8 Manfaat Komunitas Blogger, Wajib Gabung Squad Blogger ODOP

manfaat komunitas blogger
Apa sih manfaat komunitas blogger? Setelah memiliki blog, bergabung dengan komunitas blogger adalah salah satu cara yang perlu kita lakukan untuk mempromosikan blog. Beberapa orang mungkin melakukannya lewat media sosial, lainnya bisa jadi menginvestasikan banyak biaya untuk digital marketing agar optimal ditemukan dalam mesin pencari. 

Tentu saja promosi lewat media sosial dan mesin pencari adalah hal bagus, sayangnya tidak ada jaminan pasti apakah promosi tersebut berjalan dengan maksimal. Oleh karenanya bergabung dengan komunitas blogger bisa menjadi penguat sarana promosi blog kita.
Komunitas blogger adalah jejaring sosial tempat para blogger dapat berinteraksi dan saling membantu mencapai tujuan mereka. Ada banyak komunitas blog, namun hanya sedikit yang cukup tulus untuk membantu kita.
Berikut ini adalah delapan manfaat komunitas blogger:

1. Support Group

Bergabung dengan sebuah support group dapat sangat membantu ketika kita baru memulai nyemplung di dunia blog. Teman-teman dalam komunitas blog adalah narasumber yang tepat untuk meminta beberapa saran tentang bagaimana meningkatkan kapasitas blogging kita. 

Terkadang, para Cupuers dalam perjalanan ngeblognya akan mengalami kesulitan. Komunitas akan mampu mendorong kita untuk terus melakukan apa yang sedang dilakukan sampai kita benar-benar menguasai seni ngeblog.

2. Kritik Membangun

Komunitas blog pada akhirnya bisa menjadi tempat berbagi pengetahuan tentang peluang dan info-info terkait blogging. Jika Cupuers ingin meningkatkan kualitas ngeblog, teman-teman di sebuah komunitas blog akan selalu mampu memberikan kritik yang jujur dan konstruktif untuk menunjukkan beberapa ketidakkonsistenan dan kekurangan dalam proses blogging kita.

3. Persahabatan

Di dalam komunitas, kita dapat berinteraksi dengan sesama blogger. Sebuah hal yang wajar untuk mengembangkan persahabatan dan hubungan yang dalam. Biasanya, teman-teman di komunitas blog akan menyumbangkan ide postingan atau malah saling menjadi Guest Post di blog masing-masing. Kita juga bisa saling membagikan postingan blog di platform media sosial masing-masing.

4. SEO

Link building merupakan bagian yang tak bisa ditinggalkan saat proses optimisasi mesin pencari (SEO). Saat kita telah mengembangkan hubungan dengan sesama blogger di komunitas, kita dapat mendorong teman-teman blogger untuk saling menautkan postingan satu sama lain. Tautan masuk dan keluar membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web kita. Tentu saja hal ini juga akan membantu meningkatkan rank blog kita di mesin pencari.

5. Peningkatan Lalu Lintas

Sebagai sebuah support group, komunitas blog bisa membantu kita untuk meningkatkan jumlah pembaca. Bagaimana caranya? Sederhana saja. Pada dasarnya rekan-rekan blogger kita akan mempromosikan blog dengan sukarela ketika mereka menyadari kualitas blog dan ada rasa saling terkait. Kedua, strategi link building akan memungkinkan kita untuk meningkatkan peringkat, sehingga meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

6. Belajar Banyak Keahlian

Komunitas blogging juga menjadi jalan bagi kita untuk terus belajar. Bahkan lewat komunitas tidak hanya bisa membuat kita belajar satu topik, tapi juga mencakup semua jenis topik, tergantung dengan beragam passion para anggotanya. 

Lewat komunitas blog, kita bisa saja belajar tentang mode, politik, olahraga, budaya pop, keuangan, desain rumah, dll. Keragaman keahlian yang ada di dalam sebuah komunitas ini memungkinkan kita mendapat ide tulisan dan bahkan bisa menemukan passion lain di dalam diri.

7. Lebih Banyak Pendapatan

Manfaat terpenting lainnya yang bisa didapat dari bergabung dengan komunitas blog adalah peningkatan pendapatan. Saat kita meningkatkan traffic blog, maka hal tersebut akan memperbesar peluang bagi blog untuk untuk mendapatkan peningkatan pendapatan. 

Selain itu, komunitas blog juga membantu kita meningkatkan kredibilitas yang akan membantu blog menghasilkan ‘pundi-pundi emas’ lebih banyak. Kok bisa? Karena dengan meningkatnya kredibilitas kita sebagai blogger, akan banyak klien, entah itu agency, perusahaan atau organisasi yang mau bermitra dengan kita.

8. Branding

Terakhir, ada banyak hal yang bisa dibanggakan ketika kita menjadi bagian dari komunitas blogger. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita sebagai seorang blogger dan akan meningkatkan personal branding.

Squad Blogger ODOP
credit by Maftuha sanguinis07.com

Nah, dari 8 manfaat komunitas blogger di atas, aku sudah mendapatkan semuanya dari Squad Blogger ODOP (SBO). Bahkan nama Blogspedia saja hasil dari bergabung dengan SBO. Spesial buat mbak Lulu, makasih banget buat nama yang kece ini.

Jadi nggak ada kalimat yang lebih pantas kuucapkan selain;
Terima kasih telah menjadi tempat tumbuh ternyaman, Squad Blogger ODOP.
Semoga kebersamaan ini tidak berhenti di sini. Mari bertumbuh bersama lebih besar, lebih kuat dan lebih konsisten lagi dan lagi. Terima kasih semuanya! Happy blogging…
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "8 Manfaat Komunitas Blogger, Wajib Gabung Squad Blogger ODOP"