Mengenal Strata Title Lebih Jauh dan Cabang-Cabangnya

mengenal strata title

Sebelum melakukan pembelian sebuah unit apartemen, sangat direkomendasikan untuk mengecek sertifikasinya terlebih dahulu. Ada banyak sekali jenis sertifikat yang bisa ditemukan termasuk salah satunya adalah Strata Title. Ada yang pernah mendengar istilah satu ini?

Istilah ini mungkin terdengar asing bagi Cupuers sekalian. Namun ini merupakan salah satu bentuk dokumen penting yang memperlihatkan kepemilikan terhadap sebuah unit apartemen dan lahan yang ada di sekelilingnya.

Penting untuk memahami Istilah satu ini karena dokumen seperti ini memberikan rasa aman bagi kita dari sudut pandang hukum dan legalitas. Kepemilikan tanda dokumen yang sah memberikan resiko yang besar.

Pengertian Strata Title

Sebelum kita membahas lebih lanjut, penting bagi Cupuers untuk memahami apa pengertian dari Strata Title itu sendiri. Jika melihat dari sisi fungsionalnya, dokumen penting satu ini adalah bentuk kepemilikan bersama atas sebuah apartemen.

Jika diartikan lebih lengkap, sertifikat ini adalah bentuk hak kepemilikan atas satuan rumah susun atau sebuah kompleks bangunan. Hak yang ada di dalam dokumen ini terbagi menjadi hak eksklusif yang terbagi untuk ruang publik dan ruang pribadi.

Pemegang sertifikat ini memiliki hak terhadap benda bersama, tanah bersama dan bagian bersama yang ada di lingkungan apartemen secara proporsional. Jadi kalau misalkan apartemen memiliki luas tanah 100 meter dan di dalamnya ada 100 pemilik, maka hak masing-masing pemilik adalah 1 meter persegi.

Kepemilikan Strata Title

Karena merupakan bukti kepemilikan, BPN menerbitkan surat yang berisikan tiga poin utama di dalamnya. Poin pertama membahas letak lahan tersebut. kedua adalah luas lahan yang ada, dan ketiga adalah jenis hak tanah bersama.

Dokumen ini memiliki jangka waktu kepemilikan yang cukup panjang yakni 20 tahun. Setelahnya pemilik harus melakukan perpanjangan kepada instansi yang berwenang. metode perpanjangan juga sangat mudah dan hanya mengharuskan Cupuers memenuhi persyaratan yang diminta.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Ketika Cupuers memiliki dokumen penting satu ini, ada beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan sejak awal. Terlebih lagi untuk para pemula yang seringkali tidak mempertimbangkannya sejak awal.

Poin pertama yang harus dipertimbangkan adalah hak yang terhadap satuan apartemen itu sendiri. Semua orang harus memastikan kalau status tanah tempat apartemen itu berdiri minimal berstatus Hak Guna Bangunan di atas Hak pengelolaan.

Kalau sudah mempertimbangkan poin di atas, langkah selanjutnya adalah pastikan Cupuers melihat dokumen tersebut secara langsung. Jangan percaya hanya dari mendengar saja. Kita harus melihat bukti fisiknya secara langsung.

apartment premium 31 sudirman suites

Dasar Hukum Strata Title

Karena berhubungan dengan legalitas, tentu saja ada dasar hukum yang berkaitan dengan sertifikat ini. Penting untuk memahaminya dengan baik. Legalitas ini bisa Cupuers bawa ke ranah hukum jika terjadi sengketa di kemudian hari.

Berikut ini beberapa landasan atau dasar hukum pemberlakuan Strata Title :
  • Undang-Undang No. 16 Tahun 1985 tentang Rumah Susun.
  • Peraturan Pemerintah No. 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun.
Berdasarkan undang-undang yang sudah dijelaskan di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau pemilikan perseorangan atas sebuah satuan dan lingkup apartemen adalah sebagai berikut ini :
  • Hak bersama atas bagian bersama.
  • Hak bersama atas benda bersama.
  • Hak bersama atas tanah bersama yang tidak terpisahkan.
  • Hak Milik atas Satuan Rumah Susun.
Itulah sedikit penjelasan yang bisa MomBlogger Cupu sampaikan terkait Strata Title dan cabang-cabangnya. Jika Cupuers sedang mencari apartemen dengan kualitas premium, 31 Sudirman Suites adalah pilihan terbaik. Segera hubungi tim marketing mereka untuk informasi lebih lanjut.
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Mengenal Strata Title Lebih Jauh dan Cabang-Cabangnya"