Mulai Membuat Postingan di Blogspot

tutorial membuat postingan di blogspot
Wah, cupuers pasti lagi happy nih sudah bisa buat blog. Apalah gunanya punya blog kalau nggak diisi. Yuk, mulai membuat postingan di blogspot. Gampang kok caranya. Yang baru main ke sini hari ini dan belum bikin blog, boleh tengok dulu cara membuat blog di blogspot dulu ya!

Kemarin kita juga sekilas sudah mengenal dashboard blogger baru seperti apa ya. Sudah hafal belum fungsi-fungsi setiap menu yang ada di dalamnya? Nah, sekarang kita akan fokus pada menu POST alias postingan.

Seperti inilah tampilan menu POST kita kalau masih kosongan, alias belum ada postingannya sama sekali. Lalu bagaimana caranya memulai membuat postingan? 

membuat postingan di blogspot

Gampil kok, di bawah judul blog Cupuers bisa lihat kan ada tombol + NEW POST alias + Postingan Baru? Nah, itu diklik aja ya. 

tampilan menu post di HP

Untuk tampilan mobile agak berbeda… caranya di ujung kanan bawah menu post, kita bisa lihat lingkaran oren dengan tanda + di dalamnya. Itu diklik saja. 

Taraaa… seperti inilah post editor yang akan membantu kita mengolah postingan blog menjadi menarik. Kita kenali lebih dalam apa saja fungsi-fungsi yang ada di sini, yuk.

buat postingan blog baru

Mengenal Fungsi di Top Bar

Sebenarnya secara basic, tampilan post editor tidak jauh berbeda dengan aplikasi word atau aplikasi editor tulisan lainnya. Bahkan lebih sederhana di post editornya blogger dibandingkan aplikasi word sejenisnya.

Cupuers perlu tahu ada top bar dan side bar di post editor ini. Kita mulai kenalan sama fungsi-fungsi di top bar ini ya. Ada 20 fitur di bagian top bar seperti ini;

fungsi top bar editor post di blogspot

Sementara kalau kita tengok versi mobile-nya, hampir mirip. Kok nggak muncul semua menunya, nggak kaya di tampilan dekstop? Santuy… tinggal digeser ke kiri saja nanti semua fitur akan muncul, cupuers. Lucu kan? 

tampilan top bar di menu post hpSekarang kita cari tahu fungsi dan bagaimana cara menggunakannya satu per satu ya:

1. Judul

Jangan lupa untuk mengisi kolom ini dengan judul postingan. Jangan lupa panjang judul maksimal 60 karakter. Gunakan huruf kapital di huruf depan setiap katanya ya, tapi better jangan huruf kapital semua di judulnya. Tapi masalah selera juga sih, hehe.

Judul wajib diisi. Pertama akan berpengaruh pada link postingan. Kedua, kalau tidak diisi tampilan blog tidak rapi.

2. Pilihan Editor Post View

pilihan post view
Simbol pensil ini jika kita klik panahnya akan memunculkan dua pilihan; compose dan HTML. Compose itu ya tampilan yang biasa kita pakai, untuk mengetik artikel seperti ini. Sementara kalau kita klik yang HTML, kek gini nih:

html view di editor post

Biasanya kalau MomBlogger Cupu buka bagian ini saat mau memasukkan kode-kode tertentu, misal embed link video dari youtube, embed link gambar dari instagram (tidak disarankan karena sering bikin broken link), memasukkan daftar isi, dll.

3. Redo - Undo

Sebagaimana di aplikasi editor lainnya, ini dipakai saat kita mau mengembalikan tulisan sebelum atau sesudah kita melakukan proses pengeditan.

4. Pilihan Tipe Font

pilihan tipe font di blogspot
Selain bisa mengatur tipe font di bagian kustomisasi tema, kita juga bisa mengatur font manual di tiap postingan menggunakan fitur ini. Hanya saja ada beberapa tema yang tidak akan ngefek, meski kita ubah tipe font-nya di sini.

5. Pilihan Font Size

ukuran font
Misal kita ingin membuat ukuran sebuah kata lebih besar dari kata/ kalimat yang lain, kita bisa menggunakan fitur ini. Ada pilihan kecil, besar, sangat besar, dsb.

6. Pilihan Heading

Nah, ini yang penting, terutama buat Cupuers yang juga concern ke masalah SEO. Penting banget penggunaan heading di dalam sebuah artikel. Di dashboard yang lama, di belakang tiap pilihan ada kodenya, misal Heading - H2, Sub Heading - H3, dsb. Namun sekarang kode itu dihilangkan, sehingga agak membingungkan untuk para pemula.

heading pada blogspot
Heading dan sub heading ini digunakan untuk membedakan sub judul di dalam artikel dengan kalimat biasa. Dalam penggunaan heading di artikel blogspot kita mulai dari Heading/ Judul, biasanya jika kita tengok di HTML-nya akan terbaca sebagai H2. 
  • Sub judul dalam artikel memakai heading/ H2
  • Sub sub judul dalam artikel memakai sub heading/ H3
  • Sub sub sub judul dalam artikel memakai minor heading/ h4

7. Pilihan Font Style

Sama seperti di aplikasi word, di editor post blogspot juga ada pilihan untuk menebalkan/ Bold, memberi garis bawah/ Underlined, memiringkan/ Italic dan memberikan coretan di tengah kata/ Strikethrough. Silakan dicoba-coba sendiri ya fitur-fitur ini.

8. PIlihan Warna Font dan Background

memilih font
Ingin memberikan tulisan yang lebih ceria, kita bisa memberikan warna berbeda di sebuah kalimat tertentu yang kita anggap penting. Tinggal blok saja kata/ kalimat yang mau diberi warna, lalu klik fitur A dan pilih warna yang diinginkan. Begitu juga jika ingin memberikan background warna di belakang sebuah kata/ kalimat. Bedanya yang diklik fitur sebelahnya dengan simbol kuas ya.

9. Memasukkan Link

Menu penting selanjutnya yang Cupuers harus paham. Apalagi kalau nanti sudah mulai dapat tawaran job dari klien. Biasanya ada kewajiban untuk memasukkan link. Nah, pakai fitur ini ya. Seperti biasa, blog kata/ kalimat yang dimasukkan link, lalu klik fitur bergambar rantai ini. Nanti akan muncul dialox box semacam ini:

mengisi link
Masukkan saja url link yang mau disematkan. Ingat ya, url yang dicopy harus lengkap pakai http/ https. Karena pernah ada pengalaman teman, url yang dimasukkan tanpa http/ https, eh gagal ngelink ke halaman yang dimaksud.

10. Memasukkan Gambar

memasukkan gambar

Siapa yang kemarin pengen punya postingan yang ada gambarnya? Di sini nih masukkinnya. Caranya juga gampil. Letakkan kursor di tempat yang ingin kita masukkan gambar. Lalu klik simbol gambar dan pilih mau masukan gambar lewat apa; upload dari komputer, photos (terutama yang HP nya sudah sinkron dengan photos - bisa langsung ambil gambar dari sini. Tapi tidak disarankan karena pasti filenya super besar), blogger (gambar-gambar yang sudah pernah diunggah di blog), atau menggunakan link.

setting alt-image gambar
Jangan lupa ya sebaiknya satu gambar tidak lebih dari 100 kb agar load speed blog-nya tetap aman.  Gambarnya bisa diatur juga lo. Klik di gambarnya, lalu akan muncul fitur di atas. Cupuers bisa atur alignment gambar, ukuran gambar, memberi caption dan setting alt-title image agar lebih SEO friendly. Cara lengkapnya baca saja di optimasi SEO pada gambar.

11. Memasukkan Video

memasukkan video pada post
Kalau tadi memasukkan gambar, sekarang ini fitur untuk memasukkan video ke postingan. Caranya hampir sama ya, Cupuers. Bedanya pilihannya cuma 2; upload atau ambil dari Youtube.

12. Memasukkan Karakter/ Emoji

memasukkan karakter pada artikel

Pengen tulisannya nggak garing dan lempeng-lempeng aja, di blogspot juga bisa dikasih emoji kok, nggak cuma di whatsapp aja yang ada emojinya, hehe.

13. Pilihan Allignment

pilih allignment
Sama seperti di aplikasi menulis lainnya, pasti ada pilihan allignment. Apakah rata kiri, kanan, tengah atau justified. Kalau tulisan kita panjang-panjang, disarankan menggunakan allignment rata kiri dibandingkan justified. Konon pilihan rata kiri membuat pembaca tidak terasa capek saat membaca tulisan panjang.

14. Indent

Untuk mengatur indent ke kiri atau ke kanan. MomBlogger nggak pernah pakai fitur ini sih. Jangankan di post editor blog, di aplikasi word juga nggak pernah menggunakannya hehe.

15. Numbering & Bulleting

Salah satu ciri artikel SEO adalah hadirnya listcicle, alias ada poin-poin di dalamnya. Biasanya untuk membuat listcicle kita menggunakan bulleting dan numbering. Nah, ini fitur yang bisa digunakan ya.

16. Quote

Ingin membuat sebuah kalimat sebagai penutup atau menekankannya sebagai hal penting. Pakai fitur quote aja. Beda template bisa beda tampilan quote-nya juga. Jadi jangan nangis bombay kalau di template teman tampilan quote-nya lebih kece yaa, hehe.

17. Jump Break

Fitur ini membantu buat Cupuers yang blognya nggak punya fitur read more otomatis. Tinggal taruh kursor setelah paragraf pertama, lalu klik fitur ini. Nanti tengok aja di homepage, postingan kita nggak akan muncul full post seperti biasanya.

Kalau postingan baru satu dua sih nggak masalah ya artikel muncul secara keseluruhan di homepag. Namun ketika artikel sudah lebih dari lima, artikelnya panjang-panjang pula.. capek nanti pengunjung scrolling blog kita kalau mau baca-baca.

Jump break ini juga punya fungsi istimewa lainnya. Misal nih, di homepage sudah diatur untuk tampil 7 postingan. Tapi yang keluar cuma 2 atau 3 postingan aja. Cuzz, masuk ke postingan paling baru, lalu insert si jump break ini. Jangan lupa update, dan lihat saja jumlah postingan di homepage insya Allah sudah berjumlah sesuai dengan yang diatur.

18. Layout Post

Ini untuk mengubah layout tulisan, secara default kan pasti tulisan dari sebelah kiri. Nah kalau mau tulisan ada di kanan, klik aja layout yang dibutuhkan. MomBlogger nggak pernah makai fitur ini sih, sepertinya bisa dipakai saat kita menulis huruf arab ya.

19. Input Tools

Semacam dictionary gitu lo, Cupuers. Jadi kalau kita pakai input tools English, begitu ada tulisan yang kurang tepat dengan kamus/ tata bahasanya akan ada tandanya.

20. Clear Format

Ini juga penting untuk diperhatikan. Terutama buat Cupuers yang ngetiknya di microsoft Word atau WPS terlebih dulu, sebelum dipindahkan ke editor post.

Pastikan setelah copas dari word/ WPS, blok semua paragraf lalu klik fungsi clear format ini agar bawaan dari word/ wpsnya tidak ikutan.

Memangnya kenapa kalau format dari aplikasi editor di HP/ laptop terbawa? Tulisan bisa jadi tidak rapi, ada kalanya jenis font jadi berbeda-beda antar paragraf.

Catatan juga buat Cupuers yang mengambil tulisan dari blog/ web lain, pastikan juga untuk diclear format dulu. Biasanya kalau tidak diclear format, background dan jenis tulisannya akan berbeda. Jadi aneh, nanti ada yang putih, ada yang tulisa.nnya besar, dsb

Sampai di menu top bar dulu, sudah hafal di luar kepala belum? Hehe.

Mengenal Fungsi di Side Bar

Selain mempelajari fungsi-fungsi menu yang ada di top bar, kita juga perlu tahu ada menu apa saja di bagian sidebar editor post?

mengenal fungsi samping di editor post

1. Cloud Check

Ini sebagai tanda buat kita untuk mengecek apakah tulisan sudah tersimpan di cloudnya blogger. Sebenarnya per beberapa menit sekali, blogspot akan menyimpan secara otomatis kok postingan kit. Hanya saja kalau jaringan sedang lelet, bisa jadi otomatisasi savingnya itu tidak berfungsi. Kalau belum muncul check, atau malah muncul tanda silang di atas awannya, jangan langsung keluar dari post editor, pastikan tulisan di-save dulu. Nggak mau kan sudah nulis panjang-panjang, eh ilang?

2. Preview

preview sebelum publish

Klik deh panahnya, untuk post yang baru dibuat akan muncul 2 pilihan; preview post dan save. Preview post fungsinya untuk mengecek apakah artikel sudah sesuai keinginan kita. Biasanya dipakai sebelum kita klik publish untuk memastikan artikel sudah layak tayang, Sementara fitur save tentu saja untuk menyimpan postingan kita kalau belum mau langsung tayang, tapi mau edit lagi di lain waktu.

preview after posting

Sementara saat kita edit post yang sudah diterbitkan, akan muncul 3 pilihan; preview post, update dan revert to draft. Fungsi update sama saja seperti save. Sementara revert to draft memiliki fungsi untuk mengembalikan tulisan yang sudah diterbitkan kembali ke bentuk draft/ tidak bisa dibaca orang. Biasanya karena ada kesalahan permalink.

3. Publish

Ini tombol yang harus kita klik saat mau menerbitkan artikel. Ketika kita buka post yang sudah diterbitkan, tombol publish akan berganti menjadi update.

4. Label

memberi label post

Jangan lupa diisi ya. Kalau blogspot kita masih fitri, tentu saja label pun akan kosongan, kita tinggal isikan saja label yang kita inginkan. Namun di postingan berikutnya, kita bisa langsung memilih label yang sudah ada sebelumnya. Kalau mau menambah label baru, ya tinggal ditulis di situ saja.

5. Published on

pilih jadwal terbit
Tahu nggak kalau postingan blog bisa diterbitkan mundur dari tanggal sekarang, atau malah dijadwalkan terbit untuk beberapa waktu yang akan datang?

Di sini ya caranya. Kalau mau pilih tanggal terbit otomatis, berarti tanggal dan jamnya sesuai dengan saat kita klik tombol publish/ terbitkan. Sementara kalau mau posting backdate atau menjadwalkan postingan, bisa pilih set date and time.

6. Permalink

Secara default, permalink akan mengambil dari judul artikel. Jika judulnya terlalu panjang, blogspot akan memotongnya sesuka hati dia. Kadang-kadang potongannya nggak manis, makanya ada pilihan custom permalink. 

edit permalink url artikel

Kita bisa edit link artikel sesuai dengan kebutuhan. Url artikel tidak harus selalu sama dengan judulnya. Ingat maksimal url artikel hanya 75 karakter dihitung dari huruf H pada https. Jadi lebih baik linknya pendek saja, yang penting kata kunci artikelnya termuat di dalamnya. Apa itu kata kunci dan cara risetnya, cuzz MomBlogger sudah bahas tuntas di Keyword Research.

7. Location

Ini semacam peta untuk menunjukkan lokasi kita. MomBlogger sih nggak pernah makai fitur ini.

8. Search Description

isi search description
Ini juga yang nggak boleh kelewatan, Cupuers. Ini adalah keterangan yang akan muncul di bawah judul saat mengeceknya di mesin pencari/ membagikan di media sosial. Jika keterangan ini tidak diisi, otomatis akan mengambil 100 karakter pertama di paragraf awal artikel. 

Search description maksimal diisi dengan 150 karakter, jangan lupa sisipkan kata kunci artikel. Kalau bisa dua kali lebih bagus, tapi harus terlihat natural dan tidak spammy ya.

9. Options

opsi postingan

Ini adalah pilihan untuk menampilkan kolom komentar atau tidak.

Waah, banyak juga ternyata ya fungsi-fungsi yang ada di menu postingan. Sampai sini sudah paham, Cupuers? Kalau sudah cuss, ketik saja artikelmu dan gunakan fitur-fitur di atas. Jangan lupa klik publish atau terbitkan untuk melihatnya tampil di blog Cupuers. Tara….

postingan tampil
postingan baru


Mengenal Fungsi di Daftar Postingan

Eits, bentar.. belum kelar. Masih ada sedikit lagi yang Cupuers harus tahu!

Dashboard di menu post akan berubah setelah ada satu postingan yang kita buat, entah itu sudah diterbitkan atau masih dalam bentuk draft. Nanti postingan itu akan muncul seperti ini. Jika postnya sudah diberi gambar, akan ada thumbnail gambarnya, jika postingan masih polosan, hanya akan ada thumbnail berupa huruf sesuai judul postingan.

tampilan post view
  1. Judul postingan kalau diklik akan mengarahkan kita ke post editor.
  2. Status postingan: published atau draft, di sampingnya ada tanggal terbit dan label tulisan.
  3. Revert to draft, fungsinya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas ya. Untuk mengembalikan postingan yang sudah terbit sebagai draft.
  4. Menerapkan label. Misal mau menambah label lain, bisa pakai fitur ini.
  5. Simbol sampah pasti udah tahu artinya ya? Bener, untuk hapus postingan.
  6. Simbol mata kalau diklik akan membawa kita ke link tulisan yang sudah terbit. Kalau mau setor url postingan, kita bisa nih klik kanan di simbol mata ini, copy link address, dapat deh link artikelnya.
  7. Simbol chat, untuk melihat berapa banyak komentar yang masuk untuk postingan ini.
  8. SImbol grafik, untuk melihat berapa views dari postingan ini.
  9. Profile user yang menuliskan artikel ini. Kalau di sebuah blog ada lebih dari 1 user profile, gambar ini bisa beda-beda sesuai dengan siapa yang pertama kali menulis artikel tersebut.
Baiklah, sepertinya semua terkait membuat postingan blog di blogspot sudah MomBlogger Cupu jabarkan satu per satu. Semoga Cupuers bisa memahaminya ya. Apalah arti tutorial tanpa dipraktikkan. Cuzz, segera buat postingan pertamamu! Jangan lupa untuk sisipkan SEO On Page Parameter biar artikelmu semakin kece!

*Artikel diupdate menyesuaikan dashboard baru pada Kamis, 22 Oktober 2020

Marita Ningtyas
Marita Ningtyas A wife, a mom of two, a blogger and writerpreneur, also a parenting enthusiast. Menulis bukan hanya passion, namun juga merupakan kebutuhan dan keinginan untuk berbagi manfaat. Tinggal di kota Lunpia, namun jarang-jarang makan Lunpia.

1 comment for "Mulai Membuat Postingan di Blogspot"

  1. Jelas banget Mba Marita. Tadi ada yang langsung dipraktekin. Jumlah postingan di halaman muka udah nambah. Terima kasiiiih

    ReplyDelete

Post a Comment

Hi, cupuers. Makasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan pesan, tapi jangan dikasih link hidup ya. Taratenkiu.


Regards,


Momblogger Cupu