7 Cara untuk Meningkatkan Kesuksesan sebagai Blogger

7 cara untuk meningkatkan kesuksesan blogger

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Meskipun berbeda-beda, ada satu kesamaan dari semua blogger yang ada di muka bumi; pengen blog yang mereka buat berhasil. Iya atau iya? Kesuksesan sebagai blogger tidak melulu mendapatkan banyak uang dari ngeblog ya cupuers. Bagi sebagian blogger, memiliki banyak pembaca setia saja bisa jadi ukuran sebuah kesuksesan. 

Apapun ukuran kesuksesan kita dalam hal blogging, MomBlogger mau berbagi 7 tips untuk meningkatkan kesuksesan sebagai blogger. Mau tahu?

1. Pilih Niche Favorit


pilih niche blog

Tips ini selalu ditampilkan pada urutan nomor satu di setiap artikel langkah awal memulai ngeblog. Namun tidak semua orang memperhatikan tips ini. Yang penting jalan dulu lah. Nggak ada yang salah juga sih. Begitu juga baik. Namun jika blog cupuers sudah punya niche spesifik, nantinya akan lebih mudah mendapatkan pembaca setia.

MomBlogger sudah menuliskan secara khusus tentang cara memilih niche blog. Pastinya, mulai dari yang cupuers suka, bisa dan mampu menulisnya. Ready for choosing the niche?


2. Do Your Self Branding


do your self branding

Pertanyaan yang paling banyak ditujukan ke MomBlogger terkait ngeblog setelah blognya jadi adalah, “bagaimana caranya agar blog kita banyak dibaca atau dikunjungi orang?”

Sudahkah mencantumkan link blog cupuers di semua laman media sosial yang dimiliki? Sudahkah menyampaikan diri kepada khalayak ramai bahwa Cupuers adalah seorang blogger? Jika belum, lantas bagaimana caranya orang di luar sana akan tahu bahwa Cupuers adalah blogger?

So, mulai hari ini aktifkan semua media sosial yang cupuers miliki. Lalu cantumkan link blog Cupuers di bagian profil. Sematkan pula informasi bahwa Cupuers adalah seorang blogger. Minimal setiap tiga hari atau seminggu sekali bagikan postingan blog di media sosial.

Jika Cupuers menggunakan whatsapp, share link blog di status. Sertai dengan status-status yang isinya membuat orang kepo dengan artikel tersebut. Jika Cupuers pengguna aktif telegram, gunakan fasilitas channel telegram untuk mengumpulkan fans blog.

Promosi itu tidak tabu dan bukanlah sebuah kesombongan. It’s about building your brand!

3. Amati Keberhasilan yang Sudah Tercapai


amati keberhasilan yang dicapai

Cek dashboard blog Cupuers atau untuk lebih akurat, cek di google analytics atau google search console. Apa artikel yang paling banyak dicari oleh pembaca? Apa keyword yang paling banyak dicari oleh pembaca blog cupuers?

Maka kembangkan artikel-artikel baru terkait dengan artikel yang paling banyak dibaca dan keyword yang paling banyak dicari. Ini adalah salah satu cara untuk menjaring lebih banyak pembaca datang ke blog kita.

4. Cek Kelayakan Desain Layout Blog


cek kelayakan desain blog

Hampir semua pengguna internet saat ini adalah pengguna smartphone, maka pastikan blog Cupuers sudah mobile friendly. Blog yang tidak mobile friendly akan mengurangi kunjungan pembaca. Pastikan cari template yang mobile friendly.

Cek desain template layout blog tersebut apakah sudah nyaman untuk mata pembaca. Cupuers bisa meminta teman-teman terdekat untuk memberikan masukan atas layout blog. Adakah yang kurang nyaman, apa yang perlu ditambah atau dihilangkan. Bagaimanapun kenyamanan pembaca akan membuat mereka tinggal lebih lama.


5. Buat Pembaca Nempel Seperti Perangko


buat pembaca kembali ke blog kita

Ada banyak cara untuk membuat pembaca nempel pada blog kita. Salah satunya yaitu menyematkan internal link. Internal link adalah cara yang efektif untuk membuat pembaca bertahan lebih lama di blog kita. Caranya yaitu dengan menautkan anchor text/ kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang telah terbit sebelumnya di blog kita.

Selain internal link, menyematkan tombol berlangganan juga bisa menjadi cara untuk membuat pembaca kembali ke blog kita. Hayo, sudah tahu belum caranya memunculkan tombol berlangganan?


6. Memperluas Jangkauan Blog


luaskan jangkauan blog

Suka atau tidak suka, blog memang mulai berkurang pasarnya. Tapi bukan berarti itu adalah hambatan. Justru jadikan itu tantangan yang bisa membuat kita semakin kreatif dan produktif.

Kita bisa memperluas jangkauan blog dengan mengikuti trend yang saat ini sedang banyak dicari, misal dengan membuat podcast, video youtube, video tik tok, aktif di media sosial dan forum-forum blogger, serta bisa juga dengan mengirim buletin kepada orang-orang yang sekiranya tertarik pada bahasan blog kita.

Membuat konten yang berbeda dari sebelumnya, bisa menghilangkan rasa jenuh di hati pembaca dan memberikan penyegaran kepada blog kita. Tak lupa kita pun bisa mendapatkan backlink dari channel youtube atau podcast.

7. Buat Konten Berkualitas


Content is a king.

Pasti sering sekali mendengar istilah tersebut kan? Sampai detik ini istilah tersebut masih jadi pegangan penting bagi blogger dan konten kreator. 

buat konten berkualitas untuk blog

Tanpa konten yang ditulis dengan baik dan menarik, blog Cupuers tidak akan mampu menarik pembaca. Desain blog dan branding memang penting, tetapi semua itu tidak akan bermanfaat jika kita tidak memiliki konten berkualitas. Orang bisa saja berkunjung karena teknik pemasaran yang kita lakukan, namun mereka hanya akan tinggal jika kita punya konten yang baik, berkualitas dan yang mereka butuhkan.

Memang blogging sebaiknya diawali dengan topik-topik yang kita suka, namun jangan lupa juga untuk menghasilkan konten yang bisa menghasilkan solusi kepada para pembaca dan pengunjung blog. Memuaskan kebutuhan pembaca akan mendorong mereka untuk berlangganan atau kembali berkunjung ke blog kita.

Itulah 7 hal yang menurut MomBlogger bisa meningkatkan kesuksesan kita sebagai blogger. Apakah cupuers punya ide yang lain? Kalau punya, cuzz tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa lagi.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.



Sumber: 
https://www.bloggingbasics101.com/7-ways-to-boost-your-success-as-a-blogger/

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

4 comments for "7 Cara untuk Meningkatkan Kesuksesan sebagai Blogger"

  1. Momblogger tengkyuu banget tips2nya membuatku ingin memperbaiki hal2 yg ada di blogku sekarang. Hehe

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu sekali kak, terima kasih tipsnya ,

    ReplyDelete
  3. ternyata ngeblog tak sesederhana yang dibayangkan

    ReplyDelete
  4. Ah, jadi pengen segera berbenah ni.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi, cupuers. Makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan, tapi jangan dikasih link hidup ya. Taratenkiu.


Regards,


Momblogger Cupu