4 Alasan Pentingnya Aplikasi HRIS untuk Perusahaan Jasa

kegunaan aplikasi HRIS untuk perusahaan jasa

Sebelum membahas sepenting apa aplikasi HRIS untuk perusahaan jasa, kenalan lebih dekat dulu dengan kedua istilah itu yuk. Perusahaan jasa pasti tidak akan asing bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Sederhananya, pengertian perusahaan jasa adalah perusahaan yang menyediakan jasa sebagai “produk” utama yang dijual kepada masyarakat. 

Sementara itu aplikasi HRIS merupakan singkatan dari Human Resource Information System. Yaitu sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan dalam proses pengelolaan sumber daya manusia. Biasanya bertujuan agar lebih tepat dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan para karyawan.

Perusahaan jasa biasanya memiliki banyak karyawan, sehingga membutuhkan aplikasi HRIS untuk mengoptimalisasi pengelolaan karyawan.

Manfaat Aplikasi HRIS untuk Perusahaan Jasa  

Lalu, apa pentingnya aplikasi HRIS untuk perusahaan jasa? Mari simak pembahasan berikut!

1. Mengelola Gaji untuk Banyak Karyawan dengan Cepat

Seperti yang diketahui, jumlah karyawan dalam perusahaan sangat banyak. Karena itulah dibutuhkan suatu sistem yang mampu memproses gaji karyawan dengan cepat dan akurat.

Dengan aplikasi HRIS, perusahaan jasa dapat mengelola gaji untuk banyak karyawan dalam waktu yang cepat. Namun, penggunaan sistem tidak akan mengurangi keakuratan hasilnya. HRD dapat memproses gaji beserta komponen, lalu mengirimkan gaji bersih ke rekening masing-masing karyawan.

2. Absensi Real Time dan Fleksibel

Perusahaan jasa seperti jasa logistik mempunyai banyak karyawan yang mobilitasnya tinggi. Kadang-kadang mobilitas tinggi tersebut justru akan menyulitkan karyawan untuk mencatatkan absensi. Namun, hal ini dapat diatasi dengan aplikasi HRIS. Sebab, aplikasi HRIS dapat membantu karyawan dan HRD perihal absensi.

Karyawan yang sedang tidak berada di kantor dapat mencatatkan kehadiran mereka hanya melalui aplikasi. Kemudian, data absensi tersebut akan masuk ke dalam sistem secara real time dan terpantau oleh HRD saat itu juga. Dengan kemudahan ini, data absensi juga sulit untuk dimanipulasi atau disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

manfaat aplikasi HRIS

3. Evaluasi dan Monitor Kinerja

Evaluasi dan monitoring dalam kinerja karyawan sangatlah penting. Inilah saat peranan HRD dan manajer dibutuhkan. Biasanya, HRD akan melakukan evaluasi kerja tahunan. Tetapi ada juga perusahaan yang melakukan evaluasi per enam bulan atau tiga bulan, tergantung kebijakan dan kebutuhan perusahaan.

Jumlah karyawan yang begitu banyak dan rentetan proyek yang banyak tidak memuungkinkan perusahaan jasa untuk menggunakan cara manual dalam melakukan evaluasi dan monitoring kinerja. Aplikasi HRIS akan mempermudah HRD dalam perusahaan jasa untuk memonitoring dan mengevaluasi kinerja karyawan.

Contoh aplikasi HRIS yang sering digunakan untuk melakukan evaluasi dan monitoring kinerja adalah LinovHR. Dengan fitur goals and KPIs, perusahaan dapat melihat perkembangan kinerja karyawan terhadap tujuan perusahaan. Dengan begitu, HRD dan manajer dapat melakukan tindakan preventif saat kinerja karyawan menunjukkan penurunan kinerja yang membahayakan tujuan perusahaan.

4. Laporan Otomatis dan Komprehensif

Penggunaan laporan dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan jasa juga tidak lepas dengan berbagai laporan. Aplikasi HRIS dapat membantu memproses laporan otomatis, mulai dari laporan kinerja, laporan penggajian, hingga laporan absensi. Semua dilakukan dalam kesatuan sistem yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data karyawan.

HRD dapat menentukan komponen dan tampilan seperti apa yang dibutuhkan dalam setiap laporan. Dengan begitu, laporan jadi lebih mudah dipahami dan dipelajari lebih lanjut.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan pentingnya aplikasi HRIS untuk perusahaan jasa. Dengan implementasi aplikasi HRIS, perusahaan jasa dapat mengoptimalkan proses bisnisnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan karyawan yang semakin banyak. Nah, semoga dapat membantu!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "4 Alasan Pentingnya Aplikasi HRIS untuk Perusahaan Jasa"