Learning Management System, Cara Jitu Lejitkan Performa Bisnismu!

learning management system  ruangkerja

Halo Cupuers, kali ini MomBlogger Cupu hadir lagi dengan info menarik tentang dunia bisnis. Adakah di antara para cupuers yang pernah mendengar tentang Learning Management System (LMS)?

Sederhananya LMS adalah sebuah platform yang biasa digunakan untuk mengakomodasi proses belajar atau pelatihan online. Tidak hanya untuk para siswa, LMS juga bisa digunakan bagi para karyawan perusahaan.

Di era pandemi seperti sekarang, ada banyak perubahan dalam proses pengelolaan bisnis. Yang awalnya dilakukan secara tatap muka, kini semua mau tak mau harus dijalankan secara online. Termasuk juga pelatihan bagi karyawan.

3 Alasan Penting Mengapa Perusahaan Harus Melakukan Pelatihan Karyawan

Mungkin sebagian dari cupuers bertanya-tanya, mengapa di masa yang buat makan aja kadang bingung duitnya dari mana, perusahaan masih getol melakukan pelatihan bagi karyawannya. Mau tahu alasannya?

alasan pemberian pelatihan bagi karyawan

1. Menyelaraskan Visi Misi

Gini, sebuah bisnis mau itu berskala kecil atau besar, pasti memiliki visi dan misi yang ingin dicapai. Untuk mencapai apa yang sudah direncanakan, pemilik bisnis tidak bisa melakukannya sendiri.

Mereka perlu bantuan dari seluruh pihak yang ada di dalam bisnis tersebut. Karyawan tentu saja bagian besarnya. Namun agar karyawan dan pemilik bisnis memiliki kesesuaian visi misi, diperlukan pengetahuan yang selaras antara semua lini.

2. Meningkatkan Performa

Selain itu, setiap perusahaan memiliki pesaing. Oleh karenanya, agar bisnis kita tidak kalah saing dengan kompetitor dan bisa memiliki performa yang handal, maka diperlukan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas tinggi.

Era sekarang membuat semua hal menjadi lebih cepat, termasuk juga ilmu pengetahuan. Kalau SDM perusahaan tidak melakukan upgrading, performanya pun bisa stagnan atau malah terjadi penurunan.

3. Mempertahankan Eksistensi

Diakui atau tidak saat pandemi datang, banyak bisnis yang kolaps. Bisa bertahan saja sudah sayang bersyukur. Perusahaan yang mampu bertahan biasanya mereka yang bisa mengambil peluang dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Untuk bisa melahirkan SDM yang pandai melihat peluang dan memaksimalkan potensi tentu saja dibutuhkan skill dan knowledge yang mumpuni. Agar karyawan terus bertumbuh dan berkembang, perusahaan wajib memberikan pelatihan yang tepat sesuai kebutuhan.

Ruangkerja by Ruangguru, Learning Management System Terbaik

Jika sebelum pandemi Covid-19 pelatihan bukanlah suatu hal yang memusingkan, kini tentu saja berbeda. Protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah memberikan arahan agar tidak boleh ada kerumunan. Sementara biasanya pelatihan dilakukan dalam skala besar.

Tak sedikit perusahaan sudah menganggarkan pelatihan dan jadi bingung bagaimana harus merealisasikannya. Selain sudah dianggarkan, masa pandemi ini juga waktu yang krusial untuk membekali karyawan dengan kemampuan dan wawasan baru terkait digitalisasi

Apapun bidang bisnis yang dijalankan, SDM suatu perusahaan harus memiliki wawasan terkait dunia online. Nah, Learning Management System (LMS) adalah jawaban bagi para perusahaan yang ingin menjalankan pelatihan lewat cara online dengan tetap nyaman dan menyenangkan.

Pelatihan online memungkinkan para karyawan untuk tetap mendapatkan upgrading skill and knowledge meski tidak bertatap muka langsung dengan pematerinya. Ada banyak LMS bermunculan di Indonesia, tapi yang terbaik dan telah terbukti dalam menghadirkan jasa pelatihan online bagi para karyawan di perusahaan, tentu saja hanya ruangkerja by Ruangguru.

Menggunakan sistem teknologi berbasis mobile learning, ruangkerja didesain sedemikian rupa untuk memudahkan para karyawan mengakses pelatihan yang dibutuhkan dari mana dan kapan saja.

alasan memilih ruangkerja by ruangguru

3 Keunggulan Ruangkerja by Ruangguru

Adakah di antara Cupuers yang kepo kenapa ruangkerja ini banyak digunakan dan direkomendasikan oleh perusahaan? Ternyata karena 3E berikut ini;

1. Ekonomis

Melakukan pelatihan karyawan secara online dengan ruangkerja menghemat banyak anggaran. Tentu saja ini adalah hal yang sangat disukai oleh perusahaan dong.

Penghematan anggaran ini dikarenakan ruangkerja menggunakan sistem Cloud-Based. Subscription model melalui cloud ruangkerja bisa menekan anggaran hingga milyaran rupiah, dibandingkan jika perusahaan harus membangun sistem sendiri.

Proses untuk implementasi juga membutuhkan waktu yang lebih singkat. Kurang lebih hanya butuh 2 minggu agar ruangkerja bisa go live. Soal keamanan data juga nggak perlu khawatir. Ruangkerja telah dilengkapi SSL Security. Semua konten dan data perusahaan akan tersimpan dengan aman di cloud ruangkerja.

2. Efektif

Keunggulan lain dari ruangkerja adalah efektivitasnya yang oks banget. Karyawan akan mudah memahami materi yang disampaikan karena pembelajaran diberikan dengan strutur yang jelas. Karyawan dengan mudah akan mengetahui harus belajar dari materi yang mana dulu.

Untuk mengoptimalkan keefektifan platform LMS yang satu ini, tersedia fitur-fitur yang memberikan kenyamanan dalam proses pelatihan:

fitur ruangkerja learning journey

A. Learning Journey

Sistem ini akan membantu para karyawan untuk belajar secara terstruktur dan sistematis. Khususnya bagi karyawan yang sibuk hingga hanya punya waktu terbatas untuk mengakses ruangkerja, ia tak perlu bingung harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Ruangkerja memberikan arahan yang sangat jelas dan terarah.

fitur ruangkerja learning plan

B. Learning Plan

Fitur berikutnya yang mendukung efektivitas pelatihan yaitu learning plan. Perusahaan dimudahkan dalam penyusunan beragam jenis kelas pelatihan bagi karyawan secara terstruktur dan sistematis. Penyusunan kelas juga bisa disesuaikan dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Nggak perlu lagi khawatir kalau karyawan akan mempelajari sesuatu yang tidak sesuai kebutuhan.

LMS besutan Ruangguru ini didesain sedemikian rupa agar user friendly. Mudah digunakan, bahkan untuk karyawan yang nggak terlalu familiar dengan platform digital pun tetap bisa menggunakan. Desainnya juga enak dilihat membuat proses pelatihan makin terasa nyaman.

fitur ruangkerja kolaborasi

C. Kolaborasi

Ruangkerja juga menghadirkan fitur kolaborasi yang memiliki fungsi sebagai forum diskusi. Di sini para peserta pelatihan berkesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan jika diperlukan mereka bisa bertanya langsung kepada para narasumber atau ahlinya tentang materi yang sedang dipelajari.

3. Efisien

Tak hanya efektif, ruangkerja juga telah terbukti sangat efisien. Selain bisa digunakan kapan dan di mana saja, ada satu fitur yang dimiliki LMS ini yang semakin meningkatkan efisiensinya. Yaitu leaderboard, sebuah fitur di mana peringkat hasil belajar akan bisa dipantau dan dilihat oleh para pimpinan perusahaan.

Pemillik perusahaan bisa memantau mana karyawan yang melakukan pelatihan dengan serius, dan mana yang hanya menggugurkan kewajiban. Peringkat ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan pemilik dan pimpinan perusahaan dalam memutuskan perpanjangan kontrak, kenaikan gaji dan masalah penting lain yang terkait dengan prestasi karyawan.

Perusahaan juga bisa melakukan monitoring terkait kelas apa yang cocok diberikan bagi karyawannya. Memberikan penilaian juga tak perlu ribet. Semua sudah ada guideline-nya.

fitur ruangkerja leaderboard

Dengan adanya leaderboard, diharapkan para karyawan juga jadi lebih semangat dalam belajar. Informasi peringkat dan poin dari setiap kelas yang ditugaskan akan memotivasi karyawan untuk menjalani pelatihan dengan lebih serius. Selain bisa melihat nilainya, karyawan juga nantinya akan mendapat sertifikat yang bisa diunduh dan dicetak sendiri.

LMS ruangkerja benar-benar sebuah solusi terbaik di masa pandemi bagi perusahaan yang membutuhkan pelatihan karyawan secara online dan fleksibel. Para peserta bisa mengakses materi belajar dengan mudah, mau pakai HP, PC atau laptop, semuanya bisa!

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya buat para Cupuers yang mengelola bisnis untuk membantu para karyawan bertumbuh. Karyawan yang kualitasnya meningkat akan melejitkan performa bisnis yang kalian kelola lo. Rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui learning management system ruangkerja, perusahaan akan menghemat banyak waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan. So, selamat mencoba!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Learning Management System, Cara Jitu Lejitkan Performa Bisnismu!"