Memilih Template Blogspot untuk Pemula

memilih template blogspot untuk pemula


Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Banyak dari teman-teman momblogger cupu yang bertanya saat akan memulai ngeblog, “enaknya pakai template yang mana ya?”

Seperti yang kita tahu, beberapa waktu lalu blogspot menambahi beberapa pilihan template bawaannya yang tampilannya lumayan kece seperti Notable, Soho, Contempo dan Emporio. Biasanya beberapa blogger cupu macam eike akan tergiur dengan tampilan cantiknya. Namun setelah berjalan beberapa saat menggunakan tampilan tersebut, mulailah terasa ada yang kurang klik. Misal tidak semua informasi tampil dalam satu halaman, ada beberapa bagian yang harus diklik lebih dahulu untuk menampilkan info tersebut. Tentu saja itu tidak user friendly untuk para pembaca.

memilih template blogspot untuk pemula desain mana


Nah, eike mo berbagi tips yang pernah disampaikan oleh mbak Shintaries, salah satu junjungan eike dalam soal blogging. Sebisa mungkin untuk blogger pemula lebih baik kita memilih template yang jenis simple atau sederhana. Kenapa? Karena template tersebut mudah untuk diutak-atik ke depannya. Jadi kalau kita belum pede untuk memakai template download gratisan atau belum punya modal untuk meminta orang lain mempercantik tampilan desain blog kita, kita bisa tuh utak-atik sendiri templatenya.

memilih template blogspot untuk pemula desain simple


Selain memilih template yang jenis simple, mbak Shintaries juga menambahkan beberapa hal penting ini;

Pertama, pilih layout dengan konten di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan. Jangan terlalu banyak meletakkan widget/ gadget, semakin sederhana tampilan blog kita, semakin rapi dan enak dilihat. • Mulai editing dari atas ke bawah dari judul (header

Kedua, usahakan jika kita mau menggunakan gambar untuk header blog, pastikan ukurannya tidak lebih dari setengah layar saat dibuka.

Ketiga, gunakan hanya dua atau tiga warna kombinasi. Terlalu banyak kombinasi warna akan membuat blog terkesan sangat ramai.

Keempat, sebaiknya gunakan font serif/sansserif pada tulisan paragraph.

Kelima, background di bagian tulisan harus putih karena lebih ramah untuk mata pembaca.

Memang apa saja yang bisa diubah dan diutak-atik dengan menggunakan template simple? Wah, banyak sekali, contohnya nih blog Yuk, Ngeblog ini. Aku sudah merubah judul postingan yang defaultnya rata kanan menjadi rata tengah. Begitu juga bagian widget yang defaultnya juga rata kanan aku ubah menjadi rata tengah dan bergaris bawah. Tetap kece kan meski hanya menggunakan template simple?

Mau tahu caranya bagaimana? Silakan baca lengkapnya di mendesain template blog sederhana.

Wassalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

No comments for "Memilih Template Blogspot untuk Pemula"