Cara Merubah Favicon di Blogspot



Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Hi, cupuers. Apa kabar? Maaf ya, baru bisa menyapa lagi nih. Hari ini momblogger cupu ini mau berbagi tips yang gampil-gampil dulu deh. 

Bagaimana Cara Merubah FAVICON?

Wuiss, kok langsung berkernyit gitu sih keningnya? Ooo, kepo yang mana itu favicon? Yang begini ini lo, cupuers.

cara merubah favicon di blogspot blogger

cara merubah favicon di blogspot facebook


Kalau kata akang Wikipedia sih begini;

A favicon /ˈfæv.ɪˌkɒn/ (short for favorite icon), also known as a shortcut icon, website icon, tab icon, URL icon, or bookmark icon, is a file containing one or more small icons,[1] associated with a particular website or web page. A web designer can create such an icon and upload it to a website (or web page) by several means, and graphical web browsers will then make use of it. Browsers that provide favicon support typically display a page's favicon in the browser's address bar (sometimes in the history as well) and next to the page's name in a list of bookmarks. Browsers that support a tabbed document interface typically show a page's favicon next to the page's title on the tab, and site-specific browsers use the favicon as a desktop icon.
Or singkatnya favicon itu gambar ikon yang merepresentasikan sebuah webpage atau url gitu deh. Jadi setiap webpage biasanya punya favicon sendiri-sendiri, misal google punya favicon lambang G, Facebook dengan lambang F, sementara blogspot alias blogger punya lambang B.


cara merubah favicon di blogspot google


cara merubah favicon di blogspot wordpress

Nah, ternyata favicon di blogspot ini bisa diubah lo. Jadi biar favicon blog kita berbeda dengan blog lainnya, kita bisa ganti gambarnya sesuai dengan yang kita mau. Caranya pun gampang kok, syaratnya cuma dua; gambar untuk favicon harus berbentuk square image. Maksudnya ukurannya harus persegi, misal 500 x 500 pixel atau 356 x 356 pixel. Selain ukuran pixelnya yang harus sama, ukuran gambarnya pun tidak boleh lebih dari 100 kb. Yup, kecil banget kok. Kan emang favicon cuma kelihatan seuprit di ujung atas hehe.

Kalau cupuers sudah punya gambar yang memenuhi dua syarat tersebut. Saatnya kita belajar mengganti favicon blog kita.


Step 1: Masuk ke bagian layout/ tata letak.

Buat yang sudah pakai dashboard blogger baru, letak favicon berubah di bagian setting - basic. Jadi kalau mau ubah di sebelah sana ya. 

cara merubah favicon di blogspot klik layout


Step 2: Lihat di bagian atas sendiri layout, tertera box dengan tulisan favicon. Klik edit.

cara merubah favicon di blogspot upload square image

Step 3: Akan muncul pop up window yang mempersilakan kita mengunggah gambar yang kita mau. Ingat ya dua syarat di atas; square image dan tidak lebih dari 100 kb. Klik pada gambar yang mau diunggah, klik open.

cara merubah favicon di blogspot pilih square image


Step 4: Ketika gambar sudah terunggah, akan terlihat logo favicon berubah. Klik save.

cara merubah favicon di blogspot done

Step 5: Taraaa… favicon blog kita sudah berubah deh. Jangan lupa save arrangement dan refresh blog kita. 

cara merubah favicon di blogspot sudah tampil

Gampang kan, cupuers? Semoga bermanfaat ya, dan selamat berkreasi. Jadilah beda dengan favicon barumu. Sampai jumpa di artikel-artikel ringan lainnya ya! Keep blogging, keep sharing!

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

2 comments for "Cara Merubah Favicon di Blogspot"

  1. Nah ini paham, tapi bingung mau dikasih icon kayak apa. Ada saran kah?

    ReplyDelete
  2. Mbk marita... "teras, tentang blogpedia'' itu namanya apa Kak?
    kalau mau mengubah dimenu apa ya...
    Boleh request?
    tutoriall Mbk Marita mengatur blogpedia bisa secakep ini...hehe
    makasih mbk...

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi, cupuers. Makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan, tapi jangan dikasih link hidup ya. Taratenkiu.


Regards,


Momblogger Cupu