Restoran Semu dengan Keuntungan Nyata: Apa itu Cloud Kitchen?

apa itu cloud kitchen

Kondisi pandemi di dunia, termasuk Indonesia, masih belum menunjukan titik terang. Kondisi tidak menentu ini memaksa para pelaku usaha untuk putar otak agar dapat menekan biaya operasional tanpa mengurangi keuntungan. Salah satu sektor bisnis yang masih menjanjikan adalah bisnis kuliner.

Meski bisnis kuliner termasuk dalam kebutuhan primer, biaya operasional yang dibutuhkan tetap harus menjadi perhatian. Untuk menyiasati hal yang satu ini, bisnis kuliner berbasis daring atau online adalah pilihan yang paling aman. Apakah Cupuers pernah mendengar soal apa itu cloud kitchen? Berikut ulasan singkat mengenai cloud kitchen yang perlu Cupuers tahu!

Mengapa Cloud Kitchen?

Cloud kitchen adalah model bisnis kuliner yang mengandalkan teknologi internet sebagai fondasi membangun restoran virtual. Sistem ini memungkinkan pelaku usaha kuliner untuk tetap mendapat konsumen tanpa restoran fisik, etalase, maupun spasi untuk layanan makan di tempat. Cukup dengan memanfaatkan dapur saja, Cupuers bisa langsung memulai usaha kuliner.

Penjelasan di atas cukup menjawab pertanyaan soal mengapa model bisnis ini perlu dipertimbangkan. Tanpa kebutuhan restoran fisik dan segala pendukungnya, pelaku usaha dapat mengurangi biaya operasional secara drastis. Tidak perlu lagi mengeluarkan biayasewa tempat, furnitur beserta dekorasinya, dan sekaligus dapat melangsungkan efisiensi karyawan.

Alokasi dana pelaku usaha dapat dimaksimalkan pada kebutuhan dapur seperti alat masak dan bahan-bahan premium untuk memaksimalkan kualitas produk jual. Otomatis, dengan meningkatnya kualitas produk, nilai jual pun menjadi semakin tinggi.

Selain itu, model bisnis ini menjaring konsumen hanya dengan memanfaatkan teknologi internet, umumnya melalui aplikasi. Dengan kata lain, konsumen dapat memesan makanan yang Cupuers jual dari radius yang lebih luas dibandingkan konsumen yang harus menempuh jarak tertentu untuk sampai ke restoran. Hal ini tentu memungkinkan Cupuers mendapat konsumen lebih banyak.

Keuntungan lainnya adalah pemanfaatan sistem daring itu sendiri. Dengan menggunakan aplikasi, daftar pesanan pun terdata secara otomatis dengan lebih terstruktur. Pendataan ini dapat mempermudah pelaku usaha untuk melakukan pembukuan dan menghitung jumlah laba sekaligus pengeluaran secara lebih ringkas. Pelaku usaha bisa memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada perkembangan bisnis dan pemeliharaan kebutuhan dapur.

Model bisnis cloud kitchen menawarkan sistem yang lebih fleksibel, efisien, terintegrasi dan hemat biaya. Faktor-faktor yang tentunya membantu pelaku usaha untuk bertahan di tengah kondisi pandemi yang menantang ini.

everplate co id cloud kitchen jakarta

Peluang Bisnis Cloud Kitchen di Jakarta

Meskipun nampaknya model bisnis ini menawarkan begitu banyak keuntungan di masa pandemi, bagaimana prospek pasarnya setelah pandemi usai nanti? Jika melihat pada konsep di atas, sebenarnya model bisnis ini telah dikembangkan sebelum pandemi menyerang dunia.

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, telah tumbuh sebagai kota dengan penduduk bergaya hidup dinamis. Segala tuntutan untuk serba cepat dan praktis membangun ekosistem pasar yang menaruh minat tinggi terhadap layanan pesan-antar.

EVERPLATE.CO.ID menangkap peluang bisnis ini. Menawarkan berbagai keuntungan seperti yang telah dijelaskan di atas, EVERPLATE.CO.ID pun memberi fasilitas teknologi yang semakin mempermudah pelaku bisnis membangun bisnis berupa gadget dengan fitur integrasi platform layanan pesan-antar online. Mitra EVERPLATE.CO.ID dapat menerima pesanan dari berbagai platform dalam satu genggaman saja.

Fasilitas dapur yang disediakan pun telah siap beroperasi dengan infrasktruktur fungsional berkualitas. Bisnis kuliner Cupuers bisa diluncurkan dalam waktu sekitar 2 minggu saja. Terlebih lagi, dapur EVERPLATE.CO.ID telah dilengkapi dengan fasilitas wifi dan staf pendukung yang siap membantu kegiatan operasional selama di lokasi. Jadi, setelah mengetahui apa itu cloud kitchen, kini saatnya Cupuers memulai bisnis kuliner sendiri bersama EVERPLATE.CO.ID.
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Restoran Semu dengan Keuntungan Nyata: Apa itu Cloud Kitchen?"