Cara Membuat dan Menampilkan Page di Blogspot

cara membuat dan menampilkan page di blogspot

Setelah blog dibuat dan postingan pertama diunggah, kali ini aku mau berbagi tentang bagaimana membuat page di blogspot. Masih adakah yang belum tahu bedanya page alias laman dengan post/ postingan/ entry? Nah, insya Allah lewat artikel ini Cupuers akan tahu perbedaannya ya.

Namun, sebelum aku memulai langkah-langkah membuat laman, mau tanya dulu aaah. Sudah berapa postingan nih yang berhasil diterbitkan di blog teman-teman? Jangan sampai masih satu postingan ya. Kalau memang ingin niat belajar ngeblog, hal yang paling penting adalah konsisten untuk terus update blognya dengan tulisan-tulisan baru.

Bingung mau mulai nulis dari mana? Mulai saja dari hal paling sederhana. Hal-hal yang biasa kalian lakukan setiap hari. Bisa jadi yang sederhana buat kalian ternyata bermanfaat lo buat orang lain. So, keep updating your blogs ya!

Perbedaan Page dan Post

Secara singkat, page atau laman adalah jenis halaman dalam blog kita yang sifatnya statis alias selalu muncul di halaman depan blog kita. Ataupun hanya akan muncul jika kita klik tab nya. Beberapa konten yang menggunakan halaman page antara lain About Me atau Tentang Blog Ini, Contact Us, Disclaimer, Sitemap, dan sebagainya. 

perbedaan page dan post di blogspot

Sedangkan halaman post adalah jenis halaman bersifat dinamis yang selalu muncul di bagian depan blog, namun selalu berubah atau terupdate otomatis sesuai kapan kita mempublikasikannya. Halaman post ini halaman yang biasa kita gunakan untuk mengupdate blog secara berkala, sedangkan halaman page hanya dibuat dalam waktu dan tujuan tertentu.

Setidaknya ada lima perbedaan menyangkut page dan post, yaitu:

1. Dilihat dari Cara Pembuatannya

Kalau cara membuat postingan udah tahu kan? Sekarang, kita belajar caranya membuat page. Gampil kok;
tinggal masuk ke dasbor ---> laman/ pages ---> klik laman baru/ + New Page --- > page editor.
membuat page di blogspot

Nah, nanti kita akan disuguhi tampilan seperti ini. Nggak terlalu beda kan dengan post editor, bedanya menu di sidebar lebih sedikit. 

page editor di blogspot

Isi saja sesuai kebutuhan. Misal mau buat page About, judul bisa diisi dengan Tentangku dan Blog Ini. Lalu mulai ceritakan tentang diri teman-teman, niche yang dipilih, logo blog dan filosofinya, serta portofolio teman-teman di body artikel. 

Fungsi-fungsi di top bar-nya page editor sama persis kok dengan post editor. Jadi nggak perlu bingung ya. Sama halnya dengan bikin postingan, bisa ditambahi gambar dan video sesuai kebutuhan.

Sedangkan fungsi di sidebar, hanya ada dua hal: search description/ deskripsi penelusuran (wajib diisi, maksimal 150 karakter, ada kata kunci tentang laman tersebut), dan pilihan halaman (memperbolehkan dikomentari pembaca atau tidak).

Kalau sudah selesai dan yakin dengan laman yang dibuat, klik publish alias terbitkan. 

page sudah terbit tapi belum muncul
page sudah terbit tapi belum munculAdd caption



2. Dilihat dari Batasan Jumlah

Page yang bisa kita buat dibatasi maksimal sebanyak 20 laman untuk tiap blog. Sedangkan kita bisa membuat post dalam jumlah yang tak terhingga.

3. Dilihat dari Tujuan Pembuatannya

Biasanya blogger membuat halaman page untuk tujuan publikasi, khususnya sebagai pemberitahuan informasi pribadi pemilik blog kepada pembacanya, contohnya page About Me, Contact Us, Sitemap, Privacy Policy, dll. 

Sementara itu, halaman post digunakan untuk menampilkan konten yang diupdate secara berkala di sebuah blog.

4. Dilihat dari Adanya Label

Halaman page tidak memiliki label, sedangkan halaman post dapat diberikan label ketika dipublikasikan. Fungsi label ini sendiri untuk mengelompokkan postingan dalam kategori yang sama.

5. Tampilan di Blog

Halaman post ditampilkan secara kronologis berdasarkan kurun waktu paling lama hingga terbaru, atau sebaliknya tergantung pengaturannya. Kita juga bisa mengatur jumlah postingan yang ada pada setiap halaman. 

Page belum muncul karena tidak disetting
Page tidak otomatis muncul, harus disetting dulu


Berbeda dengan post, halaman alias page memiliki pilihan untuk dimunculkan atau tidak dimunculkan di halaman depan blog. Ada dua pilihan untuk memunculkan page; bisa dimunculkan dengan model horizontal di bawah header atau model vertical di bagian sidebar. Namun biasanya yang banyak digunakan yaitu model horizontal di bawah header.

Cara Menampilkan Page/ Laman Model Horizontal di Bawah Header

Masuk ke bagian layout/ tata letak. Cari bagian di bawah header, biasanya disebut dengan keterangan cross coloumn/ Page List (Top). Beda template, bisa beda tampilan.

Jika template teman-teman munculnya cross coloumn, klik add a gadget/ tambahkan gadget. Kemudian klik pages/ laman. Lalu beri tanda centang pada bagian halaman mana saja yang ingin kita tampilkan di bawah header.

cara membuat dan menampilkan page di blogspot via layout
masuk ke bagian layout, cross coloumn di bawah header, klik add a gadget

cara membuat dan menampilkan page di blogspot via layout pages
klik page/ laman

cara membuat dan menampilkan page di blogspot via layout pilih pages
centang page/ laman yang mau ditampilkan, klik save, klik save arrangement


Jika template teman-teman munculnya Page List, klik aja tanda pensil, lalu centang Show Pages dan beri centang juga pada laman mana saya yang mau ditampilkan.

Page list show klik pensil
Template dengan Model Layout Page List

setting tampilan laman blogspot yang akan dimunculkan
Setting Menu Laman

Copy link address label di blogspot
Copy link address label di blogspotAdd caption
masukkan link address label ke external link
setting label/ blog lain agar muncul di page list


Di daftar halaman ini selain bisa memunculkan page/ laman, kita juga bisa menampilkan label-label yang ada di blog. Caranya + add external link, masukkan judul label dan salin link address labelnya. Klik save.

Kita juga bisa mengatur posisi laman/ page yang kita inginkan (didrag naik turun), kemudian klik save. Jangan lupa save arrangement di bagian layout. Silakan refresh blog kalian; lihat apakah page/ laman yang kalian inginkan sudah tampil di blog.

cara membuat dan menampilkan page di blogspot setelah tampil
Page/ laman -nya sudah muncul

page sudah muncul di bawah header
page sudah muncul di bawah header


tampilan  page di blogspot

Cara Menampilkan Page/ Laman di Bagian Sidebar

Secara garis besar, langkahnya sama, bedanya kita hanya harus meletakkan gadget laman di bagian sidebar. 

cara membuat dan menampilkan page di blogspot setelah tampil di bawah header
ini kalau page di bagian sidebar

Catatan khusus untuk teman-teman yang menggunakan template custom/ bukan bawaan blogspot, biasanya menu laman akan tampil berbeda. Menu laman/ page muncul di bawah header, ada yang muncul dengan nama Menu, ataupun Menu Navigasi.

Berbeda dengan template bawaan blogspot, template custom biasanya mengatur tampilan laman dengan kode seperti ini:

setting page di  template custom

Biasanya kodenya sudah disediakan sih, kita tinggal ganti saja sesuai kebutuhan. Copy link laman/ page yang ingin kita munculkan.

copy link url page di blogspot
Klik kanan di gambar mata, pilih copy link address

Caranya klik kanan gambar mata (view), pilik klik copy link address, lalu salin ke settingan kode tersebut. Isi juga alt/ title yang ada di kode dengan judul/ laman. Gimana bisa nggak? Jangan jawab nggak bisa kalau belum dipraktekkan ya.

Nah, sekarang sudah paham kan bedanya page dan post. Sekaligus sudah tahu juga kan cara membuat page di blogspot dan menampilkannya di homepage? Page dan Post memiliki tujuan yang jelas berbeda, that’s why gunakan page dan post sesuai kegunaannya masing-masing ya. Having fun blogging, cupuers!
Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

4 comments for "Cara Membuat dan Menampilkan Page di Blogspot"

  1. Huaaaa belum paham yang ini. Help me pliss

    ReplyDelete
  2. Lapor, step ini selesai dikerjakan cikgu

    ReplyDelete
  3. berusaha paham, Ndan. dibaca bolak-balik akhirnya nangkep.. cakep tutorial, step-stepnya!

    ReplyDelete
  4. Berapa kali ya kubuka post ini 😍

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi, cupuers. Makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan, tapi jangan dikasih link hidup ya. Taratenkiu.


Regards,


Momblogger Cupu