Widget HTML Atas

Tanggal Merah 2021, Ide Posting Terbaik untuk Para Blogger

manfaat tanggal merah 2021

Siapa yang mulai bingung mau posting apa di blognya? Kali ini MomBlogger Cupu akan membagikan daftar tanggal merah 2021. Pasti the Cupuers bingung ya, apa hubungannya antara tanggal merah dengan ide postingan?

Tentu saja ada dong. Tanggal merah bukan saja identik dengan hari libur, tetapi juga berkaitan dengan hari besar atau hari istimewa tertentu. Nah, hari-hari tersebut bisa memberikan ide untuk calon tulisan kalian. Selain itu dengan mengetahui tanggal merah 2021, kalian juga bisa mengatur jadwal kerja dan jadwal libur sesuai kebutuhan. Enak kan? Itu namanya, sekali dayung, satu dua pulau terlampaui.

Daftar Tanggal Merah 2021

Setelah MomBlogger Cupu amati, ternyata ada 15 tanggal merah yang ditemukan di kalender 2021. Tanggal berapa saja ya?

1. Jumat, 1 Januari 2021

Sudah lewat sih, tapi tentunya hari libur yang merupakan tahun baru masehi ini biasanya akan diisi dengan postingan penuh semangat. Ada yang menulis tentang resolusi tahun baru, impian yang ingin diraih di tahun baru, ataupun kaleidoskop kehidupan satu tahun terakhir. Kalau cupuers pada tanggal 1 Januari yang lalu posting tema apa nih?

2. Jumat, 12 Februari 2021

Masih tentang tahun baru, tapi kali ini merupakan tahun baru yang biasanya dirayakan oleh keturunan Tionghoa. Apa hayo? Bener banget, disebut dengan tahun baru Imlek. Berbeda dengan tahun baru masehi yang jatuh pada tanggal sama setiap tahunnya, Imlek jatuh pada tanggal berbeda. Namun kisaran Januari dan Februari.

Perayaan Imlek ini sangat panjang lo. Biasanya dilangsungkan selama 15 hari. Pada hari kelima belas, dirayakanlah Cap Go Meh. Barongsai akan meramaikan perayaan ini. Nah, pada tahun baru Imlek, cupuers bisa tuh menulis tentang sejarah Cap Go Meh, makanan khas Cap Go Meh, asal usul barongsai dan masih banyak tema menarik lainnya.

3. Kamis, 11 Maret 2021

Baru saja berlalu pekan lalu, tanggal merah ini merupakan peringatan Isra Mi’raj. Hari libur nasional keagamaan ini guna memperingati saat Nabi Muhammad SAW menerima perintah salat lima waktu pertama kalinya. Nah, kira-kira ide apa yang bisa kalian kembangkan pada tanggal ini? Buanyak banget pastinya ya. Kalian bisa menulis tentang sejarah Isra Mi’raj, himah Isra Mi’raj, cara memperingati Isra Mi’raj di berbagai negara/ wilayah, dan masih banyak lagi.

4. Minggu, 14 Maret 2021

Hanya berselang 3 hari dari peringatan Isra Mi’raj, tanggal merah kembali hadir. Namun sayangnya berbarengan dengan hari Minggu, jadi nggak terasa deh liburnya. Pada tanggal 14 Maret, Nyepi sedang dirayakan, khususnya oleh mayoritas penduduk Bali yang beragama Hindu. Ide tulisan apa yang bisa diambil pada tanggal ini? Mungkin bisa diisi dengan makna Nyepi, cara merayakan Nyepi, dan lain-lain.

5. Jumat, 2 April 2021

Hari libur selanjutnya jatuh pada tanggal 2 April. Merupakan hari besar bagi umat Nasrani. Disebut dengan hari Paskah. Hikmah Paskah, tata cara perayaan Paskah, makanan yang biasa disajikan saat Paskah adalah contoh beberapa tema yang bisa dikembangkan menjadi tulisan kece untuk tayang pada tanggal ini.

6. Sabtu, 1 Mei 2021

Sering disebut juga dengan May Day alias hari buruh. Biasanya pada tanggal tersebut, akan ada beberapa demonstrasi yang dilakukan para buruh untuk meminta kenaikan gaji dan tunjangan. Pastinya ide tulisan yang bisa dikembangkan untuk hari ini juga sangat bervariasi kan? Dari sejarah hari buruh hingga tulisan ringan semacam curahan hati menjadi buruh online mungkin bisa jadi ide tulisan yang menarik. Bagaimana menurut kalian, Cupuers?

7. Rabu, 26 Mei 2021

Kali ini kita kembali bertemu dengan hari besar keagamaan. Kali ini dirayakan oleh umat Buddha. Merupakan peringatan atas terjadinya tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha, yaitu kelahiran Pangeran Siddharta, hari di saat Pangeran Siddharta mendapat penerangan agung dan wafatnya Buddha Gautama.

Hari Raya Waisak ini biasanya ditandai dengan kehadiran bulan purnama pertama di bulan Mei. Di Indonesia, pusat perayaan hari besar agama Buddha ini dilaksanakan di Candi Borobudur. Bisa banget jadi ide tulisan kan? Mengangkat tentang dibalik Hari Raya Waisak atau malah menceritakan tentang pesona Candi Borobudur. Lebih suka yang mana, cupuers?

ide tulisan dari hari libur nasional

8. Kamis, 13 Mei 2021

Pada tanggal ini, peringatan Kenaikan Isa Almasih dirayakan oleh umat Nasrani. Disebut juga dengan Kamis Kudus. Kalian bisa menulis tentang hikmah Kenaikan Isa Almasih dan kisah di balik terjadinya hari besar keagamaan ini.

9. Rabu & Kamis, 12 - 13 Mei 2021

Bertepatan dengan Kenaikan Isa Almasih, umat muslim ternyata merayakan hari raya Idul Fitri. Disebut juga dengan lebaran. Sebelum pandemi datang, lebaran selalu identik dengan mudik. Namun sejak pandemi menghantam dunia ini tahun lalu, mudik tak lagi bisa dilaksanakan. Mengisi lebaran tanpa mudik, makanan khas lebaran, hingga OOTD baju lebaran pun bisa banget jadi ide tulisan untuk diposting di blog kan?

10. Selasa, 1 Juni 2021

Jangan ngaku nasionalis kalau kalian nggak tahu ada peringatan apakah di tanggal merah ini? Big applause buat yang menjawab dengan benar. Ya, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Bisa banget tuh pada hari itu kita posting tentang makna Pancasila, sejarah Pancasila dan bagaimana mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Kece kan?

11. Selasa, 20 Juli 2021

Ini merupakan salah satu tanggal merah 2021 yang dinanti sebagian besar umat muslim. Pada hari ini, ibadah kurban dan haji dilaksanakan. Berkumpul bersama keluarga dan kerabat memasak daging kurban menjadi keistimewaan tersendiri. Butuh ide untuk postingan blog pada tanggal ini? Kalian bisa menulis tentang hikmah kurban, kisah Nabi Ibrahim AS, resep memasak daging kurban hingga OOTD Idul Adha. Gimana?

12. Selasa, 10 Agustus 2021

Tahun baru Islam atau biasa disebut dengan tahun baru Hijriyah jatuh pada tanggal ini. Hari ini dirayakan untuk mengingat momen hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke Madinah yang terjadi pada 622 Masehi. Ada banyak perayaan yang berbeda di tiap wilayahnya. Bisa banget tuh jadi ide tulisan.

13. Selasa, 17 Agustus 2021

Satu pekan setelah tahun baru Hijriyah, kita akan bertemu dengan hari lahirnya negeri tercinta. Apakah Cupuers punya kegiatan favorit pada tanggal ini? Kalau aku paling suka menikmati momen pengibaran dan penurunan bendera pusaka. Rasanya khidmat banget. Apalagi saat teks proklamasi dibacakan, duh meleleh banget. Cara mengisi kemerdekaan ala blogger bisa banget lo jadi ide tulisan pada tanggal ini. Setuju nggak?

14. Selasa, 19 Oktober 2021

Bertepatan dengan tanggal 12 bulan Rabiul Awal pada kalender Hijriah, tanggal ini merupakan hari lahir nabi Muhammad SAW. Ada banyak peringatan untuk memperingati kelahiran nabi, dari pembacaan shalawat hingga perlombaan baca puisi. Kalau kita sebagai blogger sih diisi aja dengan update postingan bertema hikmah Maulid Nabi, atau belajar karakter dari manusia terbaik.

15. Sabtu, 25 Desember 2021

Hari Natal tahun 2021 jatuh pada hari Sabtu. Pada hari ini, umat Nasrani memperingati kelahiran Yesus. Jauh hari sebelum Natal dirayakan, biasanya di pusat perbelanjaan sudah ramai dengan dekorasi khas natal dan pastinya banyak diskon yang bisa kita dapatkan. Ide tulisan untuk tanggal merah yang satu ini antara lain cara mengisi hari Natal, destinasi wisata di hari Natal dan lain sebagainya.

Selain tanggal merah 2021 di atas, masih banyak hari peringatan lain yang bisa memberikan kalian ide tulisan lo. Misal Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April, atau hari pahlawan yang jatuh pada 10 November. Ada hari-hari istimewa apa lagi ya, Cupuers bisa sebutkan?

Selain mengisi tanggal merah 2021 dengan posting di blog, hari libur nasional bisa banget diisi dengan staycation atau mlipir sejenak ke tempat wisata terdekat. Tentu saja jangan lupa untuk mematuhi protokol Kesehatan ya, Cupuers. Agar liburanmu semakin kaya ide dan nggak gabut, mending buka saja situs atau aplikasi Traveloka untuk booking hotel atau pesan tiket di tempat wisata favorit. Happy writing and happy vacation!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Tanggal Merah 2021, Ide Posting Terbaik untuk Para Blogger"