Loading...
Search

Cara Mendaftar Google News untuk Blogspot, Bikin Artikel Gampang Terindex!

caracmendaftar google news
Semakin banyak yang penasaran gimana sih cara mendaftar Google News untuk Blogspot. Hal itu dikarenakan banyak suara-suara yang menyatakan kalau Google News ini bisa bikin artikel gampang terindex. Bener nggak sih?

Mengapa Perlu Mendaftar Google News?

MomBlogger Cupu kenal Google News pertama kali lewat kelas Adsense-nya Mas Alex. Selama ini tahunya Google News ini hubungannya sama web-web media gitu. Namun ternyata kata Mas Alex, dengan mendaftarkan blog kita ke Google News, bisa membantu artikel lebih cepat terindex oleh Google.

Tahu sendiri kan selama ini untuk mempercepat indexing biasanya kita butuh melakukan inspeksi URL di Google Search Console (GSC)? Itu pun kadang masih butuh proses lama. Belum lagi kalau tiba-tiba ada kesalahan pengalihan dan error-error lainnya. Sedih banget nggak sih?

Nah, dari pengalaman MomBlogger Cupu nih, sejak mendaftarkan blog ke Google News, artikel memang benar lebih cepat terindeks. Bahkan sekarang udah jarang banget melakukan inspeksi URL di GSC. Karena alhamdulillah, seringnya saat ngecek di GSC, udah terindeks. Mayan banget lah menghemat waktu.

Cukup ribet di awal, tapi ke depannya nanti jadi lebih mudah. Buat yang penasaran gimana sih caranya mendaftar Google News untuk blogspot, lanjutkan bacanya yuk.

Tahapan Mendaftar Google News untuk Blogspot

Sebelum memulai tahapan pendaftaran Google News buat Blogspot, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Pertama, masuk ke Google Analytics. Lalu cuzz ke bagian admin, pilih property dan info pelacakan. Lalu copas kode pelacakan. Simpan dulu kodenya di notepad.

tutorial mendaftaar google news

Kedua, siapkan gambar logo blog dalam file PNG dengan bentuk Square/ kotak, ukuran 512×512. Selain itu juga gambar yang sama tapi ukurannya 200×200.

Jika semua printilan di atas sudah siap, cuzz yuk kita mulai langkah-langkah berikutnya.

  • Masuk ke Google News dan buat akun.
  • Jangan lupa email yang didaftarkan Google News harus sama dengan yang digunakan pada saat mendaftar GSC.
  • Pilih add publication, lalu isi Publication Name dengan nama blog, Primary Website Property dengan url blog, Location pilih negara kita, dan jangan lupa ada checkbox dicentang. Lalu klik Add Publication.
  • Nanti kita akan dibawa ke halaman seperti ini. Klik di bagian Google News. Ada tiga tab yang harus disempurnakan setelannya; General, Content Setting dan Review & Publish.
membuat akun di google news
mengisi google news untuk indexing cepat

Pada bagian General, isi Publication Description dengan deskripsi blog, lalu pilih Publication Category sesuai jenis kategori blog atau yang paling mendekati.

Pilih Distribution Worldwide dan Google Properties pilih yang All Properties. Di bagian Tracking, isikan kode pelacakan Google Analytics yang tadi udah disimpan di notepad.
mengisi form google news dengan kode google analytics
mengisi tab content google news dengan rss feed

Kalau udah klik save dan next. Saatnya beralih ke tab Content Setting. Pada bagian New Section, di bagian Title isi nama blog, lalu di bagian RSS, pilih feed RSS yang ada di GSC.

Contoh RSS yang kek gini ya, untuk yang masih bersubdomain di blogspot (tinggal sesuaikan dengan urlnya masing-masing ya): https://poiljasa.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss. Kalau yang sudah dot com, kek gini: https://polijasa.com/feeds/posts/default?alt=rss.

Pada bagian Access Group, masukkan email. Jangan lupa save dan klik next.

cara review google news
edit settingan google news

Pada tab yang terakhir, Review & Publish, kita akan diperlihatkan apa saja yang harus diperbaiki dalam setelan Google News yang baru saja diperbuat. Perbaiki semua yang masih ‘review’ hingga nanti semua setelan sudah dianggap benar oleh Google.

Caranya cukup klik tulisan ‘review’, nanti kita akan diarahkan ke bagian-bagian yang masih harus dibenarkan setelannya.

Biasanya yang minta disempurnakan setelannya; memasukkan gambar logo, memilih bahasa, verifikasi url blog di GSC, dll.

cara setting artikel di google news
klik publish dan review google news

Yang paling akhir butuh direview adalah di bagian section. Yaitu saat Google News butuh proses untuk meng-crawl artikel-artikel terbaru di blog kita.

Biar muncul caranya gimana? Refresh terus saja sampai artikel-artikel itu muncul. Ya biasanya lima menitan lah nanti artikelnya bisa muncul semua, wkwk.

Kalau artikelnya udah muncul, klik save lalu balik lagi ke tab Review & Publish. Nantinya kalau udah nggak ada yang perlu direview, kita akan dikasih pilihan untuk Publish Publication yang sudah kita buat.

cara indexing artikel cepat dengan google news

Apakah akan langsung publish? Tentu tidak. Jika Publication kita masih berketerangan “in review”, artinya Google masih melakukan peninjauan terlebih dahulu.

Namun jika Publication kita sudah tertera “Live”, artinya Publication kita udah siap membagikan artikel-artikel kita setiap kali diterbitkan di blog. Dan saatnya menikmati artikel-artikel yang bisa terindex dengan lebih cepat.

Masih bingung dengan penjelasan MomBlogger Cupu? Lebih lengkapnya Cupuers bisa nonton video dari mas Alex Alfand berikut ini ya:

Semoga membantu dan selamat mendaftar Google News untuk Blogspot!***

8 Replies to “Cara Mendaftar Google News untuk Blogspot, Bikin Artikel Gampang Terindex!”

  1. Skidson says: January 14, 2022 at 7:30 am

    speak now on the great fantasy game [Link deleted]

  2. Skidson says: January 14, 2022 at 7:34 am

    join now on the awesome fantasy mmorpg [Link deleted]

  3. Skidson says: January 14, 2022 at 7:34 am

    speak now on this fantastic multiplayer game <a href="[Link deleted]

  4. Skidson says: January 14, 2022 at 7:34 am

    socialize now on this amazing fantasy game [Link deleted]

  5. Skidson says: January 14, 2022 at 7:35 am

    come now on this awesome fantasy mmorpg [Link deleted]

  6. Skidson says: January 14, 2022 at 7:36 am

    register now on this amazing flash game [Link deleted]

  7. Skidson says: January 14, 2022 at 7:38 am

    speak now on this fantastic multiplayer game <a href="[Link deleted]

  8. Skidson says: January 14, 2022 at 7:42 am

    register now on the amazing fantasy game <a href="[Link deleted]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*