Loading...
Search

6 Cara Ampuh Mengatasi Spam Score Ala Mbak Susi Susindra

6 cara ampuh mengatasi spam score

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Di postingan kali ini MomBlogger Cupu mau berbagi tips mengatasi spam score yang MomBlogger dapatkan dari Mbak Susi Susindra, mastah blogger dari Jepara. Kebetulan keluarga pilihan kami di Bunda Cekatan sama; keluarga WeBS (Web, Blog dan SEO).

Kebetulan ada yang tanya tentang spam score, MomBlogger yang merasa spam score di blog utama membumbung tinggi dan nggak turun-turun, minta petuah tentang cara mengatasi spam score. Tapi sebelum MomBlogger bagikan, udah tahu belum apa itu spam score?

Kenalan dengan Spam Score

Buat teman-teman yang pernah mengecek DA/ PA nya menggunakan Moz.com, pasti sedikit banyak tahu tentang spam score. Karena nilai ini memang yang mengeluarkan adalah Moz. Menurut info yang MomBlogger dapatkan, Spam score bisa disimpulkan sebagai sebuah standar yang dibuat oleh Moz sejak 2015 untuk menilai seberapa sih tingkat spam suatu blog atau website.

apa itu spam score
Spam score ini layaknya penyakit, makanya hampir semua pemilik website dan blog nggak suka dekat-dekat sama doi. Layaknya virus, spam score ini bisa bikin pembaca jadi ogah mampir ke blog kita, dan bisa menurunkan manfaat dari sebuah blog. Kenapa? Karena konon, spam score ini bisa menular… duuh takuut.

Alasan Terjadinya Spam Score

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan spam score, MomBlogger coba kumpulkan beberapa untuk Cupuers di sini ya:

penyebab spam score 1

1. Situs Besar dengan Sedikit Link

Maksudnya di sini yaitu blog kita sudah cukup besar, ada banyak postingan dan halaman/ laman di dalamnya, namun tidak ada link yang berkualitas. Ternyata hal seperti ini bisa meningkatkan nilai spam blog.

2. Penyebaran Link yang Tak Bervariasi

Link di blog kita sudah cukup banyak, namun ternyata sumber link hanya dari beberapa tempat saja. Selain itu sumber link-nya pun nggak bagus-bagus banget. Ini pun juga bisa menambah nilai spam score blog.

3. Rasio Link Do Follow dan No Follow Tidak Berimbang

Link Do Follow biasanya digunakan saat memberikan external link ketika ada sponsored post. Nah, jangan sampai link do follow ini lebih banyak dari no follow. Jumlah antara link do follow dan no follow harus berimbang. 

penyebab spam score 2

4. Anchor Text Tak Relevan

Anchor text yaitu kata kunci yang diarahkan ke internal link blog sendiri. Nah, untuk menyematkan anchor link ini nggak boleh asal. Antara anchor text dan internal link yang disisipkan harus relevan. Misal anchor text nya “cara membuat blog” ya harus diarahkan pada artikel dengan kata kunci yang sesuai.

5. Konten Asal

Blog yang artikelnya ditulis kurang mendalam, tanpa persiapan yang matang dan terkesan asal lama-lama akan membuat pengunjung malas untuk berkunjung. Ketika pengunjung datang hanya beberapa detik saja, lama-lama nilai spam blog kita bisa nambah.

6. Porsi Gambar yang Tak Seimbang

Sesuaikan jumlah gambar dengan tulisan yang ada di artikel kita. Kalau memang artikel kita panjang ya jangan disisipkan satu gambar saja. Begitu juga ketika artikel kita pendek namun ada banyak gambar di dalamnya.

penyebab spam score 3

7. External Links Terlalu Banyak

External links memang bisa jadi menaikkan nilai blog kita, namun kalau terlalu banyak external link di dalam sebuah artikel, itu bisa jadi membahayakan juga lo.

8. Jumlah Laman yang Terlalu Sedikit

Ternyata laman yang terlalu sedikit pun juga bisa meningkatkan spam score. Coba lengkapi laman di blogmu dengan laman about, disclaimer, privacy policy dan sebagainya.

9. Nama Domain yang Kurang Tepat

Nama domain ternyata juga bisa mempengaruhi nilai spam. Nama domain yang terlalu panjang dan nama domain yang mengandung angka bisa mempengaruhi nilai spam blog lo. Selain itu jika cupuers mau membeli Top Level Domain (TLD), pastikan beli TLD yang aman, jangan beli TLD yang terkenal bisa menyebabkan spam score cepat meningkat.

Cara Mengatasi Spam Score

Setelah tahu alasan di balik terjadinya spam score, kini saatnya kita cari tahu cara mengatasinya. Apa saja? Kata mbak Susi Susindra, ada 6 hal:

cara mengatasi spam score 1

1. Buat Artikel Lebih dari 400 Kata

Tulisan di blog yang jumlah katanya di bawah 400 bisa dianggap spam. Oleh karenanya, tulislah artikel minimal 600 kata. Atau lebih baik lagi jika bisa menulis minimal 1500 kata sehingga bounce rate blog kita tidak tinggi. Semakin banyak tulisan, tentu semakin banyak waktu yang dibutuhkan pengunjung untuk membacanya. Tentu saja kita harus meningkatkan kualitas tulisan agar pembaca betah membaca tulisan kita hingga akhir. Jangan lupa sisipkan gambar yang berkualitas.

2. Taruh Email di Sidebar

Taruh kontak kita di bagian sidebar blog. Kalaupun merasa tidak cukup aman meletakkan nomor HP, setidaknya letakkan email. Hal ini untuk menandakan bahwa blog kita benar-benar profesional. Sekaligus jika ada yang ingin bekerjasama bisa langsung mudah menghubugi kita.

3. Backlink yang Berkualitas

Banyak-banyak blogwalking ke blog dengan kualitas DA yang baik. Cek juga spam score blog yang akan kita kunjungi. Jika semua oke, barulah kita bisa meninggalkan link di blog tersebut, misal lewat komen menggunakan name + url atau menjadi guest post pada blog-blog ternama.

cara mengatasi spam score 2

4. Hindari Beri Backlink ke Blog yang Belum Berkualitas.

Sebaiknya kita tidak asal memberikan backlink kepada blog yang belum berkualitas, kecuali sebagai bentuk perekat pertemanan.

5. Hapus Semua Brokenlink

Brokenlink bisa membahayakan kesehatan blog, pastikan untuk membersihkan atau menghapus semua brokenlink yang ada. Kita bisa mengecek brokenlink di blog kita di alamat ini:

https://www.brokenlinkcheck.com/.

6. Backlink No Follow

Kalau terpaksa memberikan backlink pada situs-situs yang belum oke kualitasnya, kita bisa menggunakan backlink no follow.

Demikianlah alasan terjadinya spam score dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. Jika ada kebingungan boleh ya tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

12 Replies to “6 Cara Ampuh Mengatasi Spam Score Ala Mbak Susi Susindra”

  1. Maftuha says: February 20, 2020 at 6:45 am

    Manfaat bangeett mbak tulisannya. Apalagi bagi aku yang masih sangat awam sama blog

  2. Desi's Corner says: February 23, 2020 at 4:13 am

    Blognya cantik. Termyata kita sama² anggota IIP. Kayaknya Buncek juga, deh?

  3. Ciani says: February 23, 2020 at 1:04 pm

    Ya Allah… aku berasa berdosa sama blog sendiri, hhuu.
    Makasih ya mom, kudu banyak belajar dan perhatian lagi nih ke blog sendiri.

  4. Isnaini Annisa says: February 24, 2020 at 4:44 am

    Masyaaallah, ilmunya daging semua…

  5. cara kerja says: August 30, 2020 at 12:50 pm

    ternyata gitu ya caranya, thanks banget dah share

  6. Bang Siagian says: November 12, 2020 at 3:00 pm

    Saya paling takut kalau ada situs atau blog yang melakukan SPAM link ke blog saya dan juga saya takut dengan brokenlink.

    Kedua ini bahaya ke seo untuk blog kita sendiri.

  7. Mediaku says: December 1, 2020 at 4:42 am

    makasi atas pencerahannya mbak

  8. Arif Rudiantoro says: December 10, 2020 at 4:52 am

    Wah Terimakasih Ilmunya Mbak, coba nanti di praktekkan blog saya juga Spam Scornya 11%, padahal kemaren cuma 1 %, entah karena apa naiknya bisa drastis begitu.

  9. Priyo Harjiyono says: December 30, 2020 at 10:50 am

    Pernah nulis juga tentang spam score, ini aku tulis berdasar indicator flagnya moz sendiri

    https://anotherorion.com/tag/spam-score/

  10. Imah Embe says: January 26, 2021 at 6:21 am

    Yang paling menonjol buat saya adalah konten yang sedikit + isinya kurang dari 500 kata. Tapi terkadang untuk membuat tulisan 500 kata itu sulit bagi pemula hehe.

  11. Bang Igo | Belajar Menulis says: January 26, 2021 at 6:11 pm

    Kalau saya kasusnya dapat backlink dari blog kurang bagus. Akhirnya berdampak juga pada blog sendiri. Padahal saya sudah belajar nulis yang baik. Tapi kualitas blog terkendala karena dirujuk blog yang kurang tepat.

    Makasih udah berbagi tips mbak.
    Saya akan praktikan untuk blog saya.
    Barangkali ada perubahan yang lebih baik ke depan.

  12. Rahmat says: April 7, 2021 at 12:19 am

    saya kena masalah spam score ni, terimakasi infonya mbak…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*