Loading...
Search

Cara Download Template Blogger dan Memasangnya di Dashboard

cara download template blogger

Sudah belajar mendesain tema blog sederhana, tapi nggak puas? Pengen tahu cara download template blogger dari pihak ketiga? Sini deh mendekat, eike bisikin gimana-gimananya.

Cara download template blogger sih mudah. Yang rada butuh effort ekstra memang memasang atau mengganti template hasil download itu ke dashboard.

Buat yang penasaran, cuzz cekidot!

Cara Download Template Blogger

Sebelum template blogger dipasang, tentu saja pastikan template yang mau dijadikan tema baru di blog sudah diunduh terlebih dahulu. Begini nih tahapannya:

Pilih tempat download blogspot template gratis atau berbayar yang klik di hati. Di mana saja bisa menemukan tempat ini? Bisa tengok tulisan MomBlogger Cupu tentang template responsive ya.

Sebelum memutuskan mengunduh suatu template, pastikan untuk melihat demo templatenya terlebih dahulu.

intip demo template

Biasanya MomBlogger Cupu melakukan ini untuk mencari tahu apakah ada banyak hal yang harus diperbaiki. Untuk melakukannya biasanya eike pakai extension Meta Seo Inspector di browser.

Kalau banyak yang harus diperbaiki, tapi nggak ada waktu buat utak-atik. Eike tinggalin, cari template yang lebih mudah menguliknya, hehe.

Jika akhirnya sudah ketemu sama template yang bikin hati jatuh cinta hingga lupa makan minum, eeh… emangnya calon suami, wkwk, cuzz diunduh aja.

Oya, jangan lupa jika yang dipilih ada template berbayar, maka sebelum bisa mengunduh templatenya, ya kudu bayar dulu tagihannya.

download template blogspot

Sudah nggak sabar pengen download template blogger incaran? Cuzz lah klik di tombol download. Biasanya kalau mengunduh blogspot template gratis, bakal banyak iklan dalam prosesnya, sabar yaa.

Kalau nggak mau ketemu iklan, beli yang berbayar aja, wkwk. Tapi so far MomBlogger Cupu masih setia sama template-template kece gratis sih, kecuali templatenya Blogspedia ini.

Kalau sudah selesai terunduh, cek lokasi di mana templatenya tersimpan. Kalau di laptop MomBlogger Cupu sih biasanya otomatis masuk ke folder Download.

Mari kita cek….

File unduhan template biasanya berupa Zip. Tapi nggak jarang ada juga yang berbentuk file Rar. Kedua jenis file ini perlu diekstrak agar kita bisa menggunakan file XML yang ada di dalamnya.

Proses mengunduh template buat blog selesai deh. Sampai sini dulu, ada pertanyaan nggak? Kalau nggak ada pertanyaan, cuzz ke tahapan memasang templatenya ke dashboard yuk.

Mengganti Tema Blog dengan Template Hasil Download

Untuk mengganti tema blog dengan template yang sudah diunduh tadi, ada dua cara. Eike akan bahas satu per satu ya.

A. Metode Upload File XML

Cara pertama yaitu dengan mengunggah file XML yang ada di folder template unduhan ke bagian template blog.

Sebelumnya, pastikan file Zip atau Rar diekstrak dulu jadi folder ya. Caranya klik kanan, extract file atau unzip to folder. Sesuaikan aja yang ada di gawai masing-masing.
extract file template jadi xml

*Disclaimer: jika di laptop atau komputer Cupuers nggak ada pilihan itu, maka bisa unduh aplikasi winzip dulu yaks.

Setelah file diekstrak, nanti di folder akan ditemukan yang namanya file XML. Nah, ini yang bakal kita pakai untuk mengganti tema di blog ya.

upload file xml ke dashboard blogger
  • Setelah file XML ready, buka dashboard blog. Masuk ke bagian Theme/ Tema.
  • Klik tanda panah di samping tulisan Customize/ Kustomisasi.
  • Pilih Backup untuk mengunduh setelan template yang digunakan saat ini. Backup ini penting, jadi kalau nanti nggak sreg sama hasil template yang baru, bisa direstore ke template lama.
  • Pilih Restore. Lalu pilih file XML yang mau dipakai.
  • Setelah selesai unggah XML, cuzz klik lihat blog dan voila.. blog pun sudah berganti ‘pakaian.’

B. Metode Copas Kode ke Edit HTML

Selain cara pertama, untuk mengganti tema blog dengan template hasil unduhan juga bisa melakukan cara ini. Dan ini cara yang direkomendasikan sih.

Kenapa?

Karena jika mengganti template pakai metode pertama, seringnya ada beberapa kode dari template sebelumnya yang nyangkut. Atau beberapa widget di template sebelumnya yang masih nampak, padahal seharusnya di template baru udah nggak ada.

Daripada capek-capek merapikan hal-hal yang seharusnya nggak ada di template baru, pakai metode kedua ini aja. Caranya gini nih:

copas file xml ke edit html dashboard blogger
  • Buka file XML dengan aplikasi Notepad/ Sublime/ Notepad++ atau sejenisnya. Kalau di MomBlogger semua file XML sudah otomatis terbuka pakai Sublime.
  • Kalau di Cupuers belum tersetting otomatis, bisa klik kanan di filenya, lalu pilih open with Notepad atau aplikasi sejenis.
  • Setelah itu Ctrl+A, lalu Ctrl+C alias copy semua kode yang ada di situ.
  • Masuk ke dashboard blogspot, di bagian Tema/ Theme. Pilih Edit HTML.
  • Delete semua kode yang ada di Edit HTML, Ctrl+V alias paste kode yang sudah kita salin dari file XML. Klik Save.
  • Kalau udah, klik lihat blog dan perhatikan deh tampilannya jauh lebih rapi daripada mengganti template pakai metode pertama.

Tentu saja ini belum final ya, Cupuers. Kita harus menyesuaikan beberapa hal sampai tampilan blog rapi dan optimal. Setelahnya, kita bisa memaksimalkan fungsi Layout dan Kustomisasi Tema.

Terkadang ada juga beberapa template yang butuh editing di bagian HTML nya.

memasang template hasil download di blogspot

Udah deh kelar ganti ‘pakaian baru’ buat blog. Sudah nggak penasaran lagi kan bagaimana cara download template blogger dan memasang tema hasil unduhan tersebut? Selamat mencoba!***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*