Memilih Tema Responsive dan SEO Friendly untuk Blogspot

tema responsive dan seo friendly

Saat ini tema responsive dan SEO friendly lebih banyak dicari para blogger. Kini memilih template tak lagi soal tampilan yang unyu-unyu dan enak dipandang mata. Namun juga harus mengecek apakah sudah memenuhi kaidah SEO.

Kan sayang ya, tampilan template cantik, tapi loadingnya lambat. Nanti pengunjung blog kita pun bisa malas mampir. Atau tampilan oke, tapi susunan heading amburadul. Iya kalau kita bisa benerin, kalau nggak puyeng kan?

Sementara urusan ganti template itu juga nggak bisa selesai sehari dua hari. Bahkan kadang karena keasyikan bisa bikin Cupuers lupa nulis, hehe.

Rekomendasi Tema Responsive dan SEO Friendly untuk Blogspot

Kali ini MomBlogger Cupu akan memberikan beberapa referensi template blogspot yang sudah cukup responsive dan SEO friendly. Ssst, beberapa diantaranya bahkan bisa kita unduh secara gratis lo. Mau tahu?

rekomendasi template untuk blogspot

1. Igniel

Bisa dibilang ini tempat favorit MomBlogger Cupu mengunduh template hehe. Sampai kalau ada yang tanya template apa yang cakep dan udah SEO Friendly, pasti selalu kurekomendasikan untuk memilih template Fiksioner dari Igniel.

Selain karena gratis, Fiksioner memiliki dokumentasi yang lengkap, sehingga memudahkan pengguna saat menyetel template. Tinggal ikuti saja panduan yang ada di dokumentasi. Udah deh jadi. Fiksioner ini MomBlogger Cupu pakai di blog Marita’s Palace dan Rumah Kita.

Oh ya selain Fiksioner, ada juga template kece lainnya dari Igniel, yaitu Textrim, Igniplex dan Iglo. MomBlogger Cupu sih pengen banget beli template Iglo, unyu-unyu gitu.

2. Dunia Blanter

Selain Igniel, Cupuers juga bisa menengok pilihan template dari Dunia Blanter. Tampilannya sederhana, loading oke dan tersedia banyak pilihan. Jika mau yang gratis, Cupuers bisa pilih template Wisdom.

Hanya saja terakhir aku coba ngulik, untuk melakukan setting template ini agak rumit. Semua setelah harus disesuaikan melalui edit html. Namun kalau Cupuers cukup punya nyali untuk edit html, cuzz aja lah.

Selain Wisdom, semua template yang disediakan Dunia Blanter berbayar. Namun dibandingkan jasa penyedia desain template, harga di sini cukup terjangkau. Bisa didapatkan mulai dari Rp60ribu saja. Sangat terjangkau kan?

3. Sugeng.id

Nah, favorit MomBlogger Cupu selanjutnya sih template yang dibuat oleh blogger Indonesia yang fenomenal, Mas Sugeng. Sepak terjangnya di dunia perbloggingan nggak diragukan lagi. Maka tak heran kalau template buatannya selalu laris manis.

Untuk bisa menggunakan template buatan mas Sugeng, kita harus merogoh kocek mulai dari Rp170ribu. Blogspedia menggunakan template Link Magz dari mas Sugeng lo. Kece kan?

Untuk memberikan apresiasi kepada pembuat template, jangan lupa ya untuk menyertakan kredit di bagian footer kepada pembuatnya. Terutama jika kita mengunduh template gratis. Membuat template itu pastinya butuh pemikiran dan usaha yang nggak instan, masa kita nyomot aja dan nggak memberikan kredit ke mereka, jangan dong aah.

Pastinya sebagai blogger kita juga nggak mau kan, karya kita dicomot tanpa diberikan sumbernya. Begitu juga hal yang sama saat menggunakan template blog gratisan. Udah bagus dikasih gratis kan?

Syarat Memilih Template Blog

Selain tiga tempat di atas, masih banyak kok penyedia template untuk blogspot yang kece lainnya. Mungkin Cupuers bisa tengok desain-desain template dari Arlina Design yang kini beralih tempat ke idntheme.com.

Atau bisa juga mlipir melihat koleksi template dari mbak Langit Amaravati. Bisa tengok di twitter @eLAmarawati untuk lihat contoh-contoh demonya.

Jika masih kurang juga, cuzz bisa mlipir ke gooyaabitemplates.com. Dijamin puyeng lihat ribuan koleksi template yang bisa dipilih. Tentunya nggak semuanya recommended. Terus gimana dong untuk memastikan kalau template itu termasuk yang SEO friendly dan responsive? 

tips memilih template blogspot

1. Tampilan Nyaman di Berbagai Mode

Setiap template pasti memiliki url demo. Cek demo blog tersebut, dan lihat apakah template itu bisa menyesuaikan alias responsive saat dibuka dengan website mode dan mobile mode. Template yang kekinian harus menyediakan desain yang nggak hanya bisa dibuka pada website mode, tapi juga mobile mode. Apalagi sekarang ini Google sudah mulai kasih warning blog-blog yang nggak ada mobile mode-nya bisa kena semprit.

Cara ngeceknya gimana? Mudahnya sih buka saja url demo blog itu di laptop dan HP, apakah ada perubahan? Biasanya kalau ada versi mobile, template akan otomatis merubah desainnya jadi memanjang gitu.

Kalau lagi nggak pegang HP, bisa cek menggunakan fitur inspect element yang ada di browser. Lalu pilih Lighthouse. Informasi yang muncul di situ bisa memberikan pertimbangan apakah template incaran cukup oke untuk digunakan di blog kita.

2. Fast Loading

Sebelum mengunduh template incaran, lebih baik cek juga kecepatan loading suatu template, bisa gunakan situs https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. Biasanya sih meski sudah responsive, template akan cenderung lebih lambat ketika dibuka dengan versi mobile.

3. Sudah Mendukung SEO

Selain menggunakan fitur Lighthouse di inspect element, kita bisa menggunakan Seoptimer.com untuk mengecek seberapa SEO friendly nya tema yang sedang diincar.

Oya, jangan kaget ketika nanti setelah dipasangkan di blog, angka-angka yang muncul pada situs pengecekan tersebut menunjukkan hasil yang berbeda dengan demo blognya ya. Demo blog biasanya hanya diisi dengan beberapa artikel saja, namanya juga hanya demo. Sementara blog kita kan jumlah artikelnya sudah banyak.

Tentu saja semakin banyak artikel yang ada di blog, semakin banyak gambar di dalamnya, semakin mempengaruhi kecepatan loading blog tersebut.

4. Mudah Setelannya

Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mengecek dokumentasinya. Semakin komplit dokumentasi atau panduan setelan yang diberikan, semakin mudah bagi kita untuk memasang template tersebut di blog. Apalagi buat Cupuers yang nggak jago-jago banget mengulik html.

Sebaiknya pilih template yang setelannya bisa dilakukan di bagian kustomisasi tema, tanpa perlu mengulik html terlalu banyak.

Biasanya meski sudah berlabel SEO friendly, masih ada beberapa hal yang perlu diulik lebih lanjut. Misal cek susunan heading yang ada di halaman home dan artikel, apakah sudah tampil dengan urut, atau loncat-loncat.

Default template blogspot biasanya agak kurang oke di susunan heading halaman single post/ artikel. Santai saja hal ini bisa kok diakali, biar susunan headingnya urut dan manis. Lain kali MomBlogger Cupu bagikan deh triknya.

Semoga info memilih tema responsive dan SEO friendly untuk blogspot ini membantu Cupuers ya. Kalau merasa nggak pede buat utak-atik template, takut salah dan sebagainya. Ntar kalau Blogspedia Coaching #2 buka, ikutan aja. Karena di coaching tersebut, peserta harus mau ngulik templatenya sendiri biar tambah cinta, wkwk.

Atau kalau nggak sabar untuk segera punya template kece buat blognya, bisa pakai Jasa Blogspedia, wkwk. Tetep ujung-ujungnya MomBlogger Cupu ngiklan euy. Tapi dari lubuk hati yang paling dalam, MomBlogger Cupu lebih seneng Cupuers belajar memilih dan memasang sendiri tema responsive dan SEO friendly di blognya. Pasti hasilnya lebih memuaskan. Sampai jumpa di tips-tips cupu berikutnya ya!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

2 comments for "Memilih Tema Responsive dan SEO Friendly untuk Blogspot"

  1. Masya Allah..thanks mbak Marita. Tulisannya bantu banget...

    ReplyDelete
  2. Hahahaha... Begitu masuk blog ini serasa kenal.. Maklum saya sendiri "dulu" memang penggemar templatenya mas Sugeng. Mulai dari Evo Magz, Vio Magz, sampai yang terakhir Link Magz pernah saya pergunakan.

    Terutama untuk yang Link Maz, ini sebuah pilihan yang tepat banget karena selain responsive dan tampilannya bagus, loadingnya cepat sekali. Mas Sugeng sudah melakukan minifikasi pada kodenya dan hasilnya memang kecepatannya bagus sekali.

    Cuma, sekarang saya sudah tidak lagi memakainya. Bukan tidak suka, tetapi karena saya sudah memindahkan semua blog ke Wordpress Self Hosted.

    Tapi, tidak salah banget kalau memang masih memakai blogspot dan memilih Linkmagz mah.. cool

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi, cupuers. Makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan, tapi jangan dikasih link hidup ya. Taratenkiu.


Regards,


Momblogger Cupu