Tentang Blogspedia

tentang blogspedia

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Blog ini dibuat oleh seorang momblogger yang levelnya masih cupu, namun sok-sokan ingin berbagi panduan dan tips blogging mudah untuk para pemula. Dilatarbelakangi adanya beberapa pertanyaan dari teman-teman pemilik blog yang ingin tahu bagaimana caranya ngeblog, kalau mau ngeblog harus mulai dari mana, blog yang bagus pakai apa ya, dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Maka momblogger cupu ini memberanikan diri untuk mengumpulkan informasi yang diketahuinya dalam satu blog agar mudah diakses oleh teman-teman.

Blogspedia akhirnya menjadi nama yang momblogger cupu sematkan untuk blog ini. Terima kasih untuk mbak Lulu Musthofia atas idenya. Awalnya saat membuat blog ini di akhir tahun 2018, rada bingung memilih nama yang singkat tapi orang langsung ngeh dengan maknanya. Yang terbersit saat itu hanyalah "Yuk, Ngeblog!" Ya, karena blog ini dibuat untuk mengajak teman-teman yang pengen ngeblog tapi masih ragu-ragu memulainya. Atau buat yang sudah ngeblog, tapi takut ngutak-atik blognya.

Kenapa akhirnya Tidak Lagi Menggunakan Nama Yuk, Ngeblog? 


dari yuk ngeblog ke blogspedia

Karena pada akhirnya bisa menemukan kata yang pas, singkat dan sepertinya mudah diingat, namun tetap memiliki ruh untuk mengajak para newbies agar semangat dalam belajar ngeblog.

Blogspedia jika dijabarkan maka memiliki makna blogs ensiklopedia. Berharapnya nanti blog ini bisa membantu teman-teman newbies yang kesulitan dan bingung mengenai istilah-istilah blogging, dengan membaca artikel-artikel di Blogspedia bisa tercerahkan.

So, buat para pembaca Blogspedia, jika punya ide atau pertanyaan terkait dunia blogging dan pengen dibuatkan artikelnya, cuzz bisa drop di kolom komentar ya. Insya Allah akan momblogger cupu masukkan ke dalam daftar postingan-postingan berikutnya.

Apa yang Membedakan Blogpedia dengan Blog Tutorial Lainnya?


blogspedia niche

Momblogger cupu sadar banget di luar sana sudah banyaaaaak sekali blog-blog tutorial tentang blogging bertebaran. Bahkan kebanyakan pemilik blog tutorial adalah para mastah yang jam terbangnya sudah nggak diragukan lagi. Lalu apa dong yang memberanikan momblogger cupu membuat blog ini?

Masih jarang di luar sana tutorial blogging yang disusun dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh para pemula, khususnya para emak yang rada-rada mumet kalau baca bahasa-bahasa teknis. Pengennya Blogpedia bisa menyentuh para newbies, yang kadang sudah baca sekian ratus tutorial tapi masih belum bisa cara mempraktekkannya.

Alasan Memilih Niche Blogging

Sebagaimana pernah momblogger tuliskan di artikel Bingung Memilih Platform Blog, ada 4 hal yang mendasari mengapa niche blogging menjadi fokus dari Blogpedia:

1. Karena Blogging Membuatku Berbinar


blogspedia sumber binar mataku

Blogging adalah escape buat momblogger, semacam me time yang bisa menaikkan level baterai kehidupan yang sedang ngedrop menjadi tambah isinya, So, saat lagi bad mood, bete, atau galau, blogging bisa memberikan suntikan semangat buat momblogger.

Ngutak-atik segala hal terkait blogging bisa meningkatkan happiness level yang tiada duanya. That's why momblogger pengen berbagi happiness ini ke para cupuers, pembaca blog ini. Biar happy-nya nggak sendirian...

Seperti yang sudah momblogger ceritakan juga di artikel Memilih Niche, bahwa sebaiknya kita pilih niche yang kita sukai. Agar saat menulis lebih ngalir dan dalem. Dengan memilih niche yang kita sukai, kita juga jadi lebih semangat saat updating blog, nggak ada rasa terpaksa dan beban, karena memang sudah suka duluan.

Btw, momblogger sudah buat video lo di Youtube Channel tentang hal ini, mau lihat?


Kalau dirasa video tutorial blogging sederhana di atas memang bermanfaat, dukung aku untuk terus konsisten membuat video-video sejenis ya. That's why jangan lupa untuk like, subscribe dan comment ya, cupuers. Hehe.

2. Karena Blogging Itu Kaya!

Maksudnya di sini bukan blogging bisa bikin kaya. Hmm.... bisa sih kalau udah mastah macam Neil Patel atau Mas Sugeng, hehe. Namun untuk menuju ke sana kan juga butuh proses yang nggak instan, beserta segala jatuh bangun yang nggak mudah.

Buatku sendiri kalaupun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blogging, hal tersebut adalah bonus. Meski nggak nolak juga sih kalau nanti jadi kaya dari ngeblog, wkwk.


manfaat blogging dan blogspedia

Intinya begini untuk bisa meningkatkan level kecupuan momblogger menuju level mastah ada banyak hal yang harus dipelajari, dikulik dan diutak-atik. Dari setting SEO on page dan off page, belum lagi bagaimana bikin artikel yang bisa diindex di mesin pencari, sampai cara installing template. Pokoknya masiiih banyak lagi hal yang kudu dipelajari dan bisa melahirkan ide-ide tulisan untuk blog ini.

Nah, Blogspedia ini menjadi sarana belajar sekaligus berbagi. Karena tipe belajarnya momblogger ini learning by doing and sharing. Kayanya lebih semangat gitu kalau sedang mempelajari sesuatu, sembari mempraktekkan, juga membagikannya kepada yang membutuhkan.

3. Sebagai Dokumentasi Belajar

Seperti yang disampaikan di poin kedua, bahwa tipe belajarnya momblogger ini sambil menyelam minum air, hehe. Sambil belajar tapi juga pengen berbagi tentang hal yang sudah dipelajari dan dipraktekkan langsung. Momblogger ini sering banget punya pengalaman habis ngutak-atik kode, habis ganti warna, habis bikin ini itu, tapi lupa nggak dicatat langkah-langkahnya.


blogspedia sebagai sarana dokumentasi belajar

Lalu saat ada teman-teman yang minta diajari hal-hal tersebut, momblogger lupa caranya bagaimana. Nah, Blogspedia ini salah satu alasan dibuatnya karena hal ini. Sebagai dokumentasi tentang apa saja yang sudah pernah dipelajari dan dipraktekkan, sehingga saat nanti ada teman-teman yang membutuhkan, momblogger nggak kebingungan ngajarinnya.

Soalnya sering banget HP momblogger penuh karena kebanyakan skrinsut saat ada teman yang minta diajarkan beberapa hal, wkwk. Nah, kalau semua tutorial yang sudah pernah dilakukan ada di Blogspedia, momblogger kan tinggal kasih link aja. Lebih mudah dan simple kan? Lagipula ada kalanya momblogger nggak bisa fast response untuk menjawab pertanyaan teman-teman yang japri. Jadi diharapkan Blogspedia bisa mewakili kehadiran momblogger untuk memberikan jawaban-jawaban yang dibutuhkan.

4. Spesial Buat Kalian yang Pengen Belajar tapi Malas atau Bingung Googling!


blogspedia membantumu tanpa googling

Banyak banget yang pengen belajar ngeblog tapi malas googling. Padahal tutorial blogging itu bejibun sekali di mesin pencari. Ataupun kalau nggak malas, biasanya karena bingung saking banyaknya tutorial bertebaran ya. Nah, semoga dengan hadirnya Blogpedia... teman-teman mah nggak usah blogging kalau butuh informasi terkait ngeblog dan hal-hal terkait dengannya. Ingat saja Blogpedia dan langsung meluncurkan ke sini, hehe.

Ada Apa dengan Cupuers?

Momblogger selalu pengen memberikan panggilan kesayangan untuk para pembaca blog. Kalau di blog utama, momblogger menggunakan kata sapaan Pals yang bermakna teman atau sahabat. Di Blogspedia momblogger menyapa pembaca dengan sebutan Cupuers. Kenapa? Karena lucu aja hehe.


blogspedia untuk para blogger cupu

Selain itu karena memang blog ini dibuat untuk panduan bagi para blogger pemula alias blogger yang masih culun punya. Sesuai juga dengan pemilik blog ini yang merupakan momblogger cupu. Jadi mari sebagai sesama cupu kita saling kuatkan barisan berproses menjadi para mastah di dunia blogging. Semangaaaat!

Oya, boleh tengok juga di bagian JASA, Momblogger Cupu menyediakan beberapa pilihan paket yang bisa teman-teman pergunakan; jasa penulisan artikel dan jasa pemasangan template blog. Informasi lebih lanjut bisa hubungi via WA saja ya.

Akhir kata jika dalam membagikan informasi ada salah-salah kata atau step-stepnya, mohon dimaafkan ya... namanya juga momblogger cupu, hehe. Boleh lo kalau cupuers menemukan hal yang sudah out of date atau ada tutorial baru yang lebih baru dan mudah, bisa colek-colek di kolom komentar. Jika ada masukan, saran dan kritik, silakan dikirim ke email ms.ninktyaz@gmail.com.

Semoga bermanfaat.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



Best regard


Momblogger Cupu