacanya, dan sebagian dari apa yang kita tulis ternyata tidak akurat. Dapatkah kita membayangkan bahwa hal ini dapat menurunkan citra perusahaan dan reputasi pribadi kita? Perlu diingat, blog kita adalah refleksi dari perusahaan/ self branding. Jika ada masalah dengan blog, hal itu berdampak pada bagaimana orang melihat produk kita. Sangat penting bahwa setiap statistik yang kita sampaikan dapat diverifikasi keakuratannya.

6. Ajak Pembaca Terlibat

Semakin banyak komentar pada sebuah artikel berarti banyak pembaca yang terlibat di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengajak penonton terlibat tentu saja dengan membuat konten yang menarik. Itu semua dimulai dengan apa yang kita tulis. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kita menulis konten menarik:

  • Meninggalkan pembaca dengan pertanyaan. Ini bukan berarti memiliki posting yang tidak lengkap, melainkan dengan memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang membuat pembaca merenungkan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan yang telah kita bagikan.
  • Memiliki pendahuluan yang penting dan menjanjikan. Pernah bertanya-tanya seberapa cepat orang membuat penilaian tentang posting blog? Kebanyakan orang mungkin memutuskan dalam beberapa kalimat pertama jika postingan tersebut layak dibaca. Maka buatlah kalimat pertama yang menarik, misal tentang mengapa mereka harus peduli dan apa yang akan kita bahas pada postingan tersebut. Buat mereka tertarik untuk membacanya.
  • Orang selalu suka kisah-kisah menarik. Kita dapat menggunakan sebuah anekdot dalam kalimat awal pada artikel blog. Cerita juga dapat membantu memperjelas arah isi artikel yang akan kita buat. Cuplikan kisah akan membuat artikel lebih menarik dan juga dapat membantu pembaca belajar.
  • Tip akhir tentang hal ini: semakin kita memberikan konten yang memicu banyak komentar, mesin pencari akan melihat bahwa artikel kita penting dan sedang diperbarui secara teratur. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk mendongkrak traffic blog.

7. Tambahkan Gambar dan Video

Kita tentunya tahu bahwa orang belajar dengan cara yang berbeda. Beberapa orang belajar lebih baik dengan melihat, sementara yang lain belajar lebih baik dengan pendengaran. Oleh karena itu lengkapi konten blog dengan gambar dan video yang menunjang isi artikel. Gambar dan video selain akan membuat artikel lebih menarik, juga akan memberikan keakuratan terhadap apa yang kita tulis.

8. Pendek dan Penuh Poin

Tulisan yang baik bukan tentang seberapa panjang artikel kita. Yang paling penting adalah bagaimana menyajkan sebuah informasi yang lengkap, tidak sepotong-sepotong dan menarik untuk dibaca hingga tuntas. Tahukah teman-teman bahwa menulis dalam jumlah kata yang sedikit namun informatif justru jauh lebih sulit daripada menulis dengan jumlah kata yang banyak tapi hanya mengulang-ulang hal yang sama.

9. Keep Updating Your Blog

Memulai sebuah blog atau website adalah komitmen. Jika kita memiliki blog atau situs konten, itu artinya kita perlu memperbarui secara teratur dengan konten yang baik dan menarik. Banyak situs konten terbaik secara teratur diperbarui. Situs yang posting lebih sering memiliki traffic pengunjung:yang lebih baik.Maka usahakan untuk menulis artikel yang unik setiap harinya, atau setidaknya dua kali dalam seminggu.

Jangan lupa setiap kali teman-teman hendak mempublikasikan artikel, cek kembali apa yang telah ditulis. Tanyakan pada diri sendiri:
Apakah ada manfaat yang bisa kita ambil dari postingan ini?
Apakah kita telah memberi pembaca informasi terbaik?
Apakah postingan ini telah tuntas dan tidak menimbulkan kebingungan pembaca?

Dengan menyiapkan 9 bumbu tersebut, semoga teman-teman cupuers bisa terus menghasilkan konten yang menarik dan berbobot. Jika teman-teman masih kesulitan untuk "memasak" artikel yang baik, Blogpedia dengan senang hati akan membantu lo.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat. Sampai jumpa!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "9 Bumbu untuk Meracik Artikel yang Enak Dibaca"